Ikan penyelamat harga diri

Maguro expeditions 2015 ..

Maguro Fishing Team pada tanggal 1 des 2015 mengadakan trip expedisi bersama matapancing , untuk mencoba spot spot di daerah Jawa Timur dan Madura, antara lain di daerah Sumenep, Pamekasan dan terakhir di sendang biru Malang dan Bangil Pasuruan, salah satu hal yang membanggakan buat saya karena di beri kesempatan bergabung dengan rekan rekan dari MFT maguro pusat (jakarta) dan rekan dari MFT Jawa Timur.

Om lastiyo aktor maguro expedition 2015

Perjalanan kami mulai dari kota Surabaya, saya bersama rombongan dan team Mata Pancing antara lain mbak Winnie , mas Muhdi dan mas Benk - Benkz  bergegas menuju ke Pulau Madura menggunakan kendaraan pribadi, di sela perjalanan kami menyempatkan untuk makan siang di resto bebek sinjay , kemudian  melanjutkan perjalanan menuju Pamekasan .

Pamekasan

Setelah tiba di kota Pamekasan kami di sambut rekan rekan pemancing dari Pamekasan yang akan memandu team kami untuk mencoba spot spot mancing yang ada di Pamekasan.

Spot tambak rumput laut merupakan spot pertama yang  kami kunjungi untuk berburu barramundi, di spot ini kami mendapat beberapa sambutan sayang masih mocel mungkin nasib baik belum berpihak, hingga hari mulai gelap kami pun memutuskan untuk beristirahat di warung soto khas Madura.

Peserta trip Maguro expedition 2015

Sumenep

Setelah selesai makan kami melanjutkan perjalanan ke kota Sumenep untuk mempersiapkan trip selanjutnya, karena rombongan kami sudah di tunggu oleh rekan rekan dari Joker ( komunitas mancing asal Madura), rekan dari Kaskus Fishing dan rekan dari Surabaya fly fishing, untuk mengadakan trip bareng di pulau Gili Labak.
Menjelang subuh kami sudah berkumpul di dermaga , untuk menuju ke pulau Gili Labak, karena kondisi air di pulau Gili Labak sedang surut dan baru akan pasang sekitar jam 3 sore maka kami memutuskan untuk menunggu di pulau Gili Genting sembari casting dari atas perahu,

Casting dari atas kapal

Setiba di pulau Gili Genting kami di buat takjub oleh pemandangan terumbu karang yang begitu indah dan biota laut yang masih terjaga kelestariannya.

Saya yang kebetulan satu kapal dengan mas Andre, Yohan, dan Mbak Winnie selaku Host dari mata pancing, dan pakde Wayang Wong, memulai casting dengan selalu di selingi canda dan saling bully untuk menghidupkan suasana,

Pakde Wayang berhasil strike pertama seekor kerapu yang berhasil landed dengan teknik casting, di lanjutkan drama beberapa minow yang tersangkut karang namun berhasil di selamatkan oleh kapten maskur yang bersedia menyelam ke dasar demi sebuah minnow.

Yohan beberapa kali berhasil strike namun masih terus mocel, begitu juga saya meskipun berbagai minow sudah saya coba, saat melihat gerombolan ikan pogot yohan berkata kepada saya kalau ikan tersebut mustahil bisa di casting, sampai saya sempat sedikit berdebat siapa bilang pogot tidak bisa di casting .....kata saya, enggak mungkinlah kata yohan.
tiba - tiba  reel saya berderit dan joran saya melengkung, segera saya memompa joran hingga ikan landed dan ternyata seekor pogot hook up dengan sempurna di minow saya, saling ajek pun segera mewarnai kapal kami sungguh trip kali ini begitu berkesan

Ikan penyelamat harga diri
Pogot sial yang terkena jebakan batman

Saat  perahu dari tim kaskus melintas di samping kami dengan menunjukan tangkapanya beberapa ekor kuwe rambe .. semakin membuat kami panik karena kita baru berhasil mendapat beberapa ekor ikan penghuni karang, kami segera memutuskan untuk pindah ke spot yang lain, dan tanpa butuh waktu lama yohan membuka strike seekor baby gt berhasil dia tahlukan, tinggal Winnie dan Andre yang belum berhasil strike yang terlihat semakin panik karena tidak habis habis nya kami bully, karna kami telah membuat kesepakatan bagi yang belum strike maka hilanglah jatah makan siang .........hahhaa

Setelah beberapa kali pindah spot akhirnya joran andre giliran yang melengkung di hajar ikan, terjadi perlawanan yang cukup seru hingga angler ini terlihat kuwalahan, karena ikan terus berontak sejadi jadinya,
setelah beberapa menit berselang ikan pun berhasil landed ternyata baby gt yang tersangkut hook di badannya, yang membuat andre pun habis terkena bully dari rekan rekan kami di kapal.

Kini tinggal kapal yang di tumpangi mas lastiyo dan rombongan yang masih di naungi Batari Durga karna satu ikan pun belum ada yang landed hahahaha....

Winnie yang juga belum berhasil strike makin gelisah tapi terlihat tak mau menyerah .
Tepat tengah hari perjalanan menuju ke pulau Gili Labak kami di suguhi pemandangan yang cukup memperihatinkan karena terumbu karang di sekitar pulau sudah banyak yang rusak karena terinjak injak pengunjung dan bekas kapal yang bersadar, semoga pemerintah daerah dan warga sekitar perduli dan pembangunan dermaga segera terealisasi, karena hari mulai panas kami memutuskan untuk mendarat dan makan siang bersama, tapi ada sebagian rekan kami yang langsung melanjutkan casting dari pinggir pantai.

Untuk mengisi waktu setelah makan siang Saya , yohan dan rekan dari mata pancing melakukan snorkling, dan sebagian rekan kami mempersiapkan tenda dan kayu bakar yang rencana akan kita gunakan untuk acara malam hari.

Ikan penyelamat harga diri
Snorkling di sela sela trip

Setelah hari semakin gelap kita semua berkumpul di pantai untuk mempersiapkan api unggun dan di isi dengan  acara bakar ikan hasil mancing, keakraban dan canda tawa menghiasi malam  ini, setelah makan malam beberapa rekan melanjutkan acara mancing cumi dan sebagian lagi termasuk saya memutuskan untuk beristirahat, udara cukup panas dan konon kabarnya hujan belum pernah turun di pulau ini, tepat tengah malam tiba tiba hujan deras mengguyur, kami pun berebut mencari tempat untuk berteduh dan suasana makin riuh karena rekan rekan  yang mancing cumi pun ikut menepi dan bergabung bersama kami.

Menikmati malam dengan api unggun layaknya anak anak pramuka

Keesokan harinya setelah sarapan pagi kita melanjutkan trip , beberapa spot di sekitaran pulau kita coba, saya dan pakde Wayang Uwong berhasil strike beberapa ekor kerapu, om Lastiyo yang hari ini bertukar tempat dengan winnie untuk menghindar kutukan Batari Durga  bergabung di perahu saya karena sudah tak tahan menerima bully an dari teman teman, tepat tengah hari tiba - tiba reel om Lastiyo berderit dan jorannya melengkung tajam, karena tidak ingin mocel dan akan menghabiskan harga dirinya, om Lastiyo sangat hati hati fight dengan ikan, mungkin strike kali ini sudah seharga batu berlian 2 kilogram, tak lama ikanpun mulai tampak di permukaan ternyata seekor cendro .. yihaaaaaa ....karena terlalu bersemangat ketika ikan akan di angkat ke perahu tiba tiba ikan meloloskan diri dan Andre yang juga masih boncos langsung berteriak kegirangan ...berlian seharga 2 kilogram pun tercebur kelaut, dan tidak ada ampun buat om Lastiyo untuk bisa menghindar dan hanya bisa pasrah menerima bully-an kami ... hahhahaa.

Perjalanan kita lanjutkan untuk memburu Mangrove jack, tapi karena spot yang akan kami tuju sangat susah di jangkau kita putuskan untuk casting di sekitaran dermaga sambil makan siang, al-hasil tak satu pun dari kami mendapatkan strike.

Hingga muncul ide gila saya untuk membuat semacam game seperti di tv, awalnya hanya saya dan Yohan yang akan berlomba tapi Winnie yang sudah kembali bergabung ke perahu kami juga ikutan, maka lomba ini kita adakan untuk seluruh rombongan di kapal saya,

Masing masing harus menyiapkan 3 minow dan akan di pilih salah satu oleh Winnie untuk di pergunakan, dalam hitungan waktu selama 30 menit, bagi yang tidak strike akan di hukum berjoget ria yang di saksikan penduduk setempat mulai dari dermaga hingga parkiran mobil, sesuatu ujian mental yang cukup berat ..hahahhahaha.

Lomba kita mulai , hampir 20 menit waktu berlalu tak satu pun yang mendapat sambaran, kita putuskan untuk pindah ke spot yang lain,  tiba tiba ketegangan pun pecah saat Andre berteriak strikeee ...  dan seekor cendro melompat di permukaan air, serempak kita berusaha menganggu konstrasi  Andre denggan beberapa candaan berharap ikan mocel, tapi karena hook up cukup sempurna ikan pun berhasil landed.

Seperti yang kita sepakati bagi yang boncos harus berjoget ria... pak Maskur yang merupakan kapten kapal pun segera menelpon untuk mengumpulkan penduduk, untuk ramai ramai menyaksikan goyang dangdut ala Inul daratista dari rombongan kami yang ditonton warga dan anak anak.

Ikan penyelamat harga diri
Berjoget ria yang menjadi ujian terberat saat trip

Joget di saksikan warga kampung hukuman bagi yang boncos
Benar2 cendro ikan penyelamat harga diri kata Andre di trip kali inihahahaa.

Perjalanan kita lanjutkan untuk kembali ke surabaya untuk mempersiapkan trip selanjutnya ke bangil pasuruan .
Tapi karena terbentur jadwal ke berangkatan pesawat untuk pulang ke jakarta akhirnya mas Muhdi menyarankan untuk merubah agenda ke tamban sendang biru Malang.
 Setelah melakukan perjalanan dari pulau Madura menjelang pagi kami baru tiba di tamban Malang selatan, semua rombongan langsung beristirahat, karena kelelahan kita pun bangun kesiangan.

Sendang biru malang

Di sendang biru perburuan kita mulai, team kami bagi  2 perahu saya bersama Andre , Winnie, pak de Wayang Uwong dan mas Benk Benk (kameramen mata pancing) dan team ke 2  mas Yohan , om Lastiyo dan mas Muhdi, perang urat syaraf pun berlanjut di sini, beberapa kali saya mendapat sambaran tapi mocel,  Yohan di perahu sebelah terlihat sedang figth dengan ikan, jeritan reel terdengar hingga kapal sebelah, joran melengkung tajam, dan tak lama ikan naik ke permukaan seekor tengiri yang lumayan besar.

Ikan penyelamat harga diri
Mau bergaya seperti apa cendro teteplah cendro tapi sangatlah berharga sebagai penyelamat harga diri

Dan ejekan demi ejekan pun membuat gaduh suasana, berikutnya giliran reel saya berderit terlihat  seekor cendro menari nari di permukaan air dan mocel ... hahhahahaa

Tapi saya bersyukur karena gara gara cendro andre habis saya bully, jika sampai landed akan menjadi bumerang buat saya,
Tak lama berselang mas Muhdi juga mendapat strike, seekor cendro berhasil landed,  perahu di team saya makin panik karena belum ada seekor ikan pun yang landed dan harus terus berlapang dada menerima ejekan dan bullyan dari team kapal sebelah.

Tiba tiba reel pakde Wayang Uwong menjerit di tarik ikan, dengan senyum khas nya beliau mengejek saya , membuat saya makin panik, konsentrasi terpecah, saya terus berusaha melempar minow yang di iringi ejekan pakde wayang, dan saat yang saya tunggu tunggu datang juga minow saya di sambar seekor tengiri dan lompat dengan indahnya jebuuuuĆ¹aar .. mocel lagi ... hahhahahhahaa

Setelah strike pakde Wayang Uwong meminjamkan jorannya sambil bergaya ke Winnie, Winnie pun segera melempar minnow sekali lempar langsung mendapat sambaran, winnie dengan cepat memompa joran hingga ikan tenggiri pun di buat menyerah... habis lah saya dan andre di bully,.....wkwkwk

Ikan penyelamat harga diri
Aksi pakde wayang setelah landed tenggiri tapi tidak bisa menyelamatkan hukuman di sesion ke 2

Saya pun berinisiatif mengganti minow karena mungkin ada yang salah dengan minnow saya yang berulang kali mocel.

Alhasil sekali lemparan langsung .. strikeeee .. saya langsung memompa joran dan meladeni betotan ikan tak lama seekor cendro nampak ..  hahhahaa , tapi tak apalah cendro pun bisa menyelamatkan harga diri saya ..  wkwkwk

Tibalah waktu makan siang kami pun menepi untuk sementara waktu, selama istirahat  Andre dan om Lastiyo kita bully habis karena masih menyandang gelar boncoserrrr.

Setelah makan siang trip kami lanjutkan dengan perjanjian yang boncos harus menggendong saya.

Saya mengawali strike seekor cendro, hingga pindah ke spot selanjutnya satu cendro lagi berhasil saya angkat, Yohan yang mencoba casting menggunakan spoon di hajar pogot .. hahhaaa dia termakan omongan nya sendiri saat trip di Gili Labak Sumenep dan harus merasakan bully-an kami.

Mendung semakin gelap om lastiyo mulai patah semangat, beliau hampir menyerah dan mengajak kita untuk menyudahi trip,
tapi saya meyakinkan untuk mencoba lagi, ketika melewati sebuah spot saya minta kapten untuk berhenti dan mencoba casting, akhirnya minnow nya berhasil di sambar ikan, beliau sangat berhati - hati agar ikan tidak mocel, hingga berhasil landed meskipun seekor cendro yang benar benar jadi penyelamat harga dirinya.

Hingga akhirnya Andre dan Pak de Wayang Uwong yang  boncos di sesion kedua dengan  berat hati harus menggendong saya ...  hahaha

Tidak terkena hukuman berjoget mas andre jadi korban ulah om fery di tamban

Setelah makan malam kita kembali melanjutkan perjalanan ke surabaya untuk mempersiapkan trip selanjutnya.

Bangil pasuruan

Pagi hari kita kembali melanjutkan perjalanan ke bangil, di spot sebuah tambak kita di sambut rekan rekan MFT jawa timur yang membuat suasana semakin meriah, karena akan diadakan acara castbar, di tambak ini  Om Mahfud beberapa kali landed ikan gabus, Winnie juga berhasil strike seekor ikan bandeng,
dan di susul rekan rekan lain yang juga berhasil landed beberapa ekor gabus,

Ide gila sayapun kembali muncul untuk membuat game bersama Yohan,  dengan kesepakatan dalam 30 menit  yang tidak berhasil strike di hukum harus jalan jongkok sambil mengangkat joran di belakang kepala,

Agus beberapa kali mendapat sambaran tapi ikan ber hasil meloloskan diri,
25 menit waktu berlalu semua pemancing semakin panik ...tiba tiba di dekat mas Muhdi ada seekor ikan mengambang dan dia berteriak ..  nggak ada aturan kan yg landed ikan hidup atau mati? lalu ikan itu berhasil di sengget ...hahhahaa dia pun lolos dari hukuman.

Alhasil semua rekan yang boncos terkena hukuman harus berjalan jongkok dengan joran di atas kepala, setelah puas acara kita lanjutkan makan siang dan ngobrol ngalor ngidul.

Ikan penyelamat harga diri
Ini salah satu kekejaman om fery saat trip di bangil

Saya dan om lastiyo harus mengakhiri trip pada hari ini, untuk kembali melakukan aktifitas keseharian, dan rekan rekan yang lain masih akan melanjutkan trip esok hari di spot Tlocor Sidoarjo

Tamat.......

Koresponden (Fery Nugroho)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro