Spot dan Kapal mancing di Sumbawa

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa


Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Popping di selatan Sumbawa

Sumbawa merupakan sebuah kota dengan semboyannya "Sabalong Samalewa", bagi para pemancing, kota Sumbawa lebih di kenal dengan julukan "kota yang terlewatkan", bukan karena laut di daerah utara atau selatan Sumbawa tidak memiliki spot spot yang bagus dan potensial untuk mancing, tetapi kebanyakan para sobat mancing lebih memilih ke Pulau Komodo, palu, Alor bahkan Papua dan tempat tempat lainnya.

Daerah Sumbawa sendiri wilayah laut selatannya banyak terhampar spot spot popping ataupun spot jigging yang tak kalah dengan daerah daerah lain, dengan kedalaman yang bervariasi, dengan jenis jenis ikan yang juga beraneka ragam, mulai Giant Travelly, Amberjack, dogtooth, bahkan Yellowfin Tuna.

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Yellowfin tuna Sumbawa

Spot spot yang ada di wilayah laut selatan mulai dari barat antara lain :


1. Sekongkang/ Tj Tatar

2. Takat Talonang

3. Tarang Burung/Sedo

4. Rinti/Mulir

5. Labangka 5 - Labangka 1

6. Rajakepe

7. Kaja

Hampir sepanjang spot wilayah selatan bisa di terapkan semua teknik mancing, karena spotnya masih sangat bagus selain itu banyak sekali batu mandi dan karang dalam maupun karang dangkal dekat tebing yang biasa di gunakan untuk  mancing dengan teknik jigging casting maupun Popping.

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Amberjack Selatan Sumbawa

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Gt popping Sumbawa

Sedangkan wilayah utara laut Sumbawa juga banyak sekali spot spot untuk mancing bahkan hanya beberapa puluh meter dari bibir pantai kita sudah bisa menemukan spesies Ruby snapper atau dogtooth tuna,

Spot di Utara Sumbawa antara lain :


1. Pulau Moyo

2. Pulau Medang

3. Pulau Satonda

4. Tj kawinda

5. Sekonci/ Sedapur

6. Takat Tambora

Spot utara Sumbawa rata rata merupakan spot jigging dan cast jig,  kecuali di Takat Tambora hampir semua teknik mancing bisa di aplikasikan,

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Hasil mancing di Takat Tambora

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Kapal Inkamina yang siap melayani trip mancing di Sumbawa

Takat Tambora sendiri merupakan gunung karang besar yang letaknya sekitar 12 jam perjalanan dari pulau Sumbawa, yang sudah pasti banyak di huni berbagai macam jenis ikan ikan predator maupun ikan penghuni karang lainnya,

Selain mancing kita juga bisa menikmati keindahan air terjun di Pulau Moyo yang begitu jernih, dan di muara dekat pantai kita bisa mencoba casting dengan target ikan ikan MJ yang banyak mendiami aliran air disekitar muara.

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
casting di muara pulau Moyo

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Air terjun Pulau Moyo

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Pulau berpasir di Skonci

Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Light popping dari pinggir Pulau Skonci

Kapal mancing di Sumbawa


Ketersediaan spot spot mancing di laut sumbawa membuat banyak sobat angler yang melakukan trip di sana, sehingga sebagian kapal kapal nelayan pada waktu waktu tertentu lebih memilih membawa pemancing selain melaut untuk mencari ikan.

Untuk mancing di Utara Sumbawa dengan memakai kapal nelayan dengan spot spot yang tidak terlalu jauh biasanya disewakan dengan harga cukup terjangkau antara 1.5 juta hingga 2 jutaan per trip.

Sedangkan untuk kapal speed boat di sewakan dengan harga sekitar 3 sampai 4 jutaan per trip, dengan kapasitas 4 sampai 5 pemancing.

Selain kapal nelayan dan speed boat juga ada kapal Inkamina yang mampu menampung 10 sampai 12 pemancing, dengan harga sewa sekitar 15 juta untuk spot sampai Satonda, tapi untuk ke spot yang lebih jauh lagi hingga ke Takat Tambora, harga sewanya sekitar 20 jutaan, dari Pelabuhan Badas, Pelabuhan Goa/Kompi dan Pantai Jempol.

Spot mancing di selatan Sumbawa bisa menggunakan kapal Inkamina atau boat/jukung dari pelabuhan Benette/Maluk, pantai Batu Pampang dan desa Labangka, dengan harga sewa kisaran 20 samapi 25 juta untuk trip 5 hari 4 malam, tergantung spot yang akan menjadi tujuan kita, perjalanan kapal 26 jam dari sumbawa utara,  kapal biasanya berangkat sehari sebelum trip, kemudin baru kita berangkat keselatan menggunakan Travel sekitar 2,5 jam perjalanan darat, agar lebih menghemat waktu dan tenaga.

Pada tanggal 29 april 2016 koresponden Media Pancing yang terdiri dari Andre, Agus Mulyono dan di temani salah satu guide yang biasa mengantar mancing di daerah Sumbawa dan sekitarnya yaitu Tole M Thok (fb) mencoba beberapa spot dan kapal mancing di Sumbawa, dengan tujuan ke spot sekitar Pulau Medang dan Pulau skonci, di perairan Sumbawa utara sambil berwisata ke air terjun Pulau Moyo.

Perjalanan menuju spot di tempuh antara 3 sampai 4 jam dengan menggunakan kapal nelayan, tidak jauh dari Pulau medang sendiri sudah banyak sekali titik titik spot yang begitu potensial, rata rata ikan jenis dogtooth dan Ruby snapper yang paling banyak mendominasi, tapi jika lagi beruntung tidak jarang jenis ikan kerapu besar dan yellowfin tuna bisa di dapatkan di spot spot tersebut,

Teknik mancing yang kami gunakan antara lain jigging dan castjig, terkadang juga teknik dasaran untuk memancing ikan jenis Ruby snapper ataupun kerapu.

Beberapa report hasil mancing di spot Pulau Medang dan Pulau Skonci :


Spot dan Kapal mancing di Sumbawa
Hasil mancing di Pulau Skonci

hasil mancing di Medang dan Pulau Moyo

Ikan ruby banyak mendominasi spot di Sumbawa


Yang perlu sobat perhatikan jika ingin mencoba merasakan sensasi mancing di laut Sumbawa yaitu mempersiapkan perangkat keselamatan sendiri, seperti life jacket dll, karena sebagian besar kapal kapal mancing yang juga kapal nelayan jarang di lengkapi life jacket.

Untuk lebih jauh mengetahui informasi mengenai kapal kapal mancing di daerah sumbawa sobat mancing bisa menghubungi guide mancing di daerah Sumbawa yaitu Tole M Thok (FB) contact person phone (WA) +6287863884555

semoga bermanfaat..





Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing