Ritual sebelum mancing agar tidak boncos

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos, judul yang cukup seru untuk sebuah postingan blog, mungkin di thread ini sobat pancinger   berfikir saya akan memberi sebuah tips atau semacam doa untuk memancing agar tidak boncos....
Sebenarnya bukan wkwk......yang saya maksud ritual di sini mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mancing, terutama mengenai keselamatan dan pemilihan waktu yang tepat terkait dengan cuaca dan faktor alam, sehingga saat mancing kita bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos

Apa hubungan Ritual sebelum mancing agar tidak boncos dengan persiapan mancing?? ...sama sekali tidak ada kaitannya tapi saya harap sobat pancinger tidak kecewa dan terus membaca artikel ini sampai tamat peace broooo.

Hal yang perlu kita persiapkan sebelum mancing di laut antara lain :

1. Menentukan spot (tujuan kita mancing)

Menentukan spot untuk tujuan mancing bukan berarti kita harus mencari spot sendiri (explore), karena explore adalah salah satu bagian dari teknik mancing yang paling sulit, kalau hanya sekedar mancing dan memperoleh ikan besar semua pemancing saya rasa bisa dan sangat terbuka peluang untuk itu, tapi untuk mencari spot (explore) butuh pengetahuan dan pengalaman tentang explore itu sendiri, sayangnya tidak ada buku panduan tentang explore yang di jual di toko toko buku........wkkwkwkk......

Menentukan spot atau tujuan mancing sebaiknya kita planning secara tepat, dengan mencari info kapal mancing yang recomend dan mempunyai spot dan reportase yang bagus, karena hal ini berhubungan langsung dengan masalah waktu dan budget, terutama buat yang cukup sibuk dengan aktifitas keseharian atau yang punya budget terbatas seperti saya, sehingga tidak terlalu sering merasakan kecewa karena trip yang di tunggu tunggu hasilnya tidak maksimal karena faktor dari pelayanan kapal, spot spot yang di sajikan tidak seperti yang di beritakan (hanya sekedar iklan) atau sebab sebab lainnya.

Jika sobat ingin melakukan explore ke suatu tempat yang belum di ketahui titik spotnya saya akan shering sedikit pengalaman, ketika saya melakukan explore di daerah Simelue dan Banda Aceh.

Ok langsung aja kita mulai.

Pertama Tentukan tujuan (daerah) yang akan kita explore, pelajari peta laut daerah tersebut menggunakan navionics, bluechart atau peta laut yang lain, untuk mendapat kan aplikasi navionics versi offline silahkan googling atau download disini (tidak support untuk android versi 4.4), lihat juga karang dangkal dari google earth dengan cara di zoom hingga maksimal (biasanya akan terlihat dari warna laut yang berbeda).

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos
Tampilan google earth

Dari peta yang di peroleh dari navionics, akan terlihat beberapa karang dan drop off dan tingkat kedalamannya yang tertulis dengan angka, kemudian tandai beberapa karang yang sobat tuju usahakan bisa mendapat 5 sampai 10 titik spot yang tidak terlalu berjauhan, karena bisa jadi karang yang ada di navionic ternyata hoak.

Persiapkan fish finder dan sistem navigator (gps) sebagai panduan kita selama di laut.

Kemudian copy koordinat yang ada di navionic ke gps, agar lebih mudah jika sobat kesulitan mengcopy titik koordinatnya bisa memakai gps yang ada di navionics, kelemahannya tingkat keakuratanya bisa meleset beberapa puluh meter.

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos
Tampilan navionics
Setelah sampai di titik koordinat yang kita tuju nyalakan fish finder untuk mencari karang tersebut dengan cara mengelilingi area tersebut , jika benar ada dan bisa di temukan silahkan tes spot dengan cara drifting baik menggunakan teknik jigging atau dasaran dengan cara di gantung beberapa meter dari dasar biar tidak tersangkut.

Jika terjadi strike secepatnya lock tandai titik tersebut yang akan kita jadikan titik spot, setelah itu silahkan jika mau berjangkar atau kembali melakukan drifting.
note: nyalakan gps track untuk merekam jalur selama kita drifting, selain itu perlu diingat saat kita strike usahakan melihat jam kalo perlu catat, karena jam saat strike nanti bisa kita cocokan dengan gps track yang kita rekam (untuk mengetahui posisi saat strike), untuk nantinya bisa kita pelajari lagi agar selanjutnya bisa lebih optimal.

Begitulah cara explore ala mediapancing wkkwkk......

2. Menentukan waktu yang baik untuk mancing

Waktu terbaik mancing di laut di pengaruhi oleh banyak faktor antara lain: arus, arah angin, temperatur air dan terang atau gelap bulan, untuk melihat prediksi arus bisa dilihat dari kalender mancing yang menyertakan prediksi arus berdasarkan peredaran bulan,untuk kalender mancing bisa anda download di website mancingmania.com.

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos
Kalender mancingmania

Bisa juga melalui aplikasi dari google play store di android seperti solunar table (untuk melihat posisi bulan) biasanya saat bulan penuh( purnama ) cenderung arus kuat dan arus mati saat gelap, jika tidak ingin repot silahkan cek dan download di spotmancing.com.

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos
Tabel waktu mancing terbaik dari spotmancing.com

Untuk melihat prediksi aktifitas ikan (jam makan ikan) bisa kita lihat di www.pasanglaut.com berdasarkan waktu terbit dan tenggelamnya bulan.

Arah angin dan kecepatan angin juga menjadi salah satu faktor yang harus di perhitungkan saat mancing karena biasanya arah angin mempengaruhi kondisi kejernihan dan temperatur air laut dan berpotensi menimbulkan gelombang (baca faktor alam dan pengaruhnya saat mancing di laut), selain itu arah angin yang tidak sejajar dengan arus juga akan susah menempatkan kapal tepat di atas spot saat berjangkar. 
Untuk melihat arah angin bisa cek di bmkg, www.passageweather.com atau dari aplikasi android meteoearth.

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos
Tampilan meteoearth

3. Selalu update cuaca dan tinggi gelombang.

Untuk keselamatan dan kenyamanan saat kita mancing update cuaca hukumnya mutlak jangan sampai kita pengen enjoy dan bisa refresing malah menyiksa diri bahkan sampai tidak bisa mancing karena mabuk laut, berikut beberapa web dan aplikasi yang bisa kita buat perbandingan untuk memprediksi cuaca antara lain

- BMKG

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos


- windguru

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos

- passagewather

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos

untuk update cuaca dari aplikasi google store

- bouywather
Ritual sebelum mancing agar tidak boncos

- marineforcast

Ritual sebelum mancing agar tidak boncos

Dan ada beberapa website dan aplikasi yang menyediakan fitur untuk melihat tinggi gelombang, arah dan kecepatan angin dan temperatur air laut
catatan : untuk melihat prediksi cuaca di sarankan melakukan perbandingan dari beberapa website dan aplikasi, bisa kita ambil nilai rata rata jika ada salah satu website atau aplikasi menunjukan prediksi kurang bagus untuk berlayar sebaiknya di jadikan sebagai acuan untuk kita lebih waspada, jika ternyata dari prediksi arus, agresifitas ikan dan prediksi cuaca jauh meleset, itu adalah hal yang wajar karena semua masih product manusia dan yang namanya prediksi belum tentu pasti tapi intinya kita sudah berusaha sebaik mungkin.

4. Memilih kapal mancing

Kapal mancing merupakan salah satu sarana kita untuk mancing di laut, standaritas keselamatan mutlak harus di utamakan, ketersediaan life craft dan alat komunikasi untuk kapal mancing besar, adanya life jacket (jika kita persiapkan sendiri akan lebih baik) ketersediaan peralatan pendukung antara lain jangkar dengan tali yang panjang, gps, fishfinder dll, membangun komunikasi intens dengan kapten dan kru kapal secara baik, agar suasana selama di kapal tetap kondusif, saat situasi cuaca kurang kondusif jangan sekali kali memaksa kapten untuk menuju spot yang sekiranya berbahaya, karena kapten kapal sudah terbiasa di laut dengan mental yang sudah sangat siap di banding kita.

Dan yang terakhir belajar dan terus belajar mengenai karakteristik ikan yang menjadi target mempersiapkan tackle dan peralatan lain seperti umpan yang sudah terbukti ampuh dari report sobat mancing lain, dan tidak malu bertanya mengenai teknik mancing dari para senior mancing di indonesia.

Mungkin itulah ritual menurut cara saya yang selama ini saya selalu terapkan dan alhamdulillah masih di beri rejeki dengan memperoleh hasil yang menurut saya cukup lumayan.

Baca juga mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu yang baik untuk mancing
Semoga bermanfaat


Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro