Popping di spot karang dalam

Popping di spot karang dalam

Popping salah satu teknik mancing yang mulai banyak di gandrungi para pancinger, karna fight dengan ikan giant travelly menggunakan teknik popping akan 2 kali lipat lebih dasyat di banding teknik lain, karena menggunakan piranti kelas berat, terutama joran yang di pakai rata rata panjang 2,3 meter sampai 2,5 meter kelas PE 6 sampai PE 10, yang otomatis memakai settingan drag di atas 10 kg, semakin panjang joran maka semakin berat saat adu betot dengan giant travelly.

Popping di atas karang dalam
Popping di atas karang dalam

Sayang belakangan ini cukup sulit mencari spot spot popping yang potensial, di karnakan beberapa faktor, contohnya penangkapan ikan secara ilegal menggunakan bom dll, terjadinya over fishing karna semakin maraknya dunia pemancingan, dan semakin banyak dan semakin canggih peralatan mancing yang mudah di peroleh di pasaran.

Tapi tidak perlu cemas pagi pecinta teknik popping karna popping di spot karang dalam juga bisa menjadi pilihan, dengan kedalaman antara 30 sampai 60 meter, contohnya di spot gosong pasir di Lampung Selatan.

Popping di atas karang dalam
Herman batam fight dengan giant travelly di kedalaman 60 meter
Popping di atas karang dalam
Ydi susilo adu betot dengan gt di spot karang dalam
Menentukan spot popping di atas karang dalam

Karang adalah tempat ikan ikan berkumpul mencari makan, semakin bagus kondisi karang semakin banyak pula ikan ikan kecil yang berdiam di karang tersebut, hal ini akan mengundang ikan predator seperti giant travelly, tenggiri, barracuda untuk datang dan mencari mangsa ikan ikan kecil yang mendiami karang tersebut.

Bagi ikan giant travelly sendiri karang merupakan daerah teritorialnya untuk mencari makan dan berkembang biak.

Biasanya spot karang yang banyak di huni ikan giant travelly, (bisa di liat dari hasil mancing menggunakan teknik lain seperti jebluk koncer atau jigging), bisa juga di jadi kan spot popping, karena popper yang kita mainkan akan mengundang ikan giant travelly untuk naik ke permukaan karena merasa terusik atau melihat popper yang kita mainkan seperti ikan predator sedang berebut makan.

Semakin banyak yang melempar dan memainkan popper semakin cepat pula ikan giant travelly naik ke permukaan.

Contohnya di salah satu spot di gosong pasir yang di miliki KM berdikari teluk betung, di kedalaman 40 sampai 60 meter, di saat cuaca bagus sering terlihat gerombolan ikan giant travelly yang mengejar mangsa di permukaan.

Saat itulah kita lempar popper ke tempat tempat giant travelly mengejar ikan kecil di permukaan.

Seperti trip awal desember 2015, saya dan rombongan trip di manjakan dengan strike bertubi - tubi dengan teknik popping, di saat giant travelly berada di dasar karang, saya dan rombongan trip melempar popper dan di mainkan berulang ulang hingga terlihat ikan giant trevelly naik ke permukaan menyambar popper saya dan rombongan trip.

Popping di atas karang dalam
Hasil popping di karang dalam
Popping di atas karang dalam
Ydi susilo dengan gt tangkapannya
Popping di atas karang dalam
Narsis setelah landed
Popping di atas karang dalam
Strike gt air dalam
Pengalaman ini mungkin bisa di terapkan oleh pancinger lain di spot spot yang banyak di huni ikan giant travelly, karna karakter ikan ini sangat mudah marah saat melihat ada predator lain berada di wilayah teritorialnya.

Sekian semoga artikel ini bermanfaat.
Baca juga teknik popping malam hari

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah