Umpan Bawal dan cara mancingnya

Umpan Bawal dan cara mancingnya

Cara mancing ikan bawal
Mancing ikan bawal

Ikan bawal terbagi 2 macam yang antara lain bawal laut, dan bawal air tawar , bawal air tawar berbetuk pipih lebar dan bersisik tebal, selain itu ikan bawal juga memiliki gigi yang tajam yang mampu memutuskan senar pancing , ikan bawal sangat di minati di dunia kuliner, karena rasanya yang enak.

Lalu bagaimana ikan bawal sendiri bagi pemancing ?

Cara mancing ikan bawal
Mancing bawal dengan teknik popping

Banyak pemancing yang menjadikan ikan ini sebagai ikan target, karena tarikannya yang hebat pada saat fight, dan sensasinya juga sangat luar biasa apalagi memakai piranti yang ringan, tentunya hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya kolam kolam pemancingan bawal baik harian atau galatama di berbagai daerah.

Di artikel kali ini saya akan membagikan umpan bawal dan cara mancingnya semoga bermanfaat bagi sobat angler yang ingin merasakan sensasi memancing ikan bawal.

Umpan bawal dari kacang mede


Umpan pelet mede banyak di jual di toko toko pancing dan banyak sekali merknya, berikut bahan dan cara membuatnya

Bahan :

- kacang mede
- Tepung beras
- Minyak wijen
- Penguat aroma biang susu atau vanila jerman lebih bagus

Cara membuatnya :

Kacang mede di giling sampai halus lalu tambahkan tepung beras dan minyak wijen, aduk hingga merata, terkhir tambahkan penguat aroma aduk kembali hingga rata umpan siap di gunakan.

 Pelet kacang tanah 


Bahan :

- kacang tanah
- Tepung Roti
- Gula merah
- Essen ( Tenggiri, choya dll)
- Kuku bima rasa anggur

Cara membuatnya :
Kacang tanah di giling hingga halus lalu tambahkan tepung roti dan gula merah, aduk sampai rata lalu tambahkan essen dan dan kukubima anggur secukupnya umpan siap di gunakan

Umpan Tahu


Bahan :

- Tahu
- Essen amis dan essen leci

Cara membuatnya :

Potong tahu kotak kotak seperti dadu, lalu keringkan diatas koran bekas atau kain lap dan di anginkan, setelah kering bisa langsung di pakai atau tambah sedikit essen leci dan essen amis, bisa juga tahu yang sudah kering di rendam santan kelapa.

Umpan Sutel


Bahan :

- Susu dancow sachet 4 bungkus
- Telur ayam/bebek 1 butir

Cara membuatnya :

Susu dancow di jadikan satu dalam wadah plastik, kemudian campurkan telur dan aduk hingga rata umpan siap di gunakan.

Umpan Hati ayam

- Bahan hati ayam yang masih segar
- Royco kaldu

Cara membuat nya :
Hati ayam di potong kotak kotak seperti dadu sama seperti umpan lele lalu aduk dengan royco kaldu, umpan siap di gunakan


Umpan dari bahan ikan mas


Cara membuatnya cukup daging ikan mas di filed lalu diamkan 1 hari kemudian potong sesuai selera, umpan bisa langsung di gunakan.

Umpan dari ikan Mujaer


Untuk umpan mujaer bisa memakai anakan mujair hidup di koncer atau mujaer yang sudah di jemur sebentar biar dagingnya empuk biasanya buat cari indukan

Umpan kepala ayam


Cara membuatnya :

kepala ayam bisa beli di tukang pecel lele atau kita ungkep sendiri, leher di potong potong, kepalanya di belah dua, bisa langsung di gunakan

Umpan daging ayam suir


Cara membuatnya :
Biasanya memakai ayam tiren terus di bakar di suir suir dagingnya, dan siap di gunakan.

Umpan ongol ongol


ongol2( umpan aci) nah ini yang banyak macemnya, biasa pakai essen oplosan yang banyak di jual di toko pancing atau bisa juga racik sendiri sesuai selera, biasanya penggunaan ongol ongol disertai dengan pelet bom. ( pelet untuk ngebom agar ikan berkumpul)

Nah ini rahasianya, mancingnya dengan cara popping ( istilah kolam gt), rahasianya cuma penggunaan pelet bom semakin banyak dan rajin lempar umpan makin cepat ikan ngumpul semakin sering kita strike, biasanya ikan indukan juga akan ikut berkumpul juga,

Saat memakai pelet bebarengan dengan saat mau melempar umpan tapi jangan banyak banyak cukup di pencet aja, Semakin sering kita lempar semakin joss.

Umpan singkong


Untuk umpan singkong cukup memakai singkong yang sudah di rebus atau di goreng, potong kecil kecil dan langsung bisa di gunakan.

Cara memancing bawal


Bawal sangat peka dan sangat sensitif dengan senar pancing, oleh karena itu pemakaian senar yang kecil tapi cukup kuat sangat di perluakan, sehingga tidak putus saat strike indukan bawal, selain itu gigi bawal cukup tajam, mampu memutuskan tali/senar pancing kita, oleh karena itu untuk rangkaian mancing bawal harus di tambah PE atau neklin kira kira panjang 4 cm untuk menghindari putus terkena gigi bawal, selain itu pemakaian PE atau neklin yang hanya di rangkaian agar senar kita tidak terlalu terlihat oleh bawal.
Cara mancing ikan bawal
Mancing bawal dengan umpan singkong rebus

Rangkaian untuk mancing bawal hanya menggunakan satu mata kail tanpa ruit, tanpa timah, cuma mata kail pakai PE atau nikelin panjangnya 1 cm sampai 5 cm.tergantung mata kail yg kita pakai ( ukurannya biasa pakai ygRangkaian mata kail gt bawal. Satu mata kail tanpa ruit, tanpa timah, cuma mata kail pakai nikelin panjangnya 1 cm sampai 5 cm, tergantung mata kail yang kita pakai ( ukurannya biasa pakai yang chinu) , cara mancingnya ada yang dasaran bisa juga dengan casting kalau bahasa empangnya di kenal dengan popping.

Teknik popping (kolam) yaitu dengan cara melempar umpan sedikit di banting sehingga menimbulkan bunyi atau riak di permukaan air kolam.

Cara mancing ikan bawal
Strike bawal indukan

Tempat tempat yang menjadi persembunyian ikan bawal bisa kita amati dari pergerakan air kolam, yang seperti pusaran tapi sangat halus bisanya, ikan bawal ada di tempat tersebut, atau di permukaan air yang terlihat seperti minyak  biasanya ikan bawal juga sering bermain di tempat itu, ikan bawal hidup berkelompok dan dan merupakan pemakan segala, jadi kesempatan kita untuk bisa strike ikan bawal cukup tinggi, saat kita mancing di kolam kolam harian ataupun galatama.

Baca artikel lainya di Media Pancing

Kontributor :

Mbob Mahbub pemancing asal cileduk, yang  sudah cukup lama menekuni mancing baik fresh water ataupun salt water 



Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing