IKAN HAMPALA PRIMADONA PEMANCING

Ikan hampala primadona pemancing

Ikan hampala adalah salah primadona bagi pemancing freshwater untuk di jadikan target berburu terutama dengan mengunakan teknik casting.

Ikan hampala primadona pemancing

Habitat ikan ini sangat suka berenang di sungai yang berarus deras dan banyak bebatuan, makanan alami ikan ini adalah ikan kecil dan serangga.

Untuk memancing ikan ini di butuhkan kesabaran yang tinggi, apalagi jika spot yang akan di pakai untuk mancing adalah sungai yang banyak bebatuan, otomatis di butuhkan fisik dan stamina yang prima ketika kita explore mencari titik potensial dimana sang predator ini berada.

Ikan hampala primadona pemancing
Casting hampala 

Ikan Hampala mempunyai nama latin Hampala macrolepidota atau sering juga di sebut Jungleperch atau biasa di sebut ikan Palung.

Kenapa di sebut ikan Palung....?

Hampala memiliki kecederungan mencari tempat persembunyian di dalam cekungan sungai yang dalam atau palung, sehingga ikan Hampalan dikenal dengan sebutan ikan palung.

Memancing Hampala bisa memakai bermacam teknik atau cara yang antara lain:

Cara konvensional

yaitu dengan teknik ngoncer atau memancing memakai umpan hidup (live bait), umpan hidup yang biasa dipakai adalah ikan hidup / udang.

Mancing Hampala dengan teknik casting

Karena sifat dasar Hampala adalah predator sejati kebanyakan angler lebih senang menjadikan Hampala sebagai target casting karna sensasinya yang sangat luar biasa untuk jenis ikan frash water, untuk lure bisa memakai beberapa jenis lure tiruan antara lain spoon, minow, stick bait, pencil atau bisa juga memakai spinner.

Memakai teknik fly fishing

Karna salah satu makanan alami ikan Hampala adalah jenis serangga, memakai teknik fly fishing akan sangat efektif karna jenis umpan yang digunakan banyak menyerupai serangga, untuk sensasinya sendiri tidak kalah asyik dengan teknik casting.

Ikan hampala primadona pemancing
Rachmad Wahjoe dengan hampala tangkapannya

Menentukan titik spot (titik lemparan)


Salah satu keberhasilan memancing Hampala dengan teknik casting antara lain melempar lure tepat di tempat ikan Hampala biasa mencari makan, yaitu di pinggiran batu yang berarus deras, Hampala menjadikan batu itu sebagai "meja makan", karena hampala akan menyergap mangsa berupa ikan-ikan kecil yang terbawa arus air, sensasi sangat luar biasa ketika melihat lure dengan jenis top water di sambar ikan ini.

Suara ledakan itulah yang membuat angler terpacu adrenalin nya, bahkan angler sekaliber rachmad wahjoe pernah merasakan tubuh gemetaran ketika melihat lure di sambar ikan Hampala dengan size jumbo meskipun mis target, sergapan Hampala tidak tepat mengenai lure yang di pakai rachmad wahjoe,
Sungguh pengalaman yang luar biasa tutur rachmad wahjoe ke media pancing ketika melakukan trip wild fishing memancing dengan target ikan Hampala,
Ikan yang begitu eksotis yang hidup di sungai dengan pemandangan alam nya yang memukau,benar benar Hampala primadona pemancing freshwater

Ikan hampala primadona pemancing
mancing hampala dengan teknik casting

Semoga akan tetap lestari habitat ikan ini, supaya kelak anak dan cucu kita masih bisa melihat dan merasakan memancing ikan eksotis ini.

(Koresponden Racmad wahjoe FB)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged