Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Mancing adalah salah satu hobby yang bisa di bilang cukup mahal, mulai dari mengoleksi tackle hingga accesoriesnya, salah satu nya untuk teknik popping.

Belum lagi budget yang di keluarkan untuk setiap tripnya, apalagi sudah sangat fanatik dengan salah satu teknik mancing seperti teknik mancing popping, atau jika ingin memburu ikan ikan besar, karena memang sudah sangat susah mencari ikan ikan besar di spot spot yang dekat dengan biaya murah.

Lalu bagaimana dengan pemancing yang memiliki budget terbatas seperti saya?


Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman memilih joran popping murah sesuai budged, yang bisa di jadikan alternatif, sehingga kita bisa terus menyalurkan hobby mancing tanpa harus menyabet uang dapur, yang pastinya akan menjadi pesoalan tersendiri dalam rumah tangga.

Memang benar memilih joran selain kuat juga kenyamanan harus di perhatikan, nah kalau kita sudah membahas masalah kenyamanan, otomatis harus siap siap merogoh gocek yang pasti sangat lumayan untuk kantong kita, karena sudah menyangkut masalah berat ringan joran, yang mengacu pada kuat dan lifting power yang akan berhubungan langsung dengan stamaina kita.

Contohnya joran yang ringan dengan lifting power yang bagus tidak akan cepat menguras tenaga kita,  saat harus popping seharian tanpa ada sambaran, atau saat fight dengan ikan bisa lebih cepat untuk bisa mengalahkan perlawanan ikan.

Bagi saya joran yang penting di sesuaikan dengan kemampuan kita sendiri, tanpa harus minder saat trip dengan pemancing lain bahkan tidak percaya diri.

Mengenai pemilihan joran hanya ada 2 pilihan yaitu kita memilih joran sesuai karakter kita, atau kita yang harus menyesuaikan karakter kita dengan karakter joran, karena hal ini otomatis berhubungan dengan kemampuan budget kita,

Bagi yang bingung memilih joran popping karena faktor budget di bawah ini ada beberapa tipe joran popping yang pernah saya pakai untuk popping dan fight dengan ikan Giant Travelly berbagai ukuran, dan ikan berhasil landad tanpa ada masalah.


Joran pioneer Amberjack


Sebenernya dari namanya joran ini tidak sesuai untuk tipe joran popping, tapi di lihat dari speck nya joran ini memang joran untuk popping,

Panjang 8'3' joran pioneer amberjack di jual antara 600 rb sampai 700 ribuan, joran ini cukup berat selain itu ring guidenya dan reel seat nya juga belum fuji jadi kalau tidak melakukan perawatan extra akan mudah karat, selain itu ring guide paling ujung juga berukuran kecil, jika kita memakai PE agak besar simpul/knot pada sambungan PE ke leader akan menggesek cicin (keramik) ring guide hal ini akan tidak bagus untuk lemparan kita.

Memilih joran popping
Pioneer Amberjack (gambar dari google)

Tips : jika memakai joran product pioneer pemakaian simpul FG knot sangat di recomendasikan

Maguro Giant Travelly


Joran ini keluaran maguro untuk tipe joran popping paling murah di kelasnya, blank joran ini sudah lumayan bagus dilihat dari harganya, ring guide belum fuji jadi untuk perawatannya harus extra agar tidak mudah karat, selain itu ujung ring guidenya berukuran besar, jadi tidak akan mengganggu keluarnya PE saat kita lempar. Sayang joran ini mulai susah di pasaran karena pihak produsen nya yaitu maguro tidak mengeluarkan lagi joran dengan tipe ini
Memilih joran popping
Hasil popping dengan joran maguro giant travelly

Pioneer dogtooth


Tipe DTS- 8'3" panjang 2.50 m, 50 - 80 lb, 22.7 - 36.4 Kg Kapasitas PE 5 - 8 , CW : 250 - 400 gr, material grafit dengan EVA handle grip, fuji reel seat ring guide fuji alconite.
Kelemahanya joran ini lumayan berat hampir sama dengan pioneer amberjack dengan ring guide paling ujung berukuran kecil, jadi kurang mulus saat kita melakukan lemparan dengan menggunakan PE besar

Memilih joran popping
Pioneer dogtooth

Joran ini di jual dengan harga sekitar 1.3 - 1.4 jt
Memilih joran popping
Hasil popping dengan joran pioneer dogtooth


Pionner GT TERROR


Joran ini dari namanya juga sudah sangar,
Untuk memburu GT,

Tipe GTS - 8'3" panjang 2.5 m / 50 - 80 lb / 22.7 - 36.4 kg / kapasitas PE 5 - 8  CW : 250 - 400 gr

Dengan blank yang cukup tebal berbahan grafit, sehingga cukup kuat saat bertarung dengan GT besar, ring guide fuji alconite edangan EVA handle grip, fuji reel seat,
Kelemahanya joran ini lumayan berat hampir sama dengan pioneer amberjack dengan ring guide paling ujung berukuran kecil, jadi kurang mulus saat kita melakukan lemparan dengan menggunakan PE besar.


Joran ini di jual dengan harga sekitar 1.2 - 1.4 jt.
Video popping malam dengan joran pioneer GT Terror


Maguro GT revo


Joran ini memiliki kenangan paling indah buat saya, karena pernah 2 kali saya terseret GT dan tercebur ke laut, hingga harus merelakan teckle set saya di bawa GT, karena kesalahan saat setting drag hanya saya ukur dari kemampuan joran tanpa melihat kemampuan saya sebenernya, karena memakai PE 10 leader varivas 170 lbs dan menggunakan Reel saragosa.

Joran Maguro GT revo panjang 250 m
Ring Guide Fuji, dengan action dan lifting power lumayan bagus di sesuaikan dengan harganya, ring guide paling ujung cukup besar sehingga PE bisa melesat mulus saat popper kita lempar.

Maguro GT REVO panjang 2.5 meter dengan line class PE 6 dan PE 8, terbuat dari material carbon dengan ring guide fuji alconite dan fuji reel seat,

Memilih joran popping
Maguro GT REVO

Joran ini di desain dengan tampilan yang menawan dengan blank yang mengkombinasikan 4 karakter : Power, castability, durability, dan user

Maguro GT REVO di jual dengan harga antara 1.4 - 1.5 jt.

Memilih joran popping
Popping dengan joran maguro gt revo


Maguro Adrenalin


Maguro adrenalin adalah generasi terbaru dari varian joran popping maguro, saya sendiri baru dua kali mencoba joran ini ketika popping di penjaliran dan popping di rig pulau tunda,

Panjang 2.3 m, dengan material carbon extra heavy, PE 6 - 8 dengan max lure 200 gr.

Meskipun joran ini agak pendek dengan selisih 20 cm dari saudara kandungnnya tapi daya kejut yang di hasilkan oleh action blank joran ini mampu melontarkan popper melayang cukup jauh, kelebihan dari joran ini saat fight dengan GT akan terasa lebih ringan di banding memakai joran dengan ukuran lebih panjang.
Memilih joran popping
Maguro adrenalin

Joran ini di jual dengan harga sekitaran 1.5 jt sampai 1.6 jt.

Memilih joran popping
Popping dengan joran maguro adrenalin

Maguro thunus xt


Ini salah satu joran andalan saya untuk popping di segala medan, panjang 2.50 m, dengan material carbon dengan action extra hard, dengan  fuji SIC guide dan fuji reel seat.
Memilih joran popping
Maguro thunus Xt

Cukup enak untuk menghasilkan lemparan cukup jauh dan lifting powernya cukup bagus untuk cepet mengalahkan ikan.

Joran ini sudah 3 kali mengalami penyempurnaan, maguro thunus XT di jual dengan harga antara 2.7 jt hingga 2.9

Memilih joran popping
Popping dengan rod maguro thunus xt


Maguro napoleon


Maguro napoleon adalah salah satu the best maguro untuk joran popping nya, panjang 2.36 m, PE 8 - 10 dengan lure max 250 gr, material carbon dengan action extra heavy.

Kelebihan joran ini bisa cepat untuk mengalahkan ikan

Memilih joran popping
Maguro napoleon


Harga joran Napoleon antara 3 jt sampai 3.1 jt.

Memilih joran popping
Maguro napoleon 2

Itulah tipe tipe joran yang pernah saya gunakan selama popping, tapi semua tetap kembali ke pribadi kita masing masing, memilih joran harus di sesuaikan dengan kemampuan budget kita masing masing, karena jika budget bagi anda bukan menjadi masalah lagi maka artikel saya tidak akan berguna bagi anda, karena saya akan menyarankan memilih joran yang sesuai karakter dan kenyamanan anda, anda bisa menentukan pilihan dari salah satu merk joran popping yang antara lain : carpenter, reple, yamaga, smith, atau gipang, karena merek merek itulah yang mampu menawarakan kenyamanan yang lebih.

salam happy fishing.

Comments

  1. mantap mas reviewnyaa,sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mz Amin

      Mau tanya, saya rencana mau coba rod popping thunus XT, ni masih cari. hehehe

      kira-kira reel yang cocok dan harganya agak lumayan miring apa yah mz, saya sudah baca yang reel badak buat popping, tp sekarang agak sudah nyarinya.
      mohon sarannya.

      Delete
    2. Mas Amin

      salam kenal, saya newbie dibidang pancing dilaut, karena biasa diair tawar.
      mohon informasinya dan sarannya, saya mau coba popping dan skrng mash cari rod thunus rencanannya.
      nah, yang saya bingungkan terkait dengan reel,saya sudah baca tentang reel badak untuk popping, tp sekrang agak susah mencari beberapa reel tersebut.
      apakah ada reel yang cocok untuk popping dengan harga yang lumayan agak miring mas.
      kemarin liat reel penn8000, tp masih review dulu.

      mohon sarannya.

      Delete
    3. Saran saya kalau budgetnya mencukupi pilih shimano saragosa 18k mas reel sejuta umat harga kisaran 2.250 - 2.5 jt untuk kualitas sudah teruji
      Nih specnya :

      Menggunakan PE (# Test/Yards):

      50/655, 65/440, 80/345

      Max Drag :

      44 Lbs ( 20Kg)

      Bearings :

      6 + 1

      Gear Ratio :

      4.9:1

      Berat :

      839 Gram

      Bisa dipakai untuk popping atau jigging

      Kalau dananya belum mencukupi bisa cari pilihan lainnya termasuk penn conquer kuat smooth atau maguro tornamet sedikit kasar tapi badak

      Delete
    4. Saran saya kalau budgetnya mencukupi pilih shimano saragosa 18k mas reel sejuta umat harga kisaran 2.250 - 2.5 jt untuk kualitas sudah teruji
      Nih specnya :

      Menggunakan PE (# Test/Yards):

      50/655, 65/440, 80/345

      Max Drag :

      44 Lbs ( 20Kg)

      Bearings :

      6 + 1

      Gear Ratio :

      4.9:1

      Berat :

      839 Gram

      Bisa dipakai untuk popping atau jigging

      Kalau dananya belum mencukupi bisa cari pilihan lainnya termasuk penn conquer kuat smooth atau maguro tornamet sedikit kasar tapi badak

      Delete
  2. pagi mas , tanya dong saya pake reel shimano biomaster 8000 hg , mau coba belajar popping dengan 50 - 120 gr enaknya pake joran apa dan PE brp ya ? kalau Pioneer amberjack itu harga 600 - 700 beli di mana ya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk popper di bawah 100gr sebaiknya pakai pe 6 untuk popper diatas 100gr sebaiknya pakai PE 8

      Delete
  3. Menurut pendapat saya alangkah baiknya uangnya ditabung dan nyari tambahan sukur sukur bisa kebeli maguro gt revo yang menurut saya sudah ok banget, tapi kalo tetap mau cari rod pioner amberjack bisa coba hubungi sakana pancing jakarta barat
    Telp 085252388533 (bundy)

    ReplyDelete
  4. Menurut pendapat saya alangkah baiknya uangnya ditabung dan nyari tambahan sukur sukur bisa kebeli maguro gt revo yang menurut saya sudah ok banget, tapi kalo tetap mau cari rod pioner amberjack bisa coba hubungi sakana pancing jakarta barat
    Telp 085252388533 (bundy)

    ReplyDelete
  5. Om mau nanya, ane udah punya saragosa sw8000 dan pe 4. Sekarang lg bingung cr rod nya. Rencana buat popping di selatan jawa. Minta sarannya ye om...maturnuwun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai maguro treasher aja mas pe 4

      https://youtu.be/bfPzkt-Zn8Q

      Delete
  6. sy pny biomaster sw8000,rencana mau sy pakai poping di rig om.
    msh rencana mau cr joran utk poping cm msh bingung antara maguro treaser ato maguro revo?
    utk pe enaknya ukuran brp?
    dan leader nya brp lb?
    mhn mskan om amin.
    tks

    ReplyDelete
  7. sy pny biomaster sw 8000,rencana mau sy pakai popping di rig.
    utk rodnya msh bingung neh om antara maguro treasher ato maguro revo?
    utk pe nya sendiri pakai ukuran brp?
    dan leader brp lb?
    mhn msukannya om amin,tks

    ReplyDelete
  8. sy pny biomaster sw 8000,rencana mau sy pakai popping di rig.
    utk rodnya msh bingung neh om antara maguro treasher ato maguro revo?
    utk pe nya sendiri pakai ukuran brp?
    dan leader brp lb?
    mhn msukannya om amin,tks

    ReplyDelete
  9. sy pny biomaster sw8000,rencana mau sy pakai poping di rig om.
    msh rencana mau cr joran utk poping cm msh bingung antara maguro treaser ato maguro revo?
    utk pe enaknya ukuran brp?
    dan leader nya brp lb?
    mhn mskan om amin.
    tks

    ReplyDelete
  10. Kalau hanya untuk popping sebaiknya pakai pe 6 mas susui sama kemampuan drag reelnya leader bisa pakai mono 100 sampai 130 lb daya redamnya lebih maksimal dibanding fluro untuk joran bisa pakai maguro adrenalin pe 6 atau gt revo pe 8

    ReplyDelete
  11. Kalau hanya untuk popping sebaiknya pakai pe 6 mas susui sama kemampuan drag reelnya leader bisa pakai mono 100 sampai 130 lb daya redamnya lebih maksimal dibanding fluro untuk joran bisa pakai maguro adrenalin pe 6 atau gt revo pe 8

    ReplyDelete

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing