Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo

Hasil mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Pemecah ombak atau yang lebih populer dengan sebutan breakwater, di bangun dengan tujuan untuk menahan ombak atau menyerap energi gelombang laut di sekitar garis pantai atau pelabuhan, sehingga aktifitas kapal kapal di pelabuhan bisa lebih mudah untuk bersandar,  pemecah ombak juga berfungsi untuk menghindari terjadinya pendangkalan di sekitar dermaga atau pelabuhan akibat penumpukan pasir yang terbawa oleh ombak.

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Pemecah ombak

Bagi mania mancing, Pemecah ombak merupakan tempat yang asyik dan strategis untuk mancing, karena beberapa alasan,

- Lebih murah, karena tidak perlu menyewa perahu, atau jika tempatnya agak jauh seperti di batrean PLTU muara angke atau Merak bisa menggunakan ojek kapal.

- Bisa di lakukan kapan saja tergantung waktu luang masing masing pemancing, baik pagi hari siang bahkan malam hari.

- Tidak ada resiko mabuk laut, mungkin hanya harus menahan serangan nyamuk ketika mancing pada malam hari.

- Adanya target target ikan tertentu seperti Barramundi, baronang, bluefin travelly barracuda dan beberapa jenis lainnya.

Jadi wajar saja jika banyak kita jumpai mania tegek dan garonger berjemur di batu batu pemecah ombak untuk memburu ikan ikan yang menjadi targetnya.

Beberapa teknik mancing yang bisa di aplikasikan untuk mancing di pemecah ombak (batrean)  antara lain casting, dasaran maupun koncer baik menggunakan udang hidup, belanak atau jenis ikan kecil lainnya.

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Casting dari batu pemecah ombak

Salah satu pemecah ombak yang sering di jadikan lokasi mancing favorit di daerah Blitar Jawa Timur, yaitu spot Pemecah ombak Tambak Rejo, lokasi mancingnya di sekitar dermaga, dengan akses jalan yang mudah di tempuh baik menggunakan motor maupun mobil dari jantung kota Blitar.

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Akses ke spot Tambak Rejo dengan menggunaka  motor
Dari report mancing beberapa koresponden Media Pancing, di pemecah ombak Tambak Rejo, jenis jenis ikan yang menjadi target antara lain bluefin travelly, barracuda, kerapu dan ikan ikan lainnya, dengan menggunakan teknik casting dengan menggunakan lure jenis Minnow, mini Popper, atau spoon.

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Hasil mancing Boy Cipek di Pemecah ombak Tambak Rejo

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Baby GT dengan teknik Casting

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Ikan cendro hasil mancing di Tambak Rejo

Asyiknya mancing di pemecah ombak Tambak Rejo
Barracuda hasil casting di Tambak Rejo

Mancing di pemecah ombak bisa menjadi pilihan ketika kita hanya memiliki sedikit waktu luang karena kesibukan kerja atau kesibukan lainnya, selain aksesnya yang mudah di jangkau dengan biaya relatif murah, mancing di pemecah ombak juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk bersantai dan menghilangkan kejenuhan, dan biasanya banyak juga warung di sekitar dermaga yang menjual berbagai macam jenis makanan dan minuman, sehingga susananya pun akan lebih asyik dan santai.

Tapi bagaimanapun memancing di pemecah ombak harus tetap berhati hati dan memeperhatikan faktor keselamatan, berikut ini beberapa tips yang mungkin berguna ketika mancing di pemecah ombak :

- Gunakan alas kaki seperti sendal karet atau sepatu, karena batu pemecah ombak akan sangat licin jika terendam air dan cenderung tajam,

- Sediakan jas hujan ketika musim penghujan.

- Perhatikan pasang surut air laut, ketika mancing di pemecah ombak yang jauh menjorok ke tengah, karena terkadang pada saat pasang sebagian batu pemecah ombak akan terendam air, jika terjadi hal demikian akan sangat membahayakan, atau cari lokasi batu pemecah ombak yang jauh lebih tinggi dari permukaan air laut.

Demikian sedikit tips mancing di spot pemecah ombak semoga bermanfaat ....safety first.

Koresponden : Boy Cipek (FB)

Comments

  1. maaf ada yg ingin saya tanyakan . apakah pelabuhan di pantai tambak rejo tsb sudah beroperasi ?

    ReplyDelete
  2. wah sep, akhirnya ada juga spotnya, saya baru dari pindah dari bali ke blitar, karena terbiasa mancing laut pas di bali, jadi cari2 spot laut pinggiran juga di blitar. boleh dunks kpn2 brngkt bareng ke tambakrejo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap mas insya alloh habis lebaran ya

      Delete

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged