Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

Mengetahui waktu migrasi ikan, merupakan salah satu faktor yang mendukung kesuksesan kita mancing, karena dengan mengetahui waktu migrasi dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing untuk memperoleh hasil maksimal akan semakin mudah, sama halnya seperti mengetahui faktor alam dan pengaruhnya saat mancing di laut, sehingga bisa menentukan waktu yang terbaik untuk mancing.

Waktu migrasi ikan juga berkaitan langsung dengan musim ikan di suatu daerah, untuk di laut contohnya musim cakalang, musim tuna, dan musim tenggiri, yang di pengaruhi oleh banyak faktor, antara lain arah angin, atau mengikuti ikan ikan kecil yang menjadi makanan di habitatnya.

Proses migrasi ikan ini tidak hanya berlaku untuk ikan ikan laut, tetapi ikan air tawar pun juga melakukan migrasi, di bawah ini beberapa jenis ikan dan waktunya melakukan migrasi, silahkan simak dan tentukan jadwal mancing anda.


1 , Ikan Jambal (patin)
   
Ikan ini biasa melakukan migrasi dari daerah hulu sampai hilir,

Pada bulan September - Desember
gerombolan ikan jambal / patin akan keluar menuju hulu, seadangkan bulan Januari - April gerombolan ikan akan menuju ke hilir .

Sedangkan ikan ikan penghuni waduk tidak bisa melakukan migrasi karena terhalang oleh tanggul atau tembok beton bendungan, setelah melakukan proses adaptasi ikan jambal ( bisa hidup dan di pelihara di waduk bahkan di kolam budidaya, karena memiliki kemampuan adaptasi yang kuat adaptasi yang kuat , akan tetapi karena naluri bermigrasinya terhambat , maka tidak dapat melakukan perkawinan secara alami / mijah di kolam , harus di bantu dibantu dengan cara kawin suntik dan lain lain


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing


2. Ikan Gabus

Ikan golongan snake head ini akan melakukan migrasi manakala perairan yang menjadi tempatnya tinggalnya mengalami kekeringan, dan secara berbondong bondong akan bermigrasi diwaktu malam ketempat yang terdapat airnya atau membenamkan diri kedalam lumpur menunggu perairannya terisi kembali oleh air sebagai sumber kehidupannya .

Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing



3. Ikan Betok

Ikan ini juga sama dg ikan gabus melakukan migrasi dengan cara berjalan di darat untuk mencari sumber air disekitar perairan terdekatnya manakala perairan tempat tinggalnya mengalami kekeringan


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing


2 . Ikan Sidat (ulin)

Merupakan ikan yang besar di sungai dan akan memijah (melakukan perkawinan) di laut , kemudian anaknya akan kembali ke sungai dimana induknya dibesarkan , demikian juga dengan ikan sidat ini tidak bisa kawin secara alami pada kolam budidaya, hanya mengambil anakan dari tangkapan alam untuk di pelihara di kolam budidaya.

4 . Ikan Hampala

Ikan Hampala bermigrasi di sekitar pinggiran waduk dan ketengah waduk secara periodik baik sendirian maupun secara bergerombol, Pada awal musim penghujan, ikan ini banyak disekitar pinggiran waduk atau sungai untuk memakan laron banyak keluar pada waktu musim hujan, dan serangga air lainnya .
Saat air waduk penuh , ikan hampala akan berada di tengah tengah waduk , sehingga keberadaannya tidak terjangkau oleh para pemancing yang berada di pinggiran


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

5 . Ikan Lais Tabiring

Biasanya melakukan migrasi ke rawa rawa hutan dari sungai sekitar bula Juli , sedangkan migrasi ke sungainya lagi pada bulan Oktober , ikan ini hanya terdapat di Kalimantan dan Sumatra , ikan lais merupakan ikan predator yang banyak di buru para pemancing.


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

6. Ikan Baung

Biasa melakukan migrasi dari sungai ke rawa banjir , sekitar bulan Agustus, sedangkan kembali lagi ke sungai pada bulan November - Desember , Ikan yang berada di waduk biasa melakukan migrasi dari waduk ke sungai pada saat musim hujan saat sungai airnya melimpah dan akan kembali lagi ke waduk saat menjelang musim kemarau.


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

7. Ikan Tawes

Ikan Tawes melakukan migrasi tidak terlalu  jauh jaraknya, perpindahan ini hanya berdasarkan ketersediaan makanan , perpindahannya bisa individu maupun bergerombol , ikan tawes yang berukuran besar jarang terdapat di tempat tempat yang dangkal , demikian juga sebaliknya jarang ada ikan tawes kecil ditempat yang dalam , tawes kecil biasanya bergerombol di pinggiran waduk maupun sungai pada kedalaman 20 - 30 cm.


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

8 . Ikan Jelawat

Ikan Jelawat melakukan migrasi dari hulu ke hilir pada bulan Januari - Februari , akan kembali ke hulunya pada bulan Juni - Juli , ikan ini hanya terdapat di sungai sungai Kalimantan dan Sumatra dan merupakan ikan favorit bagi para pemancing


9. Ikan Mujair dan Ikan Nila

Ikan mujair dan nila sering melakukan migrasi ke pinggiran sungai atau waduk pada siang hari untuk mencari makan dan akan kembali ke tengah saat hari mulai gelap .


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

10. Ikan Mas

Di danau yang luas ikan Mas akan melakukan migrasi kepinggir danau untuk memijah pada saat permukaan danau meninggi (awal sampai akhir musim hujan)
Ikan mas yang dipelihara di kolam budidaya juga sulit untuk memijah secara alami maka dilakukan kawin suntik atau menyuntikan kelenjar hypofisa ke dalam induk ikan mas.

11 . Ikan Kuro ( laosan)

Merupakan ikan peruaya , walaupun hanya sebatas dari sungai ke pantai dan suka hidup di dasar sungai , ikan kuro kecil banyak ditemukan di sekitaran sungai , sedangkan kuro besar terdapat di pantai , dermaga dan pantai bakau, saat ikan kuro mulai tumbuh besar akan bermigrasi ke pinggir pinggir pantai dan pinggir pinggir dermaga.


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing


12 . Ikan Kakap Putih (Barramundi)

Ikan kakap putih mampu memasukin aliran sungai hingga 25 Km , tetapi pada umumnya di aliran sungai antara 1 - 2 km dari pantai yang biasanya banyak di huni ikan barramundi di sungai sungai besar bagian muara, terutama muara yang terdapat banyak pohon mangrove yang menjadi tempat favorit ikan barramundi, kadang kadang sampai masuk ke tambak tambak bandeng dan udang windu, sehingga ikan ini sampai di sebut sebagai hama bagi pengelola tambak bandeng dan hutan windu. Ikan barramundi akan menuju muara saat akan bertelur, jadi di muara lah sebagai tempat favorit mancing karna banyak terdapat ikan barramundi besar.


Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing

13. Ikan Sembilang

Hidup di pantai yang berlumpur dan dangkal , biasanya tidak pernah jauh dari garis pantai , bersifat tahan terhadap kadar garam yang tinggi , sehingga terkadang ditemukan juga di muara sungai.

14. Ikan Bandeng

Merupakan ikan dengan wilayah migrasi yang cukup luas , karena saat kecil ikan ini berada di muara sungai menjelang dewasa bisa ditemukan di laut lepas , ada yang memberi nama bandeng laut untuk ikan bandeng yang terdapat di laut lepas, sedangkan ikan bandeng tambak maupun ikan bandeng laut adalah sejenis, cuman karena ukurannya yang berbeda jadi membuat orang sering nyebutnya berbeda.

Terdapat 3 Jenis bandeng yang hidup di muara sampai laut :

A , Bandeng

B . Bandeng Laki Laki (Bulan bulan) tarpoon  ( Megalops Cyprinoide )

C . Bandeng Cecurut / Bene fish ( Albula Vulpens ) .

Ketiga jenis ini para pemancing sering salah sebut sebagai ikan bandeng , ketiga jenis ikan ini juga melakukan migrasi antara muara sampai ke laut lepas.

Jadi dengan mengetahui waktu ikan melakukan migrasi dan bertelur kita bisa memilih waktu terbaik untuk memancing mulai dari tempat hingga ukuran yang akan menjadi target mancing kita.

Baca juga faktor alam dan pengaruhnya saat mancing.
Semoga bermanfaat

(Di ambil dari berbagai sumber)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah