MICRO JIG dan Teknik MICRO JIGGING

Micro jig dan teknik micro jigging

MICRO JIG danTeknik MICRO JIGGING
Mancing dengan teknik micro jigging

Micro jig adalah umpan tiruan berbentuk seperti ikan atau cumi yang terbuat dari bahan timah atau besi, dengan di beri setuhan warna agar menarik perhatian ikan, micro jig merupakan jenis metal jig dengan ukuran terkecil antara 5 sampai 40 gr, sehingga di sebut micro jig.

Beberapa macam karakter mikro jig sesuai dengan bentuknya

-Center weigthed jig

Metal jig/micro jig dengan berat di tengah, jika di turunkan akan melayang seperti ikan terluka.

-Tail weighted jig

Metal jig/micro jig dengan berat di ekor jig, metal jig/micro jig jenis ini memiliki kelebihan mampu turun kedasar lebih cepat dan sangat cocok untuk teknik fast retrive

- Jig head atau mikro jig dengan berat di kepala

Metal jig/micro jig dengan berat di kepala actionnya bergerak zig zag sangat cocok di gunakan teknik long stroke.

MICRO JIG danTeknik MICRO JIGGING
Contoh mikro jig beserta hook nya

Micro jig dan teknik micro jigging merupakan teknik mancing dengan menggunakan umpan berupa metal jig dengan berat mulai 5 sampai 40 grm.

Teknik micro jigging mulai berkembang di kalangan pemancing indonesia, karena teknik mancing micro jigging lebih ke cara menikmati sensasi tarikan ikan menggunakan piranti ringan, karena tidak hanya ikan ikan besar yang memiliki daya tarik karena perlawanan dan tenaga ikan yang luar biasa, tapi memancing jenis ikan dengan size kecil pun tidak kalah asyiknya jika kita menggunakan piranti yang sesuai.

Disinilah taknik micro jigging memiliki peranan, banyak paham yang beredar di kalangan pemancing untuk berlomba lomba mencari target ikan ikan besar dengan asumsi bahwa pemancing yang hebat adalah pemancing yang sudah sering menaklukan ikan ikan besar, itu jelas jelas tidak benar.

Kita bisa lihat kommunitas atau pemancing tegek yang benar benar terobsesi dan menggilai teknik negek dengan target ikan 4 jari hingga 8 jarian, karena negek dengan piranti tegek memiliki sensasi yang tak kalah hebat dengan pemancing kelas kelas popping atau jigging.

Kembali lagi mengenai teknik micro jigging, untuk pemakaian lure micro jig sebaiknya memilih yang bentuknya lebar dengan di beri warna mengkilat crhom agar bisa memantulkan cahaya dengan maksimal untuk mengundang ikan ikan untuk menyambarnya, kecuali saat kondisi air benar benar jernih pemakaian metal jig dengan berbagai warna akan optimal.

Teknik micro jigging bisa di terapkan mulai dari kedalaman 5 m, hingga kedalamman dengan drop off 10 m hingga 40 meter, bahkan lebih, dengan kondisi arus yang tidak terlalu deras, dengan horizontal jig untuk target ikan ikan permukaan, dengan cara teknik past retrive dengan sekali jerk, atau menggunakan teknik slow retrive, atau bisa juga hanya naik turun seperti ngotrek dengan cara di sentak agar lure naik ke atas dan di biarkan kembali turun untuk target ikan tengah bahkan ikan dasar saat kondisi arus memungkinkan, teknik retrive micro jig bisa disesuaikan dengan karakter dan action jignya. (baca memilih metal dan cara mengetahui actionnya) akan tetapi semakin sering kita melakukan improve dengan berbagai variasi akan semakin bagus pula peluang kita untuk mendapat sambaran, tidak ada aturan yang baku perihal mancing.

Keseimbangan piranti adalah salah satu faktor kesuksesan kita memperoleh sensasi yang maksimal saat memancing dengan teknik micro jigging.

MICRO JIG danTeknik MICRO JIGGING
Mancing denangan micro jig

Bagaimana cara kita mendapatkan piranti mancing yang balance?


Saat kita akan memancing dan menetukan berat lure yang kita gunakan kita otomatis akan mengetahui kelas joran yang akan kita pakai, misalkan berat lure 40 gr, kita harus menggunakan joran dengan lure weight setara atau sedikit di atas berat lure yang kita pakai (bisa di lihat dari lure weight pada keterangan di blank joran), tapi ada beberapa merk joran dengan menggunakan satu Oz untuk keterangan lure weight, berikut ini cara menghitung ke dalam satuan gram :

1 Oz sama dengan 28.349 gram jadi jika pada keterangan joran tertulis 3/8 Oz maka nilai dalam gram adalah : 3 di bagi 8 di kalikan 28.349 : 10.63 gram atau bisa di bulatkan menjadi 11 gram.

Dari keterangan pada blank joran juga tertulis maksimal drag joran untuk menentukan ukuran reel yang akan kita pakai, misalkan pada joran tertulis max drag 7 kg, kita bisa menetukan ukuran reel dengan drag yang setara dengan joran tersebut, begitu juga dengan line / PE / senar yang akan kita gunakan di sesuaikan dengan drag dan kapasitas reel tersebut (untuk ukuran line bisa kita lihat keterangan ukuran line pada spool reel).

Piranti/ tackle untuk teknik micro jigging


Joran

joran dengan ukuran PE 0.6/0.8, PE 1.0 - 1.5,
Panjang joran ideal di atas 180 cm, ada juga satuan feet yang di pakai untuk keterangan panjang joran berikut ini cara mengetahui ukuran joran pada satuan cm :

1 feet : 0.30480 m,
1 inchi : 0.2540 m,

Jika panjang joran di tulis 5'5" maka

5' sama dengan 5 x 0.30460 : 1.524 m,
5" sama dengan 5 x 0.25240 : 0.127 m
1.524 + 0.127 : 165 meter

Pemakai joran untuk teknik micro jigging sebaiknya memilih joran dengan karakter fast tapper, ciri ciri joran dengan tipe fast tapper cenderung lentur pada ujung nya saja dan selebihnya kaku hingga pangkal joran baca tips memilih joran dengan lifting power bagus, karena tipe fast tapper akan sangat cepat merespon pergerakan kita saat menghentak joran (hit).

Reel

Untuk reel spininning bisa memakai ukuran 1000 hingga 3000 lebih ideal menggunakan ratio di atas 5 : 1 agar nyaman saat menerapkan fast retrive

Untuk reel bait casting ideal memakai ratio 7 : 1

Line / senar

Di dalam teknik micro jigging memakai lure dengan berat antara 5 sampai 40 grm, untuk pemakaian line yang sangat tipis menjadi sangat penting, karena ketebalan line / PE / senar akan berhubungan dengan beban yang di terima line akibat arus, semakin tebal line yang kita gunakan akan semakin memperlambat lure turun hingga ke dasar bangkan akan terdorong arus semakin jauh, pemakain line dengan lbs besar dan diameter kecil sangat di anjurkan dengan resiko harganya juga lebih mahal.

Ukuran line 0.6/0.8, hingga maksimal 20 lb, pemakaian line jenis PE (brainded) sangat di anjurkan karena sifat nya yang ringan dan lebih sensitif sehingga akan berpengaruh langsung terhadap action micro jig.

Untuk menghitung line weight seperti berikut ini

Contohnya ukuran line dalam lb, di rubah menjadi satuan dalam kilogram, 1 lb : 0.453 kg, jadi :

- PE 1 - 16 lb, kekuatan line tersebut : 7.3 kg
- PE 1.2 -  20 lb, kekuatan line tersebut : 9.1 kg
- PE 1.5 - 24 lb, kekuatan line tersebut : 10.9 kg,
- PE 2 - 30 lb, kekuatan line tersebut : 13.6 kg, dan seterusnya.

Leader

Fungsi leader akan menjadi wajib jika kita sudah memahami fungsi leader serta kelebihan dan kekurangan PE (brainded) jika kita memakai line jenis PE saat memancing,

Leader berfungsi untuk melindungi PE tergesek karang, dan sekaligus sebagai peredam saat PE menerima hentakan karena leader memiliki sifat yang elastis, selain itu pemakaian leader dengan kualitas bagus akan membuat action lure akan terlihat lebih natural karena leader akan terlihat samar di dalam air, sedangkan untuk teknik casting fungsi leader salah satunya sebagai pengarah PE saat di lempar.

Untuk panjang leader biasanya berpatokan satu setengah panjang joran, atau bisa di sesuaikan dengan kedalaman spot untuk teknik micro jigging.

Hook

Pemakaian hook di sesuaikan dengan besar micro jig yang kita pakai, bisa memakai satu atau dua hook dengan menggunakan kevlar, atau bisa langsung di pasang di ekor micro jig tanpa memakai kevlar, bisa juga menggunakan treble hook, akan tetapi kelemahan treble hook akan mudah tersangkut di karang, selain itu jika hook up minimal 2 mata treble kemungkinan mocel atau mata treble lurus sangat besar.

Accessories

Untuk aksesories lainnya, seperti : split ring, swivel, di sesuaikan dengan lure yang kita pakai agar menghasilkan action yang bagus, kita bisa menyesuaikan dari besar lbs pada lure swivel dan split ring.

Sarung tangan

Sarung tangan berfungsi melindungi jari kita dari gesekana PE atau terkena kail dan masih banyak lagi, jadi bukan semata mata hanya demi penampilan,

Tang split ring

Tang split ring wajib hukumnya saat kita memancing dengan teknik micro jigging, cast jig, jigging atau popping yang menggunakan split ring, karena peran tang split ring sangat di butuhkan untuk menggati micro jig atau memasang hook pada micro jig.

Semoga bermanfaat.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing