CARA BERJANGKAR

Berjangkar dengan menggunakan GPS track route

cara berjangkar
Gps untuk berjangkar
Disaat kita ingin melabuhkan kapal disiang hari jauh lebih mudah dari pada dimalam hari, disiang hari ombak kelihatan dengan jelas, awan , pulau bahkan bui bekas kapal kitapun bisa dijadikan patokan untuk kita berlabuh di spot tujuan, namun dimalam hari disaat laut gelap gulita kita akan mendapatkan kesulitan yang besar bila ingin berlabuh tepat di spot tujuan, karna kondisi gelap akan sangat  menyulitkan kita bahkan untuk berjalan lurus.

Terkadang kala disaat membawa kapal dengan mesin outboard kita sering sekali menengok kebelakang untuk melihat apakah mesin dalam posisi lurus ( mesin lurus menandakan kapal berlaju dengan lurus).

Sulitnya untuk melihat patokan juga sangat memperburuk tingkat kesuksesan kita didalam berlabuh.

Kita bisa memanfaatkan track route dalam GPS kita untuk berlabuh, dengan memanfaatkan route dalam gps kita untuk berlabuh , kita dapat berlabuh dengan sangat akurat, berikut panduan Cara berjangkar  :


1. Menuju spot tujuan dengan menggunakan GPS sedekat dekatnya (hingga jarak didalam gps 0,01 atau 00)

2. Membiarkan kapal hanyut setelah sampai spot tujuan untuk beberapa saat, hingga terciptanya tracking route disaat kita hanyut (sekalian monitor arus berapa knot dengan memperhatikan speed on ground disaat kita hanyut).

3. Siapkan sesuatu yang bisa membentuk suatu titik lurus (penggaris,kartu credit, rokok dll).

4. Setelah route hanyut cukup panjang untuk dijadikan patokan, gunakanlah penggaris untuk menarik lurus garis, gunakanlah posisi kapal hanyut dan titik spot untuk menarik lurus garis (pastikan penggaris melebihi titik spot jauh diatas ,disaat menggunakan track mode UP akan lebih mudah ).

5. Dengan menggunakan cursor drpd gps anda, larikan cursor ke atas spot secukupnya ( jarak cursor sudah pasti akan melebihi titik spot, lebihnya tergantung dr dalamnya air maupun kencangnya arus)

6. Setelah cursor berada diatas spot (masih dalam satu garis yang lurus dari posisi kapal hanyut-spot-cursor) set go to cursor.

7. Setelah diset dengan tujuan ke cursor, maka tujuan anda sudah tercipta, buanglah jangkar, dengan demikian kapal anda akan hanyut kembali ke spot tujuan anda memancing.


(sumber file andy wijaya insane fc)

(Baca juga teknik jigging dan drifting saat arus deras)




Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro