POPPING DI PULAU KOMODO


Serangan GT pulau komodo

GT Pulau Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat taman nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Pada tahun 1980 taman nasional ini didirikan untuk melindungi komodo dan habitatnya. Di sana terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari Asia dan Australia, yang terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia. Bersama dengan komodo, setidaknya 25 spesies hewan darat dan burung termasuk hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terbatas atau terbatasnya penyebaran mereka.
(Photo wikipedia)
Selain itu, di kawasan ini terdapat pula terumbu karang. Setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu yang ditemukan di sana, dengan sekitar 1.000 spesies ikan. Keindahan terumbu ini menarik minat wisatawan asing untuk berenang atau menyelam di perairan ini (sumber wikipedia).

Pada kesempatan kali ini salah satu korespenden media pancing ingin mencoba merasakan sensasi dasyatnya terror dari giant travelly penghuni terumbu karang di sekitaran taman nasional pulau komodo, tepatnya tanggal 11 dan 12 november 2015 yang di pandu langsung oleh guide profesional AFS (Adhek Sport Fishing) salah satu pioner popping indonesia, perjalanan mancing kali ini di ikuti oleh 2 pemancing dari batam yaitu Bayu P Anugrah dan Herman pemilik tackle shop terbesar di batam.
(Photo googling)

Setelah tiba di Airport dan istirahat di hotel rombongan Bayu Anugrah langsung di jemput tim operator fishing AFS untuk selanjutnya menuju dermaga yg berjarak kurang lebih 15 menit dari hotel tempat menginap, untuk melanjutkan misi popping di pulau komodo, trip kali ini memakai kapal HAPUKA nama kapal yang dikelola oleh adhek amerta bersama anaknya reza amerta yg mempunyai standaritas kapal mancing internasional.

Spot popping di pulau komodo di sekitaran area konservasi yang terdiri dari batu mandi (baca landbase popping) dan di sekitar tebing tebing tinggi dengan drop off yg langsung menuju laut dalam dengan arus yang cukup deras dan banyak terdapat pusaran air karena merupakan pertemuan dari dua bahkan lebih aliran arus yang menjadi tempat favorit Giant Travelly mencari makan.

Mancing di area konservasi di pulau komodo terdapat aturan yang harus di patuhi dengan keharusan melakukan Catch and Release, yang di setiap kapal mancing di dampingi langsung oleh rangger official dari pulau komodo untuk memastikan ikan di realese secara benar.
Jadi sudah sewajarnya spot di pulau komodo menjadi salah satu tempat favorit mancing bagi pemancing domestic maupun manca negara, karna spot di pulau komodo mampu menyajikan durasi strike yang luar biasa,
Terbukti dari reportase Bayu Anugrah di trip kali ini yang merasakan sensasi GT attack dengan frekuensi strike bertubi tubi hampir sekitar 20 an kali merasakan sambaran Giant travelly dengan keberasilan landed 4 sampai 5 ekor dalam sehari dengan teknik mancing popping, karna kontur karangnya yang tinggi dengan kondisi air cukup dangkal sehingga Giant Travelly bisa begitu cepat menukik dan masuk ke dasar karang yang mengakibatkan line break karna tergesek karang.

popping di pulau komodo
Photo Bayu Anugrah saat fight dengan GT 

popping di pulau komodo
Giant travelly yg berhasil landed (Photo Bayu Anugrah)

Meskipun demikian bagi Bayu Anugrah perjalanan trip kali tidak bisa di ungkapkan dengan kata - kata ada perasaan senang bercampur bangga yang tidak bisa di nilai dengan mata uang karna butuh perjuangan extra untuk bisa berhasil menahlukan ikan dan menaikan ke atas kapal benar benar mirip seperti video NOMAD atau blue lagoon, meskipun jujur tangan dan kaki ikut gemetar saat fight dengan Giant Travelly di spot pulau komodo.


popping di pulau komodo
GT attack pulau komodo (photo Bayu Anugrah)


popping di pulau komodo
Fight to the and...
popping di pulau komodo
Strike GT di pulau Komodo (Photo Bayu Anugrah)

Selama rombongan Bayu Anugrah trip di pulau komodo ada pengalaman yg cukup mengesankan karna hampir di setiap hamparan pulau komodo banyak terdapat spot yg luar biasa indah dan begitu mengagumkan, menunjukkan betapa kecilnya kita dihadapan sang pencipta, karna bisa berkesempetan langsung melihat dan berfoto dengan hanya berjarak antara 1 hingga 2 meter dari komodo dragons yang di dunia hanya ada di pulau ini, hewan yg sangat luar biasa mengagumkan dan benar benar langka, dan tentunya saat merasakan sensasi double strike Giant Travelly yang berhasil landed di atas kapala.

popping di pulau komodo
Sensasi duble strike (photo Bayu Anugrah)

popping di pulau komodo
Herman strike GT di Pulau Komodo ( photo Bayu Anugrah)

popping di pulau komodo
Herman pemancing asal batam (Photo Bayu Anugrah)

popping di pulau komodo
Komodo Dragon binatang asli pulau komodo (photo Bayu Anugrah)

popping pulau komodo
Komodo Dragon (photo Bayu Anugrah)
Koresponden Bayu P Anugrah (FB)

Video popping di pulau komodo Bayu P Anugrah



Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing