Mengenal binatang laut yang berbahaya saat memancing

Mengenal binatang laut yang berbahaya saat memancing atau spearfishing


Mengenal binatang laut yang berbahaya saat memancing
Ikan barrakuda termasuk jenis ikan yang berbahaya 
Memancing dan spearfishing di laut memang sangat mengasyikan karna terdapat bermacam macam ikan dengan bentuk dan warna yang juga beraneka ragam, di balik itu ada juga ikan atau binatang laut yang ternyata memiliki racun dan bisa yang berbahaya jika terkena tubuh kita, selain memiliki bisa ada beberapa jenis binatang dan ikan laut yang bisa menyerang manusia, sehingga mengenal binatang laut yang berbahaya saat memancing juga sangatlah perlu sebagai wujud ke waspadaan kita akan keselamatan dalam memancing dan spearfishing, berikut jenis binatang laut yang berbahaya :

Ubur-ubur 

Sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan iritasi pada kulit, dan pada jenis-jenis tertentu dapat menyebabkan kejang hingga kematian. Letak sengat ubur-ubur berada pada tentakelnya. Ubur-ubur memiliki tubuh yang transparan, hingga sulit dilihat di air. Untuk menghindarinya, gunakanlah pakaian renang /selam yang menutupi hingga bagian lengan dan kaki dengan baik.

Gurita api 

 Gurita api memiliki tubuh bermotif cincin biru, oleh sebab itu, dalam bahasa Inggris ia disebut blue ring octopus (gurita cincin biru). Gurita tersebut memiliki racun yang kuat, dan bila kita terkena, rasanya seperti terbakar oleh api. Gurita tersebut suka bersembunyi dibalik karang dan pasir.

Bulu babi

Bulu babi berbentuk seperti landak, dengan duri-duri di seluruh tubuhnya. Ada dua tipe duri pada bulu babi, yaitu duri halus dan duri keras. Pada duri keras sering terdapat racun. Semakin cerah warna bulu babi, maka menunjukkan bahwa racun yang dibawanya semakin kuat.

Ikan lepu ayam 

Ikan lepu ayam terlihat cantik dan berenang dengan anggun. Hal tersebut karena ia tidak terlalu takut dengan pemangsa sebab duri-duri pada siripnya mengandung racun. Jangan sekali-kali mencoba memegang makhluk tersebut walaupun ia terlihat jinak. Ikan lepu batu Masih berkerabat dengan ikan lepu ayam, tetapi lepu batu berbentuk seperti karang mati yang telah ditumbuhi alga. Ia biasanya tidak berenang bebas, tetapi mengubur diri di dalam pasir atau diam mematung untuk menyamar mencari mangsa. Wisatawan kadang secara tidak sengaja menginjak ikan tersebut karena dianggapnya hanya batu belaka. Duri yang terselip diantara sirip punggung ikan tersebut memiliki racun yang sangat menyakitkan. Selalu gunakan alas kaki jika berjalan di perairan dangkal dan kawasan berpasir.

Ikan pari 

Ikan pari memiliki duri pada ekornya. Walaupun ekor tidak digunakan untuk menyerang, tetapi jika ia merasa terancam maka duri kerasnya akan disabetkan dan menyebabkan luka tusuk yang dalam.

Karang api 

Karang api sebenarnya memiliki tentakel penyengat yang mirip dengan ubur-ubur. Karang tersebut berbentuk bercabang-cabang berwarna coklat hingga oranye. Kadang-kadang kita dapat melihat tentakel-tentakel keluar dari permukaan karang api. Jika terkena karang tersebut, kulit akan terasa terbakar dan melepuh. Karang api kadang-kadang membentuk koloni dengan luas beberapa meter persegi, oleh sebab itu, berhati-hatilah ketika melakukan kegiatan di dalam air.

Jelatang Masih kerabat karang api.

Jelatang juga memiliki tentakel yang dapat menyengat. Jelatang berbentuk seperti daun pakis. Jika terkena jelatang, kulit akan teriritasi hingga terasa gatal dan perih. Bulu seribu Bintang laut jenis ini termasuk pemangsa karang, dan sering menjadi hama di berbagai tempat wisata, seperti di Bunaken, Sulawesi Utara. Warnanya yang cerah menunjukkan bahwa ia memiliki racun yang kuat. Ia biasanya berjalan di atas karang sambil memangsa karang yang dilewatinya. Duri-duri di tubuhnya memiliki racun. Wisatawan yang tidak waspada sering menginjak hewan tersebut dan merasakan nyeri luar biasa pada kakinya.

Ular laut 

Ular di laut memiliki racun yang jauh lebih kuat dibanding ular-ular di darat. Ular laut biasanya tenang dan tidak menyerang, akan tetapi jika terpojok ia tidak ragu untuk memagut. Ular laut sering ditemui sedang berjemur di darat, pohon bakau, atau batu-batu di pinggir pantai.

Ikan Hiu (Hiu Putih Besar, Hiu Martil, Hiu Banteng, dan Hiu Macan) 

Walaupun secara umum, semua jenis hiu dapat berbahaya, tetapi empat jenis hiu tersebut dikenal suka menyerang manusia,

- Hiu Banteng memiliki tubuh yang kekar seperti banteng dan dapat berenang ke air tawar.

- Hiu martil memiliki kepala berbentuk seperti martil yang dipenuhi sensor listrik untuk mendeteksi mangsa.

- Hiu macan memiliki tubuh dengan corak loreng-loreng seperti harimau, jenis hiu ini yang di anggap paling agresif menyerang manusia.

- Hiu putih besar memiliki ukuran yang besar dan jarang mendekat ke kawasan dangkal.

Keong racun

Keong racun mampu menembakkan gigi beracun dari dalam tubuhnya. Oleh sebab itu, jangan menghadapkan celah pada cangkangnya ke tubuh kita. Jika terkena racun, maka tubuh akan mengejang dan sulit bernafas hingga dapat menyebabkan kematian.

Barakuda/Alu-alu

Barakuda termasuk ikan pemangsa agresif yang dapat berenang cepat. Gigitan dan sabetan siripnya dapat melukai manusia. Kadang-kadang ikan tersebut berenang bergerombol dan menyerang bersamaan. Hindari menggunakan benda-benda yang memantulkan cahaya karena akan menarik mereka.

Kerondong/Belut Moray 

Tubuh ikan tersebut panjang seperti belut. Ia memiliki gigi yang tajam. Jika sering diberi makan oleh manusia, ia tidak ragu untuk mendekat. Karena kekuatan giginya, sudah banyak orang yang menjadi korban, baik jari yang terputus atau tubuh yang terluka. Ia tinggal di celah-celah karang dan tidak ragu untuk menyerang dan mengejar jika merasa terganggu.

Buaya Muara 

Buaya muara termasuk jenis buaya yang mampu berenang di air laut. Ia mampu berenang dengan baik dan lincah. Di seluruh dunia, setiap tahun ada saja orang yang tewas karena diserang oleh buaya muara.

Selain jenis binatang ini masih banyak binatang atau ikan laut yang perlu kita waspadai saat berinteraksi atau bersentuhan langsung seperti ikan kerapu kodok dengan tanduk di kepala, ikan baronang dengan jalu di ekor, ikan talang talang atau queen fish dengan duri yg mengandung bisa di punggung, ikan sembilang, ikan king lion yang terkenal sangat berbahaya jika sampai terkena bisanya. Jadi alangkah baiknya jika saat memancing kita mendapat ikan yang kita belum pernah melihat atau mengetahui jenis ikan tersebut, kita hindari memegang langsung tanpa sarung tangan demi keselamatan.

Sekian artikel mengenai binatang laut yg berbahaya semoga bermanfaat

sumber dari artikel Yayasan terumbu karang indonesia (Terangi) 

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah