Spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur

Spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur

Spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur
Mandara Edo Tense selfie dengan ikan tangkapannya

Rock fishing merupakan salah satu teknik mancing yang di lakukan dari pinggiran pantai yang berbatu atau dari atas tebing.

Bagi penghobby mancing rock fishing, teknik ini memiliki sensasi tersendiri, mungkin bukan sekedar mancing, tapi lebih berpetualang, untuk menaklukan medan medan yang sangat menantang, tidak semua orang punya nyali untuk ini, saya pun berfikir hanya orang orang gila yang mampu melakukan, hahaha......

Sebagian pemancing lain mungkin akan mempertimbangkan resiko dan kepuasan yang di dapatkan, ini bukan semacam hitungan matematika 3 x 3 = 9, tapi lebih ke memperhitungkan secara tepat resiko jika cidera bahkan hingga kehilangan nyawa yang tiap menitnya selalu mengintai.

Menentukan waktu yang tepat untuk melpar lure

Pemancing rock fishing pasti sadar betul tentang resiko yang kemungkinan berakibat fatal, misalkan jatuh terpeleset saat kurang tepat menginjak tebing atau batu pijakan sangat licin, andai jatuh dari ketinggian 1 meter dari atas tebing, mungkin hanya sekedar mengalami memar atau luka di beberapa bagian tubuh, tapi jika tebing tersebut memiliki ketinggian 10 atau 50 meter yang di bawahnya berupa karang karang tajam atau bebatuan, entah lah mungkin hanya ke ajaiban yang bisa menjawabnya.

Spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur
Posisi tebing karang yang sangat Extreem

Belum lagi jika peralatan perlengkapan yang kurang mendukung, seperti tali tambang, batang bambu ataupun tangga darurat yang jika tiba tiba bermasalah. Seperti tali putus tergesek karang, atau tangga yang kita injak tiba2 roboh, tentunya hal hal seperti ini harus semaksimal mungkin bisa di hindari.

Spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur
Alat bantu yang berupa bambu untuk menaklukan tebing karang

Memancing rock fishing resikonya tidak sekedar tantangan menaklukan tebing tebing karang menuju spot, mancingnya pun juga memiliki resiko yang cukup tinggi, terutama di spot spot batu mandi yang setiap saat bisa saja di terjang ombak apalagi jika tiba tiba terjadi pasang cukup besar, jika kita tidak konsentrasi penuh mengawasi keadaan sekitar terutama pengambilan waktu yang tepat untuk melempar lure di antara sela sela deburan ombak yang datang, tidak menutup kemungkinan jika salah perhitungan bisa saja terseret ombak.

Spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur
Melawan deburan ombak ketika mencing dari atas tebing

Pengambilan posisi ketika fight dengan ikan juga memerlukan keahlian khusus, karena adu betot dengan ikan di atas karang tajam dan licin bukan sesuatu yang mudah, resiko terpeleset, kemudian terseret bahkan tercebur bukanlah hal yang lucu, atau jika terjadi line break dan mental, di belakang kita karang tajam atau bebatuan pastinya sudah menunggu.

Saat fight dengan gt dari atas tebing (photo Aprie GT Holic)

Rock fishing dan landbase popping benar benar merupakan extreem fishing dengan segudang resiko.

Spot spot rock fishing banyak terhampar di pesisir pantai Jogjakarta, Pacitan dan beberapa daerah lain di indonesia.

Berikut ini salah satu spot rock fishing yang sangat potensial yang ada di daerah Jember Jawa Timur, yang bisa di jangkau menggunakan perahu dan dilanjutkan berjalan  kaki dengan rute yang tidak terlalu extreem seperti di daerah Jogja dan sekitarnya, sehingga tidak terlalu beresiko untuk sampai ke spot, akan tetapi tetap saja anda harus benar benar berhati hati dan waspada saat memancing, karena lawan kita adalah ombak dan karang karang tajam yang sewaktu waktu mengintai kita.


Berikut ini beberapa titik spot rock fishing potensial di Jember Jawa Timur, yang ada di kawasan Meru Betiri, Payangan / Watu Ulo dan Papuma :


1. Spot lokasi Manung / Meru Betiri

2. Spot Manung Ringginan

3. Spot penyon di kawasan Meru Betiri

4. Spot Nangelan

5. Spot Penggeler di kawasan  Payangan / Watu Ulo

6. Spot kawasan papuma

7. Spot Piser di kawasan Payangan / Watu Ulo

8. Spot Pengkol di kawasan Payangan / Watu Ulo

9. Spot Penyom di kawasan Meru Betiri Bandealit

10. Spot Stubu di kawasan Meru Betiri

11. Spot Bandealit Arongan

12. Spot Papuma

Untuk menuju spot spot tersebut bisa menggunakan jasa perahu jukung dari dermaga Papuma untuk antar jemput, mulai pagi hingga keesokan harinya, yang di tempuh kurang lebih 3 jam dan di lanjutkan jalan kaki melintasi tebing dan batu terjal kurang lebih selama 1 jam untuk sampai di salah satu lokasi.

Perjalanan menuju spot dengan kapal jukung


Berikut beberapa report mancing rock fishing di daerah Jember Jawa Timur.





Report sobat Mandar Edo Tense FB dari beberapa titik spot di daerah Jember Jawa Timur.

Perlengkapan yang harus di persiapkan untuk mancing rock fishing


1. Tenda, obat anti nyamuk, sarung tangan, kaos kaki, sepatu boot, life jacket, obat obatan, alat komunikasi, collbox dan es batu, perlengkapan masak, panci kompor parafin, ganco dan tali untuk menaikan ikan, dan Tali tambang.

2. logistik ; beras, bumbu dapur, kopi, indomie dan makanan ringan, jangan lupa membawa lebih air minum, baik untuk minum atau memasak.

Teknik mancing


Pada waktu siang hari kita bisa mengaplikasikan teknik landbase popping dan casting, dengan target giant travelly, blufin travelly, barracuda dan tenggiri, pada malam hari bottom fishing dengan menggunakan umpan lemuru, udang atau cumi, dengan target kakap merah, kerapu, kampur dan lain lain, (baca teknik mancing dari atas tebing)

Tips mancing rock fishing.


- Gunakanlah pakaian yang ringan, dan selalu memakai life jacket saat mancing, sehingga jika terjatuh ke laut akan mudah untuk melakukan penyelamatan.

- Tetap fokus melihat ombak yang datang sehingga tepat dalam menentukan waktu kapan akan melempar umpan terutama pada posisi spot yang tidak terlalu tinggi dari permukaan air.

- Bawalah guide atau pemandu mancing yang sudah sangat kenal dengan lokasi tersebut, sehingga tau mana lokasi yang boleh atau tidak boleh di pergunakan untuk memancing, dalam hal ini tidak menimbulkan resiko terlalu berbahaya.

- Carilah lokasi dengan dasar yang tidak begitu tajam dan licin, sehingga jika terjatuh tidak terlalu fatal.

- Usahakan satu team berisi 4 orang atau lebih sehingga jika mengalami ke sulitan akan mudah di atasi.

- Perlengkapan komunikasi, dan peralatan lain seperti tali tenda dan yang lainnya harus di siapkan secara matang, dan di cek ulang sebelum kapal pengantar meninggalkan lokasi

- Update cuaca dan waktu pasang naik dan pasang surut berdasarkan kalender bulan dari website atau aplikasi yang di sediakan oleh playstore.

- Senantiasa berdoa dan jika kondisi kurang fit alangkah baiknya jangan terlalu memaksakan diri.

- Selalu bersikap baik dan menghargai kearifan lokal.

Bagi sobat yang ingin mencoba teknik mancing rock fishing di daerah Jember silahkan menghubungi sobat Feri (Madara Edo Tense FB)
Telp : 083847967566/08532166605, yang siap memandu sobat untuk merasakan sensasi rock fishing.

Sekian salam strike ......and safety first.

Koresponden : Madara Edo Tense FB

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing