Spot mancing karang deet di Cisolok Sukabumi

Spot mancing karang deet di Cisolok Sukabumi

Spot macing karang deet di cisolok sukabumi
Spot mancing Cisolok Sukabumi

Cisolok adalah salah satu kecamatan di Sukabumi, yang terkenal dengan wisata pemandian air panasnya, selain tempat tempat wisata ternyata di cisolok juga terdapat spot mancing yang cukup menjanjikan salah satunya di spot karang deet di Cisolok Sukabumi.

Letak spot mancing karang deet Cisolok Sukabumi tidak begitu jauh dari dermaga, kurang lebih hanya di tempuh sekitar 15 menit perjalanan menggunakan kapal, banyak pemancing pemancing dari luar daerah yang ingin mencoba sensasi mancing di spot ini, karena biayanya pun bisa di bilang tidak terlalu mahal.

Tepatnya pada hari jumat tanggal 25 desember 2015 salah satu koresponden Media Pancing mencoba mancing di spot spot yang ada di daerah Cisolok Sukabumi, yaitu Ahmad Maulana (Maul), Yonathan, Bargo, Bona, dan P'toy, berikut hasil reportasenya,

Cisolok 25/26 Desember 2016


Sebelum berangkat menuju spot karang deet kami beristirahat di rumah kapten Onoy sekitar pukul 11 . 00 wib, setelah menempuh perjalanan darat yang lumayan jauh, dan kami jadikan basecame sementara untuk mempersiapkan peralatan mancing, dan sekaligus makan siang.

Memancing menggunakan jukung

Setelah semua persiapan rapi termasuk bekal dan bahan bakar kapal, tepat jam 15.00 wib sore rombongan kami segera meluncur menuju spot, dengan menggunakan kapal jukung dari pelabuhan cisolok, yang merupakan perkampungan nelayan Sukabumi yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan.

Kami mengetahui informasi mengenai kapten Onoy setelah di rekomendasikan oleh teman teman lain yang sebelumnya pernah sukses saat mancing di spot spot yang ada di daerah Cisolok Sukabumi.

Kapten Onoy merupakan salah satu kapten kapal di Cisolok yang sudah sangat hafal spot spot di daerah Cisolok, meskipun tanpa menggunakan bantuan alat berupa fish finder ataupun gps, terbukti sepanjang mancing kapten onoy cukup lihai menempatkan kapal di titik tubiran karang yang di huni banyak ikan.

Setelah kira kira 15 menit perjalanan kapten oney langsung menempatkan kapal yang hanya mengandalkan insting untuk berjangkar, yang artinya kami sudah sampai ke salah satu spot mancing, setelah selesai berjangkar kapten memberi aba aba bahwa pancing siap di turunkan.

Karena kedalaman hanya sekitar 25 sampai 40 meter, kami menerapkan teknik cast jig dan slow pitch jigging, karena menurut kami lebih efektif untuk memburu target ikan ikan predator, sekaligus untuk memperdalam penguasaan teknik mancing kami menggunakan teknik cast jig maupaun slow pitch jigging, selain itu sensasi nya yang begitu luar biasa di saat ikan menyambar umpan yang tidak lagi bisa di bayangkan.

Dan apa yang kami harapkan ternyata tidak sia sia, karena banyak sekali strike yang kami dapat di trip kali ini mulai dari Giant travelly yang membuka strike pertama dengan teknik slow pitch jigging, lalu di susul strike ikan tengkek dengan teknik cast jig dan jenis jenis ikan lainnya,

Ketika terlihat gerombolan ikan tengkek besar dan talang talang lagi bouling di atas permukaan air, membuat darah kami terasa mendidih, kami pun berlomba beradu cepat melempar umpan cast jig di tempat ikan ikan tersebut bergerombol, hingga kami merasakan pesta strike di spot ini.

Yang lebih menarik lagi di trip ini sekaligus membuat bulu kuduk kami merinding, hampir setiap kalimat yang terucap dari mulut kami yang berharap mendapat sambaran dengan target ikan tertentu benar benar terjadi, dan sungguh hal ini bukan sekedar rekayasa atau sekedar gurauan kami .

Seperti saat saya dan kapten berdoa "mudah mudahan dapet tenggiri besar" tiba tiba konceran yang saya pasang menggunakan umpan ikan layur di sambar tenggiri, ngeeeek... suara reel yang berderit kencang, membuat saya gemetar karena bingung mencari posisi yang tepat agar bisa fight dengan leluasa, karena kapal yang kami pakai cukup sempit, tapi berkat kesabaran akhirnya ikan berhasil landed, seekor tenggiri besaran kisaran 23 kg berhasil saya taklukan.

Spot macing karang deet di cisolok sukabumi
Ahmad Maulana dengan tenggiri tangkapanya

Melihat keberhasilan saya om Yonathan berguman "saya mah pengen ikan merah aja yang banyak buat di rumah dan " nyyooooot" bertubi -  tubi kakap merah menyambar setiap kali umpan di turunkan, dan berhasil menaikan ikan kakap merah cukup banyak.
Yonathan strike kakap merah di spot karang deet

Bona yang dari tadi tidak terdengar suaranya tiba tiba keluar omangan dengan spontan "dapet ikan kuwe enak niih" dan srooot.... umpan yang dia mainkan disamber ikan kuwe berukuran sedang, fight pun berlangsung cukup seru, karena ikan terus berontak sejadi jadinya, tapi karena keberuntungan yang benar benar menaungi kami ikan pun berhasil di taklukan oleh Bona.

Bona dengan Giant travellynya

Dari belakang kapal terdengar suara Bargo "ayo dooong strike!!!! masa si Maul terus yang strike ayooo doong" tiba tiba ngeeeek......umpan nya disamber seekor kuwe lilin yang membuat Bargo kegirangan, karena ikan berhasil dia naikan kekapal.

Bargo strike ikan kuwe

Kini giliran P'toy "ga usah gede gede yang penting strike deeeh" ucapnya dan dalam hitungan detik ikan pogot tersangkut tepat di kailnya, suasanana pun pecah karena kami tak sanggup menahan tawa,

Setelah kami puas tertawa tiba tiba suasana kembali menjadi hening dan bulu kuduk berdiri, kok bisa ya setiap apa yang kami harapkan benar benar menjadi kenyataan, dan ini benar benar sebuah kejadian yang nyata bukan hanya sebuah fiktif belaka, sebuah pengalaman yang benar benar luar biasa.

Spot karang deet memang sangat asyik dan santai untuk memancing mengingat Cisolok adalah cekungan teluk laut selatan Sukabumi, dengan terumbu karangnya yang terjaga dengan baik, jarak menuju spot juga sangat dekat dan potensi ikannya masih cukup beragam.

Bagi para pancinger yang ingin berlibur sambil mancing,  spot Cisolok bisa menjadi alternatif pilihan, karna di dermaga cisolok
banyak  penyewaan kamar atau penginapan sehingga kita bisa menikmati berlibur sambil mancing.


Koresponden Media Pancing

Ahmad Maulana (fb) pemancing asal jakarta yang merupakan penggagas komunitas Bolang Adventure dari AFC fishing conmunity

Comments

  1. I'm going to head to your site habitually for some serious best and newest content.
    slowpitch softball bat reviews

    ReplyDelete
  2. numpang tanya punya no tlp sewa perahunya ngk untuk mancing di karang deet cisolok suka bumi? kalau ada tolong di infokan,thx

    ReplyDelete

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah