SETTING DRAG

Setting drag merupakan bagian terpenting yang harus kita siapkan sebelum melakukan aktifitas mancing, karna drag yang benar dan sesuai dengan kapasitas tackle set dan di ukur menurut kemampuan kita sendiri saat figth dengan ikan, kenikmatan memancing dan sensasinya akan sangat luar biasa, dan sangat kecil kemungkinan terjadi line break (putus di benang) atau rod patah.

Jika tackle kita tidak mampu melawan kekuatan ikan resikonya terjadi line out (benang akan keluar habis)  artinya memang tackle kita yang tak sebanding dengan kekuatan ikan yang kita pancing, kecuali ada kejadian non teknis (benang putus di gigit ikan rod patah karna kesalahan bawaan pabrik ) dll, selain itu ukuran tackle yang sesuai dengan target ikan yang kita pancing akan benar- benar bisa mendapat sensasi yang luar biasa, apalagi bisa mengalahkan ikan dengan  teckle medium yang tidak sebanding dengan ikan yang kita pancing.

SETTING DRAG

Di bawah ini ada pembahasan mengenai cara setting drag dari salah satu senior mancing indonesia yang bisa menjadi bahan refrensi dan menambah wawasan bagi kita

Setting Drag

Fungsi dari pada drag pada reel anda di design untuk memberikan resistansi kepada ikan disaat ikan meminta line, anda harus menyeting drag anda sesuai dengan peralatan , kekuatan anda ,  kekuatan  joran dan kekuatan line yang anda pergunakan.

ketahuilah kekuatan  joran anda yang biasanya tertera pada joran anda dengan  tulisan MAX DRAG, dalam hal ini banyak juga produsen produsen joran yang tidak mencantumkan  max dragnya di joran yang diproduksinya, anda bisa membuka internet dan mengeceknya (brand tertentu), tanyalah kepada toko yang  menjual tentang maximum drag joran tersebut.

Banyak sekali joran yang memiliki maksimum drag yang luar biasa mulai dari 20 kg bahkan ada yang sampai 25kg (diluar joran trolling).

Pada umumnya drag maksimum pada joran bila terlampau besar ini menandakan bahwa recoiling power joran tersebut kurang bagus. contoh :  tipe joran pe 8, yang satu mempunyai maksimum drag 18 kg dan yang satunya mempunya maksimum drag 28 kg,  yang sudah pasti drag yang tinggi menandakan kekuatan pada joran tersebut, joran yang memiliki drag tinggi tidak gampang patah, dan juga mempunyai lengkungan curving yang cukup fleksibel, akan tetapi joran yang memiliki drag tinggi juga mempunyai kelemahan tersendiri, kelemahan ini  adalah recoiling powernya, anda akan lebih cepat menaikan ikan dengan menggunakan joran yang memiliki recoiling power yang tinggi.

Oleh karena itu anda harus selalu mengetahui drag maksimum  joran anda disaat anda akan melakukan setting drag, apabila drag reel melebihi kekuatan joran makan resiko patah akan semakin tinggi, Ingat patahnya joran pada umumnya adalah kesalahan angler tersebut (human error),  oleh sebab itu kita harus selalu menguasai kekuatan kekuatan  peralatan yang kita pergunakan.

NOTE:

Sudut 45 derajat biasanya menjadi patokan standart yang  menjamin kekuatan drag joran joran pada umumnya, - 45 derajat berarti tekanan kejoran yang telah diset oleh reel akan berkurang, sedangkan sebaliknya , 45+ berarti tekanan yang diterima joran pun bertambah.

Power (kekuatan dan daya tahan kita)

Power dan kekuatan kita sendiri juga menjadi factor yang perlu di perhatikan saat kita mau melakukan setting drag, setiap angler mempunyai kekuatan, daya tahan, dan juga fighting style yang berbeda, pada umumnya tidak banyak angler yang suka mengecek  seberapa banyak drag yang kita bisa terima ( mampu menahan drag), sekalipun anda menggunakan joran yang memiliki maksimun drag tinggi hingga 25 dengan kapasitas PE 12  dan anda seorang angler yang berbobot  ringan dan tidak mempunyai otot dan kekuatan yang cukup untuk mengimbangi joran tersebut , maka membeli joran tersebut adalah hal yang mubazir.

Kita bisa mengukur kekuatan anda sendiri saat fighting, ingat tidak semua orang itu sama, dan jangan pernah berkecil hati bila anda menaikan ikan 10kg dengan waktu 10 menit sedangkan teman anda menaikan ikan yang berbobot kurang lebih sama dengan waktu yang jauh lebih cepat, inti dari pada mancing adalah kenikmatan dan kesuksesan disaat kita bisa mengalahkan ikan.

Maksimum drag yang anda bisa terima sangatlah penting saat bertarung dengan ikan, disaat fighting drag yang melebihi kapasitas anda maka akan membuat anda cepat lelah, sedangkan drag yang sangat minim akan membuat anda sangat releks, namun ikan juga akan lebih lama untuk dikalahkan,  Semakin banyak fighting semakin  kita mengenal akan karakter kekuatan kita, biasakanlah diri anda untuk selalu mengecek drag reel anda setelah fight dengan ikan, dengan cara menarik line anda keluar dari reel yang terakhir anda gunakan untuk menaikan ikan, ini yang biasa menjadi patokan comfort drag yang biasa dipergunakan.

Pada umumnya bila anda bisa menaikan ikan yang cukup besar tanpa bantuan orang lain ini menandakan bahwa drag anda masih berada dilevel yang comfort bagi anda, dan sebaliknya bila anda meminta bantuan kepada teman anda , ini menandakan bahwa drag yang anda gunakan diluar capasitas anda.

Kekuatan line / senar,  25% - max 30% dari kekuatan line, contoh line 100 lbs x 25% = 25 lbs (+- 11kg).  bilamana melebihi  30% kekuatan line , maka anda akan memperbesar resiko line break.

Cara setting drag

- pasanglah reel pada joran anda, masukan line dari bawah sampai dengan  ring guide yang paling atas.

- peganglah joran pada posisi 45 derajat

- ikatlah  ujung benang pada timbangan  (spring scale , atau digital scale)

- tarik timbangan untuk mengukur drag , mulai dr drag yang ringan hingga drag yang diinginkan .

Joran reel dan line semua saling mempengaruhi drag setting, semuanya harus balance, contoh tidak ada gunanya bila anda menggunakan joran ukuran PE 8 dengan maksimum drag 18 kg bila menggunakan reel yang memiliki drag maksimum 6 kg, ataupun menggunakan line yang berkekuatan kecil, karena drag yang kurang tidak akan memberikan potensi  maupun kesempatan pada  joran untuk mengeluarkan performancenya, sedangkan line yang berkapasita kecil juga akan break terlebih dahulu sebelum joran mencapai kekuatan maksimalnya.

Hal seperti inilah yang perlu kita cermati disaat setting drag, salah satu kegunaan setting drag adalah demi keamanan line, juga joran yang kita gunakan, juga untuk menggunakannya secara maksimal, diluar itupun kita akan lebih yakin akan kekuatan takcle yang kita pergunakan secara aman , tanpa harus memikirkan line break ataupun patahnya joran.

Terima kasih telah meluangkan waktunya untuk membaca, salam strike dan sukses untuk kita semua.



BY Andy Widjaja - (INSANE FISHING CLUB)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro