Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Jenis jenis umpan mancing di laut


Jenis jenis umpan untuk mancing di laut
Ikan GT yang menyambar popper

Mancing di laut merupakan hobby yang sangat menyenangkan, untuk memperoleh kesuksesan saat mancing di laut di perlukan teknik dan beberapa faktor pendukung, seperti piranti/tackle set, perahu/kapal dan cuaca serta arus yang yang bagus untuk mancing di laut, dan salah satu faktor penting lainnya yaitu pemilihan jenis umpan.
Ada 2 macam jenis umpan yang biasa di pakai untuk memancing di laut antara lain :

1- Umpan alami 

Umpan alami merupakan jenis umpan yang menjadi makanan asli ikan di habitatnya (baik umpan hidup maupun mati), umpan alami biasa di gunakan mancing dengan teknik dasaran (bottom fishing) atau teknik koncer untuk jenis umpan hidup.

Banyak jenis umpan alami yang bisa di gunakan untuk memancing di laut seperti udang bisa berupa udah putih (udang peci) atau pun udang api api, jenis umpan udang biasanya sangat efektif untuk memancing ikan ikan dasar atau predator muara seperti baramundi ikan kuro sembilang dan lain lain, untuk target ikan ikan karang seperti kerapu, kuwe, atau ikan talang talang dan lain sebagainya, selain udang untuk mancing dasaran bisa menggunakan umpan berupa cacing laut, irisan tongkol atau irisan ikan jenis lain, kepiting, atau daging kerang, atau bahkan lumut yang mungkin di gunakan untuk target ikan ikan tertentu.

Umpan hidup 


Umpan ikan hidup bisa di gunakan untuk memancing dengan teknik koncer, baik koncer di pertengahan air atau koncer dasar, jenis umpan hidup yang biasa di gunakan antara lain udang hidup, ikan belanak, tembang, kembung, selar untuk mancing tenggiri talang talang lemadang atau layaran, sedangkan di spot spot yang dalam bisa memakai jenis ikan tongkol salem ikan kuwe kecil atau cumi hidup, untuk memburu ikan ikan besar seperti tenggiri, GT, atau jenis kerapu besar, selain jenis umpan hidup untuk mancing dengan teknik ngoncer terkadang umpan mati pun bisa efektif di gunakan jika ikan ikan kecil yang menjadi mangsa ikan predator di habitat nya sangat sedikit.

2- Umpan tiruan, 


yaitu umpan yang di bentuk menyerupai ikan atau serangga baik bentuk dan pergerakannya, sehingga akan menarik perhatian ikan ikan predator untuk memangsanya.

Umpan umpan tiruan ini biasanya di gunakan untuk mancing dengan teknik, casting, popping, trolling, jigging, cast jig, atau fly fishing.

Jenis umpan tiruan sangat beragam bahkan hampir selalu ada innovasi innovasi terbaru untuk bisa meniru pergerakan ikan alami se mirip mungkin, dari beberapa jenis umpan umpan tiruan antara lain ;

Popper :

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut
Umpan jenis popper

Popper merupakan jenis umpan tiruan terbuat dari bahan kayu atau fiber, pada mulut popper di lengkapi dengan churger (berbentuk seperti mangkuk di bagian depan popper berfungsi untuk menahan air, sehingga saat di retrive akan menimbulkan bunyi dan menyemprotkan air menyerupai ikan predator yang menyambar mangsa.

Umpan jenis popper di gunakan untuk memancing dengan teknik popping atau casting dengan menggunakan mini popper, selain jenis popper ada juga jenis umpan pencil atau pun jenis stick bait, yang di gunakan untuk teknik popping, meskipun tidak menyemprotkan air tipe pencil akan bergerak berlenggak leggok yang lebih sering di kenal dengan (WTD)

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Metal jig


Metal jig merupakan umpan tiruan yang terbuat dari bahan besi atau timah yang di bentuk menyerupai ikan dengan corak warna dan berat yang berbeda beda.

Jenis metal jig ada beberapa tipe bisa kita lihat berdasarkan berat metal jig dan titik berat yang ada di metal jig tersebut, untuk ukuran berat metal jig di bawah 40 gr bisa di golongkan kedalam jenis mikro jig, sedangkan untuk titik berat metal jig, bisa di golongkan menjadi beberapa tipe yaitu:

Jig head 

yaitu metal jig dengan titik berat di kepala jig biasanya di pakai untuk jenis umpan berupa soft lure dll

Center weighted jig 

Yaitu jenis metal jig dengan titik berat di tengah, metal jig tipe ini akan melayang layang di dalam air ketika di turunkan, contoh metal jig dengan titik berat di tengah yaitu model jig daun.

Tail weighted jig

Yaitu metal jig dengan berat i bawah (ekor), metal jig tipe ini banyak di gunakan ketika kondisi arus deras atau pada saat mancing di spor spot yang dalam, karena tipe jig dengan berat di ekor akan lebih cepet turun saat di turunkan ke dalam air, lebih efektif lagi saat di gunakan untuk drifting (memancing tanpa berjangkar).

Umpan metal jig di gunakan untuk mancing dengan teknik vertical jig , slow pitch jigging, cast jig atau pun teknik micro jigging, dengan target ikan ikan karang di air dangkal maupun air dalam.


Minnow

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Minnow merupakan jenis umpan terbuat dari plastik atau bahan lain yang mengambang di permukaan air, dengan bentuk mirip menyerupai ikan dengan corak warna dan pergerakannya, beberapa jenis minnow di lengkapi dengan bentuk lidah yang berbeda beda untuk menentukan kedalaman minnow tersebut saat di retrive.

Beberapa jenis minnow antara lain :

 - Sinking

yaitu minnow yang mampu berenang pada kedalaman 5 hingga7 meter, dengn target ikan ikan tengah air, jika spot mancing tidak terlalu dalam kemungkinan jenis ikan dasar juga bisa menyambar umpan jenis sinking.

- floating

Yaitu jenis minnow yang berenang di permuaan air, dengan target ikan ikan permukaan.

- swallow

Yaitu jenis minnow yang berenang tidak terlalu jauh dari permukaan air, untuk target ikan permukaan dan setengah air.

Umpan minnow banyak di gunakan untuk memancing dengan teknik casting baik di salt water maupun frash water,

Spoon

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Yaitu jenis umpan yang terbuat dari logam mirip dengan sendok dengan kemampuan slider saat di retrive, umpan spoon kebanyakan di dominasi dengan warna chrom, dan warna warna cerah lainya

Vibration/ swim bait


Yaitu jenis terbuat dari bahan timah atau logam untuk target ikan ikan pertengahan air, umpan jenis vibra memiliki getar yang sangat kuat dan bergerak seperti ikan saat di mainkan

Soft lure

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut
Contoh umpan soft lure

Yaitu jenis umpan tiruan berbahan karet lunak dan di beri aroma amis ikan, soft lure ketika di mainkan di dalam air akan bergerak mirip seperti ikan berenang kekanan maupun kekiri.

Flies

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Flies merupakan jenis umpan yang terbuat dari bulu yang di ikat langsung ke hook, bentuknya mirip dengan serangga, biasanya di pakai untuk teknik fly fishing.

Konahead

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Konahead merupakan umpan yang terbuat dari bahan plastik menyerupai cumi besar dengan rumbai rumbai di ekornya, konahead biasanya digunakan untuk mancing dengan teknik trolling. Terutama untuk target marlin dan yellow fin tuna, atau jenis ikan wahoo lemadang dan sebagainya.

Selain dari umpan umpan tersebut masih banyak lagi umpan tiruan yang beredar di toko toko pancing.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro