LEVER DRAG DAN STAR DRAG PADA REEL PANCING

LEVER DRAG DAN STAR DRAG PADA REEL PANCING
LIVER DRAG DAN STAR  DRAG  PADA REEL PANCING
Reel dengan mekanisme star drag
Drag adalah satu mekanisme yang bekerja dengan penambahan beberapa tekanan yg berbeda kepada spool yang berputar, friksi yang terjadi membuat spool berputar dengan beban, dalam arti lainnya spool direm oleh friksi yang terjadi dalam bentuk washer, secara modern pada saat ini washer didapatkan didalam reel yg terbuat dari bahan Teflon, namun pada product product high end carbon biasanya diaplikasikan sebagai washer dari pada reel tersebut.

Di dalam kategori reel spinning ada 2 tipe jenis drag, drag yang berfungsi diatas (dispool) dan juga drag yang berfungsi di bawah (bait runner reel pada umumnya), drag yang diatas biasanya lebih favorite dan juga lebih diunggulkan, karena drag washer nya jauh lebih besar di banding drag yang ada dibawah, dan juga mempunyai kekuatan yang lebih besar dalam mengontrol ikan.

Drag yang diatas mempunyai knob yang terletak diatas spool , sedangkan drag yang dibawah biasanya knob berada di posisi paling bawah reel tersebut. Dengan setting drag yang benar anda akan bisa menaikan ikan yang besar secara aman ke kapal maupun ke darat, dengan drag yang akan slip pada batas  maksimum beban yang sudah diset yang juga dibantu dengan lengkungan joran anda akan membuat ikan cepat letih.

Drag harus di set dibawah kekuatan line, pada umumnya drag di set 25- max 30% dari maksimum kekuatan line yang anda gunakan.

Contoh : line 80 lbs x .25% =20 lbs drag.

Walau ini biasanya bukan masalah disaat anda menggunakan heavy duty line, karena reel tidak mempunyai kemampuan yang beresiko line break (putus)  karna over drag.

Setting drag reel anda yang semaksimal mungkin tanpa resiko membuat ikan lepas disebabkan oleh mulut ikan robek.

Drag biasanya di aplikasikan lebih banyak disaat kita mancing dasaran di daerah yang mempunyai karang tajam maupun disaat popping, sehingga mengurangi resiko line break, karna ikan lari kekarang dan menyebabkan line break (putus) .

Untuk tipe reel overhead ada 2 macam drag yang secara umum dipergunakan oleh produsen reel pancing, antara lain: lever drag dan star drag.

LEVER DRAG DAN STAR  DRAG  PADA REEL PANCING 

Keduanya bekerja dengan principal yang sama dengan menggunakan plat (discs) yang berputar, bergesek satu sama lain sehingga menimbulkan friction, akan tetapi ada perbedaan diantara keduanya, lever drag menggunakan cam untuk menambah tekanan terhadap plat (discs) melalui setelan dragnya yang berbentuk lever.

Spool adalah bagian dari drag, sehingga permukaan yang sangat lebar dapat membuat drag yang lebih kuat, untuk mengeluarkan line lever di tarik ke belakang sehingga menyebabkan friction dari spool tersebut menjadi nol, dengan ini reel memberikan line out di saat ada beban dari timah pemberat maupun jig . pada umumnya tipe tipe lever drag diaplikasikan ke reel reel yang besar dan kuat (kuat dalam arti drag), dan biasa dipergunakan untuk di laut, dan jarang sekali digunakan untuk di air tawar (pemancing ikan ikan besar air tawar biasa menggunakan peralatan laut karena dinilai jauh lebih kuat).

LIVER DRAG DAN STAR  DRAG  PADA REEL PANCING
Reel dengan mekanisme lever drag
Star drag biasanya di aplikasikan di reel reel yang berukuran kecil pada umumnya, drag yang berbentuk seperti bintang ini dilegkapi dibagian dekat handle, disaat diputar searah jarum jam (right handed), star drag menekan sebuah besi (collar) yg menyebabkan friction di dalam washer yang menumpuk yang berfungsi sebagai rem, dan washer menekan gigi utama yg terletak dibawah washer, dengan demikian drag tercipta. Untuk melepaskan drag dan membuat spool menjadi bebas, gigi utama dilepaskan dr bebannya melalui lever kecil.

Pengalaman saya mengenai keduanya:

Sebelumnya saya perjelas apa yang akan saya tulis ini semuanya berdasarkan pengalaman saya sebagai pengguna reel kedua duanya. Setiap orang mempunyai kebiasaan maupun kesukaan yang berbeda juga level comfort yg berbeda disaat menggunakan reel.

Memang benar lever drag mempunyai keuntungan yang cukup signifikan dalam drag, dengan reel yang sama besarnya antara lever drag dan star drag pada umumnya lever drag jauh lebih kuat dalam dragnya, Saya mendapatkan reel star drag lebih comfort bagi saya dibanding lever drag, karna lever drag sering kali membebani handle disaat drag diperkuat , handle menjadi lebih berat. Pada star drag , di saat drag pada batas maksimunpun handle tetap ringan seperti biasa.

Bila menggunakan lever drag, anda harus hati hati di saat menambahkan pressure dengan menekan keatas lever, disaat anda menekan banyak sekali dengan tidak sengaja (faktor ombak, reflek dll) akan menyebabkan drag kencang secara kaget dan ini sering menyebabkan line terputus, terutama bagi yang tidak biasa menggunakan lever drag.

Sebelum menggunakan reel ini harus di set dua kali, dan ini harus dilakukan dengan menyetel putaran kecil yang ada dibawah lever, bila memutar terlalu banyak maka sedikit perubahan pada lever akan menyebabkan perubahan drag yang signifikan kuat, dan sebaliknya bila menyetel putaran kecil di reel dengan sedikit putaran,

lever drag dalam posisi maksimum pun belum membuat drag yang cukup kuat. Penyetelan drag 2 kali  ini harus sering kali kita lakukan, di mana star drag hanya mempunyai satu mekanisme dan lebih terkontrol. Star drag pada umumnya lebih smooth di banding lever drag, salah satu keunggulan star drag dapat dinetralkan dengan lever kecil yang dimana bila kita menguncinya lagi, drag akan selalu dalam beban yang sama 100% setiap kalinya , tanpa harus melihat dan menyetel secara perlahan lahan, yang anda butuhkan hanyalah mengunci dengan menaikan lever kecil pada star drag reel tersebut. Dalam reel lever drag yang modern, lever stopper juga sudah menjadi bagian dari reel tersebut, namun tidak semua reel lever drag mempunyainya, lever stopper yang biasanya berposisi 75% dari maksimum drag, bila ini terdapat pada reel anda, anda bisa menggunakannya dalam pengesetan, agar setiap kali anda melakukan penguncian, stopper ini yang akan menjadikan patokan buat anda , agar beban drag yang sama akan tercipta setiap kali anda menguncinya, dan bilamana drag masih di butuhkan anda masih bisa mendorongnya keatas dengan menekan stopper tersebut sambil menaikan levernya, drag pada reel star drag tidak sehebat lever drag, namun bagi saya sudah cukup kuat, drag 12-15kg pun sudah cukup membuat banyak pemancing kewalahan, jadi menurut saya kekuatan drag yang berlebihan adalah sesuatu yang mubajir , kecuali di saat trolling, dengan joran trolling yang jauh lebih kuat dan dengan adanya harness maupun fighting chair, menggunakan drag yang sedemikian hebat pun masih terdukung.

BY Andy Widjaja - (INSANE FISHING CLUB)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged