Warna silver dan GID pada metal jig

Warna silver dan GID pada metal jig

Metal jig adalah salah satu umpan tiruan yang terbuat dari bahan timah di bentuk menyerupai ikan atau cumi dengan beragam warna dan motif mulai dari merah, kuning, ungu, bahkan di tambahkan warna silver dan GID pada metal jig.

Warna silver dan GID pada metal jig

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai warna dan pengaruhnya terhadap kedalaman dan jenis ikan target, hanya dari beberapa teori dari hasil penelitian yang berhasil medeteksi warna dari berbagai tingkat kedalaman.

Untuk pengaruh warna sendiri terhadap target ikan 100 persen belum bisa di pastikan, ya karna kita tidak bisa bertanya langsung ke pada ikan yang bersangkutan wkwkwk...

Ada sebagian yang beranggapan ikan buta warna, ada juga yang beranggapan ikan menerima rangsangan cahaya dari sinar yang di pantulkan oleh metal jig ke mata ikan, akan tetapi untuk jenis ikan seperti yellow fin tuna memiliki indra pengelihatan sangat tajam sehingga saat popping yellow fin pun harus di usahakan sedikit sekali line PE yang menyentuh air.

Teori warna menurut tingkat kedalaman

Tingkatan warna dapat di ukur dari kemampuan warna tersebut mampu memantulkan cahaya matahari secara maksimal, adapun tingkatan warna menurut kedalaman air sebagai berikut:

Warna MERAH untuk kedalaman maksimal - 30 Feet

Warna ORANGE untuk kedalaman maksimal - 45 Feet

Warna KUNING untuk kedalaman maksimal - 60 Feet

Warna HIJAU untuk kedalaman maksimal - 80 Feet

Warna BIRU untuk kedalaman maksimal - 100 Feet

Warna UNGU untuk kedalaman maksimal - 120 Feet

Warna Chrome atau Silver untuk kedalama  maksimal 120 Feet lebih

Warna GID atau Fosfor untuk kedalam 120 feet lebih terutama pada malam hari atau di dasar air dalam yang gelap, (sinar matahari tidak mampu menembus).

Warna silver dan GID pada metal jig
Metal jig full fospor untuk mancing di malam hari

Bagi yang mengikuti teori ini silahkan tentukan warna metal jig menurut tingkat kedalaman air, karena jigging sendiri efektif di lakukan pada kedalaman 50 meter lebih.

Jenis ikan yang menjadi target menurut kedalaman

Jenis ikan target di kedalaman 90 sampai 200 meter  antara lain dogtooth, Ruby Snapper, oil fish atau biasa di kenal dengan nama gindara atau escolar.

Jenis ikan target di kedalaman 60 sampai 90 meter biasanya jenis amberjack dan dogtooth tuna,

Jenis ikan target di kedalaman 0 sampai 60 meter antara lain : tenggiri, dogtooth tuna, marlin, lemadang, giant travelly barracuda dan banyak lagi.

Untuk jenis warna silver/chrom pada metal jig di aplikasikan dari beberapa jenis ikan yang memiliki sisik mengkilap seperti bandeng, tembang dll, jenis ikan target yang sering menyambar warna ini antara lain tenggiri dogtooth tuna, baracuda dll.

Sedangkan warna fospor atau GID di aplikasikan dari jenis cumi yang memiliki fospor di kepalanya jenis ikan target yang sering menyambar warna ini antara lain : Mata bongsang, ruby snapper, gindara/ escolar untuk ikan atas biasanya big eyes travelly ( kuwe mata belok)

Warna silver dan GID pada metal jig
Metal jig full fospor untuk memancing oil fish

Pemilihan metal jig dengan warna silver dan GID

Untuk pemilihan warna metal jig silver atau fospor usahakan jangan terlalu mengkilat untuk silver dan jangan terlalu terang untuk jenis fospor/GID, biasanya warna silver yang terlalu mengkilap atau warna fospor yang terlalu terang malah akan membuat takut ikan, karna logikanya mengkilap sisik ikan tidak se terang warna silver hologram atau chrom, dan nyala pospor cumi juga hanya segaris di kepalanya,

Menurut pengalaman saya pribadi untuk warna silver yang terlalu mengkilap hanya jenis ikan barracuda yang menyambar, sedangkan frekuensi strike metal jig yang memakai fospor rata di sambar ikan saat mulai redup.

Jadi sebaiknya warna silver pada hologram di lapisin cat transparat dengan warna candy ( biru transparat hijau transparant dll) atau bisa juga memberi warna hologram pada metal jig tidak terlalu banyak.

Sedangkan untuk metal jig ber posfor atau full fospor cari yang tidak terlalu terang tapi tahan lama atau pilih metaljig yang hanya sebagian memakai fospor misalnya di perut atau motif zebra.
kecuali untuk memancing ikan air dalam (diatas 100 m pemakaian jig yang terang terang lebih di anjurkan karena dari proses mengulur jig sampai dasar sudah memakan waktu sehingga nyala jig juga mulai pudar, contoh nya untuk mancing Escolar (baca mengenal escolar dan cara mancingnya)

Selain dari pemilihan warna metal jig, kondisi arus dan kejernihan air juga sangat mempengaruhi umpan metal jig yang kita mainkan saat kondisi air keruh gunakan metal jig yang memiliki warna terang jika kondisi air terlalu jernih pilih metal jig yang berwarna tua (agak gelap).

Sekian artikel mengenai warna silver dan GID pada metal jig semoga bermanfaat.

Baca juga teknik jigging dan drifting saat arus deras

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing