TIP MERAWAT REEL

Tips merawat Reel spining



trips merawat reel

Mencuci Reel Spinning

Saat mencuci reel jangan melepas spool dari reelnya, bahkan kencangkan setingan drag pada reel, untuk menghindari air masuk ke mekanisme drag,


Ada dua macam drag pada reel spinning, yaitu drag kering dan drag basah

Drag kering :

Drag kering biasanya metal washer cuma 2-3 lembar seperti okuma salina dan semua washernya harus dalam kondisi kering,

Drag basah :

Drag basah biasanya metal washernya lebih dari 3 bahkan sampai 8 seperti contoh tica cando, artinya ada oli di washer nya, jika drag kering dikasih oli akan jadi akan sering loss saat harus  ngerem dragnya,

Sebaliknya jika drag basah tanpa oli (oli kering), drag akan mengunci atau perputaran spool drag tidak bisa mulus saat line keluar dari spool, jika kita menambah (mengencangkan drag), di saat posisi fight dengan ikan jika line keluar dari spool tidak mulus saat di tarik ikan , resiko putus akan sangat besar.


Lubrikasi reel :


Ada dua jenis lubricant pada reel spinning yaitu grease sama oil, grease itu fat, kental kaya mentega, oil ya oil berbentuk cair.

Semua bearing pake oil bukan grease, semua gear pake grease bukan oil. Khusus untuk mekanisme oneway roller bearing jangan sekali sekali diberi pelumas grease apalagi berlebihan, roller bearing di tahan oleh per yang kecil2 sekali, kira2 1/5 dari diameter per ballpoint dengan kelenturan yang tinggi, kalau per per ini terkena grease, akan beresiko macet dan rollernya tidak akan berfungsi secara maksimal, alhasil oneway roller tidak  bekerja dan reel bisa berputar balik.

Jangan memberi grease terlalu banyak di area pinion gear atau gigi nanas, bukannya reel jadi lancar malah jadi seret, jadi secukupnya saja.

Jangan lupa membongkar bearing pada line roller ( mekanisme penggulung kenur di bail arm), bearing ini berukuran sangat kecil seperti pada reel ryobi, bearing line roller ini yang paling mudah macet, untuk beberapa jenis reel sudah tidak memakai bearing.

Mekanisme onneway


Setelah selesai mencuci reel ketika selesai mancing, buka mekanisme oneway bearing dengan melepas rotor terlebih dahulu, bagian ini sering terkumpul garam, karena air tidak masuk kebagian ini saat mencuci reel

Overhaul reel


Tips untuk overhaul reel, bongkar semua bagian reel tanpa terkecuali. Ingat ingat posisi semua part dengan mencatatnya atau letakkan di wadah plastik untuk masing masing bagian.

Jangan lupa posisinya nanti ga bisa balikin lagi repot jadinya, biasanya dalam box atau buku petunjuk reel ada exploded diagram (gambar bagian parts dari reel berikut nomer serinya), gunakan diagram ini. Cuci semua bagian reel dengan WD40, menggunakan kuas kecil untuk bagian bagian yang sulit.

Hilangkan semua bekas bekas grease yang biasanya sudah berwarna coklat dan hitam. Untuk di ganti dengan grease yang baru.


trips merawat reel


Seal karet pada rotor


Di reel stella kalau rotornya dibuka, ada karet lingkaran warna crem bentuknya seperti seal, ini sebetulnya bukan seal, tapi berfungsi untuk menahan rotor waktu bail arm dibuka, coba rasakan, kalo bail arm dibuka rotor pasti jadi seret jalannya, karena ada semacam kait yang akan menempel di lingkaran karet seperti seal ini, karet ini jangan dicuci pake WD40, bisa melar dan tidak berfungsi dengan baik.

Worm shaft


Untuk ultegra keatas sampe dengan stella, jangan membuka worm shaft dengan membuka penahannya yang berada di belakang reel, mekanisme ini bisa dicuci bersih pake WD40 dan kuas tanpa harus dibongkar... kalau anda bongkar worm shaftnya... anda akan kesulitan memasangnya kembali.

Servis rutin reel


Kalau kita tidak berani membongkar reel sendiri, akan lebih baik di bawa ke dealer atau tukang servis, yang jelas reel mau mahal kaya apa tetep aja harus di overhaul sekali waktu untuk memberi lubricant yang baru, mobil aja tiap 2000-3000 km ganti olikan? Reel yang penampilannya mulus belum tentu dalemanya mulus juga..
Demikian tips merawat reel

Baca juga cara memilih reel
 (sumber facebook maguro 2 july) 

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro