Senar Braided X4 versus X8 mana yang terbaik?

Senar Braided x4 versus Braided x8

Senar Braided X4 versus X8 mana yang terbaik?
Proses pembuatan Braided

Braided atau lebih dikenal dengan sebutan PE merupakan jenis Multifilament yang memiliki banyak serabut, yang di anyam menjadi satu helai dan tiap helai di kepang lagi seperti rambut.

Senar braided memiliki beberapa kelebihan antara lain :

Braided atau PE memiliki sensitivitas lebih baik di banding jenis monofilament atau jenis lain, braided mampu mentransmisikan informasi dari lure/umpan ketika di sambar ikan.

Braided/ PE memiliki diameter yang lebih kecil di banding jenis monofilament dengan kekuatan (lb) yang sama, seperti contoh diameter PE ukuran 30 lb setara dengan monofilament 12 lb dengan diameter yang sama.

Sedangkan keuntungan senar dengan diameter tipis antara lain : 

- Senar berdiameter kecil memungkinkan kita bisa melempar umpan lebih jauh di banding senar dengan diameter besar, begitu juga ketika kita menurunkan umpan seperti metal jig kedalam air, senar dengan diameter kecil/tipis akan sedikit sekali menerima hambatan dari arus air, sehingga umpan seperti metal jig akan lebih cepat turun hingga ke dasar.

- Senar berdiameter tipis memiliki ketahanan Abrasi yang lebih baik.

- Senar dengan diameter kecil memungkinkan spool reel mampu menampung senar lebih banyak, hal ini sangat penting ketika kita akan memancing di spot spot cukup dalam dan memerlukan senar yang cukup panjang, atau ketika kita memancing ikan yang memiliki karakter perenang cepat cenderung horizontal dan bertenaga kuat.

Braided sangat sedikit mengalami peregangan, hal ini akan menguntungkan kita ketika memancing ikan ikan yang mendiami area karang, karena semakin banyak senar mengalami peregangan saat di tarik ikan akan memungkinkan ikan lebih mudah mencapai dasar dan menggesekan senar ke karang.

Braided memiliki sifat lebih ringan dan mengapung di dalam air, hal ini sangat cocok untuk memancing top water seperti casting menggunakan frogie minnow atau untuk teknik popping, itulah di antara kelebihan senar Brainded.

Senar Braided yang umum ada di pasaran adalah senar x4 dan senar x8, Brainded X4 adalah senar braid dengan konstruksi 4 yarns sedangkan x8 ber kontruksi 8 yarns.

Senar Braided X4 versus X8 mana yang terbaik?
Braided X4
Senar Braided X4 versus X8 mana yang terbaik?
Braided X8

Kesamaan dari keduanya adalah :

- keduanya berbahan PE atau pholy ethylene.
PE memiliki karakter berdiameter kecil dengan kekuatan besar. Yarns PE sendiri adalah termasuk jenis fiber yang sangat kuat, yang juga menjadi bahan utama rompi anti peluru dengan kontruksi yang tepat, kain PE yang berlapis mampu menahan laju peluru.

- PE3  X4 dan PE3 X8 memiliki diameter yang sama, dengan berat dan kekuatan yang sama.

- PE3 X4 di kontruksi dengan 150 den x 4 yarns = 600 den, PE3 X8 di kontruksi dengan 75 den x 8 yarns = 600 den  (dengan kontruksi yang berbeda namun hasil akhirnya berukuran sama)

- Berat senar baik PE3 X4 maupun PE3 X8 untuk 1000 meter adalah 70 gr tidak termasuk coaiting.

Cara menghitung berat braided cukup mudah no 1 : 23.3 gr / 1000 meter jadi kalikan no PE dengan 23.3 gr maka akan di peroleh berat senar per 1000 m

- Kekuatan senar baik PE3 X4 maupun PE3 X8 berkisar di 30 lb - 40 lb

Perbedaan keduanya :

- Braid X4 permukaanya kurang halus sedangkan X8 permukaanya lebis halus

- Braid X4 lebih kaku di banding X8 yang lebih lembut

- Braid X4 memiliki ukuran dari mulai PE 0.4 sampai PE 4, sedangkan untuk PE 5 memiliki permukaan lebih kasar

- Braid X8 memiliki ukuran dari PE 0.8 sampai PE 16

- Braid X4 harganya lebih murah dibanding Braid X8

- Braid X4 saat di gunakan untuk casting dan retrive akan terasa lebih kasar dan berbunyi akibat gesekan permukaan senar dengan ring guide joran di banding Braid X8

Demikinlah persamaan dan perbedaan braid X4 dan X8, untuk kekuatan keduanya cenderung sama mungkin hanya masalah kenyamanan dalam segi pemakaian, pada intinya semua kembali ke pada pribadi masing masing dalam menetukan pilihan.

Semoga bermanfaat.


Kolaborasi Media Pancing dan mancingmania.com

Comments

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro