Duka dari Pulau Panggang

Duka dari Panggang


Duka dari P Harapan
Gambar sumber dari detik.com

Pagi ini sabtu 7 mei 2016, tersiar kabar terjadi laka laut di seputaran Pulau Panggang Kepulauan Seribu dari sebuah media online.

Hampir tak percaya mendengar ada kejadian lagi yang menimpa angler tanah air.

Bagaimana dengan kisah KM hujan labek 02 yang tenggelam di perairan sea mount reef Lampung yang hingga saat ini tak ada kabar beritanya, atau KM Teluk Jakarta yang tenggelam di perairan Pulau Pari Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu, yang belum juga hilang dari ingatan.

Sekali lagi kecalakaan adalah kecelakaan tapi kecelakaan bukanlah sekedar takdir, mungkin memang murni kesalahan kita sebagai seseorang yang memiliki hobby dengan resiko tinggi, yang kurang berhati hati dalam mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk perlengkapan keselamatan dan pemilihan kapal mancing.

Sedangkan kapal nelayan ataupun kapal mancing masih sangat banyak yang kurang memperhatikan peralatan dan perlengkapan keselamatan, mungkin dengan berbagai alasan, yang bahkan mungkin tidak bisa kita terima, seperti untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka sudah cukup sulit apalagi untuk maintenance kapal termasuk membeli perlengkapan keselamatan, tapi ya sudahlah......... mungkin mereka merasa sudah terbisa sehari hari di laut, kecelakaan hanyalah kecelakaan, jika memang sudah di gariskan siapa yang sanggup menghindar.

Duka dari Pulau Panggang


Kapal nelayan yang tenggelam pagi ini sabtu 7 mei 2016 di sekitar Pulau Panggang berisi 7 orang pemancing, satu orang di kabarkan selamat,  5 jenazah berhasil di temukan dan satu orang masih belum di temukan, mereka berangkat dari Pulau Panggang dengan tujuan mancing di sekitar pulau Harapan.

Berikut identitas pemancing yang di nyatakan mengalami laka laut di sekitar Pulau Panggang :

Korban jenazah yang sudah berhasil di temukan :


1. Doni Marsel (32) asal Taman Sari, Jakarta Barat

2. Gioksun (47) asal Taman Sari, Jakarta Barat

3. Fahrul Majid (35) asal Taman Sari, Jakarta Barat

4. Sonson (45) asal Taman Sari, Jakarta Barat

5. Oki (56) asal Taman Sari, Jakarta Barat

Korban yang belum di temukan :


1. Giokliong (58) asal Taman Sari, Jakarta Barat

Korban selamat :


1. Kristian (32) asal Taman Sari, Jakarta Barat.

Berikut Kronologi kejadian :


- Menurut keterangan saksi, 7 orang pemancing pada hari jumat (6/5/2016) datang menyewa kapal untuk mancing

- Sekitar pukul 02.00 pagi, di ketahui kapal mengalami bocor hingga tenggelam, saksi berenang ke Pulau Panggang untuk melaporkan kejadian.

- Menurut Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kepulauan Seribu Edi Rudianto, menerima laporan sekitar pukul 04.00 wib dari saksi yang bernama Abdul Wahab, yang langsung melakukan pencarian korban dan baru di temukan satu korban yang selamat dengan inisial Kristian (32) warga Taman Sari Jakarta Barat. (sumber spotmancing.com)

- 5 jenazah yang ditemukan tidak menggunakan pelampung bahkan ada yang tubuhnya terlilit senar pancing (sumber detik.com)

Berikut gambar pencarian dan beberapa korban yang berhasil di temukan, yang di unggah di grup mancing Jak Angler ( FB) oleh akun May Munah (FB)

Duka dari P Harapan
Gambar sumber grup Jak Angler (FB)

Duka dari P Harapan
Gambar sumber dari grup Jak Angler (FB)

Duka dari P Harapan
Gambar sumber Jak Angler (FB)

Duka dari P Harapan
Gambar sumber Jak Angler (FB)

Duka dari P Harapan
Gambar sumber Jak Angler (FB)

Semoga kejadian seperti ini menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi kita semua untuk lebih berhati hati dan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk perangkat keselamatan memancing dan pemilihan kapal yang akan di gunakan untuk memancing ...safety first....

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged