MANCING POPPING DI SPOT BAGAN RUBUH

Mancing popping di spot bagan rubuh


Spot popping bagan rubuh
Siapa yang berani coba spot Lampung Timur

Mancing dengan teknik popping ternyata tidak hanya bisa di lakukan di karang karang dangkal atau popping di spot karang dalam, pinggiran tebing ataupun di pengeboran minyak dan pelampung untuk mengikat kapal bekas, berikut ini salah satu spot yang menurut saya cukup unik dan mudah sekali di lakukan tanpa banyak rintangan, yaitu popping di bagan bagan bekas tempat menjaring ikan yang terbuat dari bambu, dan sudah lama terpakai, yang sebagian tiang nya banyak yang sudah roboh,
Spot popping bagan rubuh
Hafidz guide di spot bagan rubuh Lampung Timur

Spot bagan rubuh yang pernah saya coba untuk memancing dengan teknik popping yaitu di daerah Lampung Timur, dengan kedalaman kurang lebih 7 meter.

Spot bagan rubuh di Lampung Timur tidak jauh dari garis pantai, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk bagan terdeket hanya butuh sekitar 25 menit perjalanan,

Spot popping bagan rubuh
Hafidz dan kapt Amir di spot bagan rubuh

Selain target ikan Giant Travelly di spot bagan rubuh Lampung Timur juga banyak di huni ikan talang talang (queen fish), dan jenis ikan dasaran jenaha, kerapu dan ikan lainnya yang bisa di pancing dengan teknik bottom fishing (mancing dasaran).

Spot popping bagan rubuh
Ikan talang talang dan gabus laut hasil mancing kapten Amir

Mancing popping di spot bagan rubuh bisa menggunakan tackle medium maupun hard, karena di spot bagan rubuh lampung timur hampir tidak ada halangan berupa karang tajam, karena kontur dasar laut di lampung timur datar dengan kedalaman 7 meter, sehingga memungkinkan pemakaian light tackle untuk popping di spot tersebut.

Selain memancing dengan teknik popping di spot bagan rubuh kita bisa menggunakan teknik casting dengan menggunakan umpan jenis minnow untuk target talang talang maupun GT


Kadang kadang pemancing lokalnya seperti Hafidz angler (fb), atau Udin (Bintang Timur), sering melakukan trolling menggunakan umpan terbuat dari plastik alfamart yang di kombinasikan dengan cumi cumian karet yang biasa di pakai untuk aksesories jigging, atau bisa dengan memakai ujung sangkar burung yang bentukya seperti chugger pada popper untuk menghasilkan gelembung udara.

Trolling menggunakan umpan buatan seperti ini sangat efektif di lakukan di spot bagan rubuh lampung timur.

Untuk piranti popping sama seperti kita popping di spot spot popping pada umumnya, tapi lebih efektif menggunakan popper jenis churger di bawah 100 gr, paling efektif ukuran 80 gr. 

Untuk line / PE ( braided) bisa memakai pe 4 sampai 8 tergantung keseimbangan piranti yang di gunakan.

Waktu yang paling baik untuk popping di spot bagan rubuh yaitu saat matahari mulai muncul fajar hingga sekitar jam 11 siang kemudian mulai lagi jam 3 sore hingga matahari mulai tenggelam.

Untuk rute menuju lampung timur kita harus menggunakan mobil pribadi untuk masuk ke area dermaga kuala penet atau menyewa mobil travel langsung dari pelabuhan Bakahuni  Lampung, karena dari jalan besar menuju dermaga kuala penet  hampir tidak ada angkutan umum.

Kapal mancing yang biasa mengantar pemancing pun juga sangat terbatas, hanya ada 2 perahu saja, yang paling terkenal yaitu kapal kapten Amir dengan kapal KM Bintang Timur, dan kapten Aris KM PGN jaya.

Selain spot popping di bagan rubuh kapten amir juga sering mengantar pemancing ke spot kapal karam yang berjarak 3.5 jam perjalanan, hingga ke pengeboran minyak segama dan sabira yang terletak di ujung kepulauan seribu, untuk mancing dengan teknik popping malam hari dan mancing cast jig ataupun mancing tenggiri,

Di spot kapal karam terkenal cukup sulit karena kedalamanya hanya sekitar 10 meter yang terlihat tiang kapal hingga keluar dari permukaan air, jika terjadi strike harus sesegera mungkin menarik ikan keluar dari kapal karam tersebut, jika terlambat sedikit saja sangat beresiko putus tergesek tiang tiang kapal, selain GT banyak juga jenis ikan gabus laut (mudun) hingga puluhan kilo besarnya.

Bagi pancinger yang mau mencoba spot popping di bagan rubuh lampung timur ataupun pengeboran minyak segama bisa menghubungi

- Hafidz Angler (fb) tlpn   085789527609, 081280012416, BBM 5BBE6126 pin bb, WA 082282956254

- Udin Bintang Timur (fb) tlpn +6282372003344,

Keduanya merupakan guide popping di spot bagan rubuh Lampung Timur atau ke spot pengeborang minyak segama.

Spot popping bagan rubuh
Udin Bintang Timur guide di spot Lampung Timur

Selamat mencoba

Comments

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah