Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel

Teknik berburu kakap putih Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Ikan kakap putih Tanah Bumbu Kalimantan Selatan
Kakap putih / barramundi adalah salah satu Ikan predator air laut atau muara, tumbuh hingga mencapai bobot puluhan kilogram, tetapi yang sering tertangkap saat ini ukuran antara 1-8 kg bahkan terkadang di bawah ukuran 1kg, Barramundi dapat tumbuh hingga mencapai panjang 180 cm, dan mencapai usia 25 Tahun.

Rekor yang tercatat dalam memancing kakap putih / barramundi adalah 37.85kg (83 1/4 lbs) di Australia, rata rata ukuran yang sering di dapat adalah 2kg - 10kg, dapat mencapai 30kg (66 lbs atau lebih).

Habitat kakap putih / barramundi

Habitat hidup kakap putih / barramundi berada di air payau maupun asin, terutama yang bersuhu air cukup hangat dan bersih disekitar muara, karena disinilah tempat makanan dari kakap berupa udang dan ikan ikan kecil, kakap putih juga dapat ditemui di laut yang tidak jauh dari pantai, bahkan kakap putih mampu menjelajah hingga beberapa kilometer menuju muara sungai hingga masuk ke sungai, karena kakap putih mampu beradaptasi cukup cepat dari perairan air tawar ke air asin (laut),


Spot kakap putih / barramundi di kabupaten Tanah Bumbu Kalimatan Selatan

Spot spot kakap putih / barramundi di sekitaran Pantai Muara Kota Pagatan di daerah Batu Licin Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan cukup banyak,  karena kakap putih / barramundi menyukai tempat tempat di dekat bebatuan atau karang, dekat dengan tonggak tonggak kayu di muara-muara sungai yang air nya langsung behadapan dengan lautan, bahkan sering berada di rumpon-rumpon yang di buat oleh nelayan.
Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Spot Kakap Putih di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Selain tempat tempat tersebut kakap putih juga sering tertangkap di sekitar tiang tiang dermaga atau jembatan dekat muara, tikungan sungai, anak sungai, daerah pengairan sungai dekat muara, terutama dengan banyak kayu kayu mati pada dasar sungai atau muara, bahkan sampai wilayah pedalaman sungai serta daerah lain yang masih terhubung secara langsung dengan laut dan terpengaruh oleh pasang-surut air laut, dengan mengetahui habitan dan spot kakap putih akan memudahkan kita untuk belajar teknik berburu kakap putih di Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.

Cara mancing kakap putih / barramundi ala PFC (Pemalas Fishing Club)

Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Pemalas Fishing Club Tanah Bumbu Kal-Sel
Pemalas Fishing Club merupakan salah satu club mancing di Kabupaten Tanah Bambu Kalimantan Selatan,  yang di motori oleh Sanusyfa wildan (FB) sekaligus merupakan ketua club mancing tersebut.

Club PFC sendiri sering melakukan trip mancing baik salt water maupun fresh water, dengan target kakap putih / barramundi gabus atau toman untuk frash water, dan beberapa jenis ikan lain.

Pada bulan september hingga bulan  mei, merupakan waktu yang tepat bagi komunitas atau club FPC untuk memburu kakap putih, karena pada bulan september ikan kakap putih mulai masuk muara untuk bertelur, sedangkan pada bulan lain biasanya musim angin barat dan tenggara yang bertiup cukup kencang, untuk wilayah Batulicin dan sekitarnya yang menimbulkan gelombang besar hingga sampai ke bibir muara, pada bulan ini biasanya di isi dengan kegiatan mancing fresh water untuk berburu gabus dan toman.
Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Salah satu anggota PFC dengan hasil tangkapannya

Umpan mancing kakap putih / barramundi

Umpan untuk memancing kakap putih yang sering dipakai antara lain

- Udang , ada beberapa jenis udang yang bisa di pakai untuk memancing barramundi antara lain udang putih, udang tiger, udang tambang (udang keras dengan ukuran kurang lebih 10 cm) sedangkan jenis udang putih merupakan jenis udang terbaik untuk memburu kakap putih karena udang ini merupakan makanan alami kakap putih di habitanya, selain itu udang putih matanya menyala saat berada dalam air sehingga bisa membantu kakap putih mendeteksi mangsanya.

Selain itu udang akan bergerak berlahan di dalam air saat terkait di mata pancing sehingga sangat cocok untuk memburu ikan ikan yang memiliki karakter pemalas seperti kakap putih.

Kelemahan menggunakan umpan udang yaitu, akan lebih cepat di mangsa ikan ikan lain yang berada di sekitar spot spot tempat kakap putih berada.
Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Kakap putih hasil tangkakapan dengan umpan udang

-Ikan Belanak, umpan belanak juga merupakan makanan kakap putih di habitat alaminya, memancing menggunakan umpan belanak bisa di lakukan dengan teknik koncer atas (tanpa pemberat) maupun koncer bawah (menggunakan pemberat)

-Umpan Tiruan (lure): umpan tiruan untuk memburu kakap putih / barramundi antara lain :
Minnow Deep Diving, Minnow Rattler, Mini Popper, Soft Plastics, Surface crawler, Flies - Saltwater Baitfish dan masih banyak lagi.

Peralatan mancing kakap putih / barramundi


Joran

Joran casting dengan ukuran panjang 180 meter atau lebih, baik joran jenis antenna, joran patah dua atau tiga bahkan Buluh (Bambu) Yang sering di pakai para nelayan disini untuk memancing barramundi dengan teknik tradisional yaitu "Ngebento Balle Kanja" istilah mancing barramundi di daerah kami, tapi untuk pemilihan joran tergantung kepada angler masing masing.

Untuk tipe joran yang biasa kami gunakan yaitu joran medium (moderate) atau fast tapper yang memiliki kecendrungan agak kaku untuk dapat menyentak kuat saat strike, dengan drag maksimal joran antara 15-30 lb, tergantung spot memancing, untuk spot di muara sungai kami menggunakan Joran dengan kapasitas drag 15-30 lb karena disaat fight dengan kakap putih di dalam muara lebih sulit di banding di pinggiran laut atau pantai, sedangkan karekter kakap putih saat fight akan lari ke dasar muara mencari ranting atau pohon pohon mati di dasar muara, hal ini lah yang sering mengakibatkan gagal landed bahkan putus saat kakap putih menggesekan leader ke ranting atau batang pohon tersebut.

Line/senar

Line/senar menggunakan PE (brainded) karena kelebihannya berdiameter lebih kecil dan lebih cepet merespon saat umpan di sambar ikan untuk ukurannya antara Pe 1 sampai 2, sedangkan untuk monoline dengan kekuatan antara  4 - 10 kg utamananya senar dengan diameter 0.50 mm.

Leader

Leader berfungsi sebagai peredam saat PE menerima hentakan karena kelemahan PE akan mudah putus saat menerima hentakan langsung, selain itu fungsi leader sebagai pengarah PE saat di lempar untuk teknik casting.

Leader yang biasa kami gunakan antara 30 lb sampai dengan 50 lb dengan panjang leader 1,5 meter.

Selain menggunakan shock leader sebagian pemancing atau nelayan disini menambahkan neklin antara leader dan lure, untuk menghindari putus jika terjadi fight cukup lama, karena barramundi memiliki tenaga cukup kuat selain itu sirip insang kakap putih sangat tajam seperti silet.

Kail (hook)

Mata kail ukuran 8 sampai dengan 12 untuk umpan udang hidup atau belanak.

Reel

Medium spinning atau baitcasting gear untuk teknik casting dengan menggunakan umpan tiruan.


Tips memancing Ikan  kakap putih / barramundi  Khas PFC ( Pemalas Fishing Club)


Apabila memancing kakap putih menggunakan umpan udang hidup dengan menggunakan pemberat,  usahakan posisi umpan pada ketinggian 100 cm sampai dengan 120 cm dari dasar air, dengan posisi pemberat di antara line utama ke leader (posisi timah di tengah) dengan panjang leader ke kail sekitar 1 sampai 1,5 meter tergantung arus, pemakaian timah pemberat usahakan di sesuaikan arus jangan terlalu berat agar udang dapat bergerak bebas ketika sampai kedasar muara atau bisa berenang ke pertengahan air.

Waktu Yang Baik Dalam Memancing Ikan kakap putih / barramundi


Pemilihan waktu mancing juga merupakan penentu kesuksesan mancing kakap putih itu sendiri, di mana saat air akan mulai pasang atau saat batas teratas air pasang di sungai, dengan kondisi air dalam keadaan bersih kehijauan, coklat muda (seperti air teh) atau kuning, dan percampuran air asin dan tawar mencapai 50 hingga 70 persen untuk air laut (payau) adalah saat yang tepat untuk memulai memancing.

Selain itu ikan kakap putih akan lebih agresif pada jam jam tertentu antara lain menjelang matahari terbit hingga jam 9 pagi atau jam 3 sore hingga matahari terbenam.

Memburu kakap putih juga baik di lakukan setelah musim penghujan dari bulan april – mei dan periode sebelum musim penghujan antara bulan oktober sampai November, tergantung musim karena cuaca saat sekarang tidak menentu akibat pemanasan Global.

Spot terbaik kakap putih

Carilah lokasi yang mempunyai lubuk atau cerukan dari muara atau sungai yang cukup dalam dan luas, atau di celah celah tonggak kayu dan karang serta bebatuan, atau di rumpon para nelayan yang biasa di buat dari batang batang kayu yang berjejer menancap ketanah, dengan catatan ada ijin dari pemiliknya ......hahaha, karena ditakutkan kena marah si empun nya, karena disinilah hot spot terbaik kakap putih / barramundi.

Apabila keadaan bawah sungai banyak kayu atau karang dan bebatuan dapat dipergunakan pelampung baik yang dibuat sendiri dari gabus atau pelampung kecil yang banyak dijual di toko pancing, untuk menghindari umpan tersangkut dan putus.

Usahakan jarak pelampung dan pemberat kurang lebih 1 meter, atau di sesuaikan kedalaman air  di spot tersebut.
Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Perjalanan menuju spot Kakap Putih

Untuk mancing di sungai dan Muara selama musim hujan, pada waktu petang dan malam hari adalah kondisi yang baik ketika barramundi sedang penuh berahi dan cenderung produktif, pada saat ini barramundi melakukan perjalanan kearah hilir sungai, sebaliknya jika musim kemarau barramundi cenderung berlokasi di hulu sungai.

Apabila  terjadi tenggakan ( ikan menyambar sesuatu di dalam muara jangan mudah tertipu, karena belum tentu ikan kakap putih, bisa Jadi hanya jenis ikan Sumpit, menangin bahkan predator paling berbahaya  bermata merah “BUAYA” Coy…!! Berdasarkan pengalaman pribadi.......... Hahaha.

Tapi tidak ada salah nya tetap optimis cobalah dengan menggunakan umpan ikan belanak hidup, udang hidup minnow atau mini popper, karena dengan umpan ini kakap putih akan lebih tertarik untuk menyambar.
Teknik berburu KAKAP PUTIH Tanah Bumbu Kal-Sel
Sanusyfa Wildan dangan Kakap Putih besar tangkapannya


Baca artikel lain di Media Pancing salam strike with confidence.




Kontributor dan koresponden Sanusyfa Wildan PFC (FB), ketua club mancing Pemalas Fishing Club Tanah Bumbu Kalimantan Selatan 

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah