Trik mancing tenggiri babon di SMR

Trik mancing tenggiri babon di SMR

SMR (sea mount reef) gunung karang di tengah laut, salah satu gunung karang di indonesia terletak di Lampung selatan yang biasa di sebut SMR Lampung.

Di seputar SMR Lampung banyak terdapat spot spot yang berbeda beda jenis ikannya tergantung kontur dan kedalaman karang.

Salah satu spot yang berada di sekitaran SMR Lampung yaitu Gosong Pasir,letaknya kurang lebih 2 jam perjalanan dari SMR Lampung.

Di spot Gosong Pasir sendiri terdapat banyak jenis ikan mulai dari giant travelly, lemadang, Tenggiri, marlin, layaran, doogtooth(tuna gigi anjing) kakap merah, kerapu jumbo,wakung dan lain lain.

Di artikel ini saya akan mengulas Trik mancing tenggiri babon di SMR, karna tenggiri salah satu jenis ikan paling banyak yang menghuni spot spot di Gosong Pasir dan SMR, dan ukurannya pun rata mencapai puluhan kilo.

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Hasil mancing tenggiri di SMR

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan palagis yang suka berpindah tempat (tidak menetap) tergantung musim dan mengikuti ikan ikan kecil yang menjadi mangsanya.

Cara memancingnya pun bisa dengan berbagai macam teknik mulai dasar, koncer, trolling,  jig cast, jigging bahkan sering juga menyambar popper ( memancing dengan teknik popping).

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Tenggiri hasil jigging di SMR
Sedangkan kebiasaan ikan tenggiri memangsa ikan ikan kecil seperti kembung, tembang, tongkol, bahkan ikan ikan yang berukuran sedang.

Mancing tenggiri di SMR paling efektif menggunakan teknik koncer selain menggunakan teknik lain, apalagi memakai umpan live bait (umpan hidup) biasanya menggunakan tonggkol kecil, ikan salem, atau ikan kuwe berukuran 5 sampai 7 jari, karna umpan ini juga menjadi makanan alami ikan tenggiri di habitatnya.

Peralatan memancing tenggiri babon

-Joran usahakan memakai ukuran PE 4-6 atau lebih

-Reel ukuran 6000/8000 up

-Line PE 5 atau 6

-Seling/Neklin ukuran 7x7 100/150 lbs

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Contoh rangkaian neklin 125 lbs dengan 2 mata kail

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Contoh rankaian neklin dengan 3 mata kail

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Contoh rangkaian neklin dengan 4 mata kail


-Hook ukuran 0/8 atau 0/9

Usahakan untuk set tackle semua sesuai mulai dari joran, reel, line.

Untuk pemakaian ranggung/grandong gunakan neklin kawat ukuran  0.7 mm /0.8 mm atau yang biasa di pakai untuk kawat popper.

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Rangkaian grandong dari kawat neklin 0.8 mm

-Ranggung pengganti simpul T (kawat neklin yang berisi tiga swivel, di tengah untuk pemberat, pangkal dan ujung untuk di sambung ke leader dan senar utama) berfungsi untuk mengganti simpul T pada senar utama untuk meminimalis line break atau putus karna sambungan T sangat besar mengurangi kekuatan line atau senar.

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Ranggung dengan 3 swivel


Untuk pemakaian kail bisa menggunakan 2,3 bahkan 4 rangkaian kail tergantung panjang umpan yang di pakai.

Cara memasang umpan ke rangakaian neklin untuk umpan tongkol mati atau layur

Kail di masukan kemulut ikan tongkol lalu keluarkan melalui insang, hingga tersisa satu kail yang paling belakang untuk di sangkutkan di mulut ikan tongkol, kemudian kail yang lain tancapkan di badan ikan tongkol usahakan tidak terlihat.



Untuk umpan layur mata kail tidak perlu di masukan ke mulut langsung di tancapkan ke badan ikan gunakan 3 atau 4 kail hingga memenuhi minimal 3/4 panjang layur.

Pemasangan kail koncer untuk ikan tongkol, salem, kuwe hidup tancapkan kail paling belakang rangkaian pada punggung belakang kepala ikan, usahakan jangan mengenai sirip supaya ikan tidak cepat mati, untuk umpan hidup bisa memakai 2 atau tiga kail tergantung panjang ikan, jika menggunakan 2 mata kail cukup satu yang di tancapkan di punggung ikan dan yang lain biarkan menggantung (bergerak bebas), jika menggunakan 3 mata kail tancapkan 2 kail ke badan ikan dan biarkan yang paling ujung menggantung, rangkaian ini untuk umpan yang berukuran panjang.

Untuk umpan hidup yang paling ampuh yaitu baby gt atau anak ikan kuwe berukuran 5 sampai 7 jari karna ikan ini sangat mengkilap di dalam air dan paling di sukai ikan tenggiri besar.

Cara memancing ikan tenggiri babon

Cara mancing tenggiri harus memperhatikan posisi arus, jika arus sejajar dengan angin, lurus kebelakang kapal umpan cukup di hanyutkan atau di lempar kebelakang kapal kira kira 20 sampai 30 meter di belakang kapal, jika lama tenggiri tidak menyambar umpan, cobalah gunakan pemberat kecil kira kira posisi umpan setengah air, atau bisa mencoba sampai dasar karna tenggiri besar kadang kala mencari makan hingga kedasar laut.

Trik mancing tenggiri babon di SMR
Hasil mancing tenggiri di SMR
Jika arus mati atau tidak sejajar dengan kapal bahkan arus bawah ke depan kapal gunakan botol air mineral sebagai pelampung sehingga umpan tidak lari ke depan kapal.

Setting drag untuk mancing tenggiri babon

Tenggiri babon diatas 12 kg memiliki tenaga sangat kuat dengan kecepatan berenang yang cepat, bahkan jika setting drag terlalu kuat senar ukuran PE 8 bisa meleduk bahkan joran bisa patah saat ikan tenggiri melakukan manuver secara mendadak, jadi setting drag kira kira 30 persen dari kekuatan line sehingga saat tenggiri melakukan manuver resiko putus sangat kecil, kelemahan tenggiri sendiri tidak mampu bertarung dalam tempo waktu yang lama.

Semoga bermanfaat.



Comments

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing