Teknik Mancing cumi di pemecah ombak Megamas Manado

Teknik Mancing cumi di pemecah ombak Megamas Manado


Teknik Mancing cumi di pemecah ombak Megamas Manado
Agus Mulyono dengan cumi hasil mancing

Megamas Manado, merupakan salah satu kawasan bisnis yang sedang berkembang di kota Manado. Kawasan reklamasi seluas 36 Ha, ini terletak di ruas Jln. Piere Tendean (Boulevard) Manado. Kawasan Megamas sendiri tidak jauh dari garis pantai, yang di sepanjang pantainya banyak di bangun pemecah ombak.

Sehingga banyak mania mancing yang memanfaatkan pemecah ombak tersebut sebagai tempat mancing yang cukup potensial. Hampir di sepanjang batu border. Batu border merupakan bentuk dari reklamasi pantai. Sehingga kedalamanya bisa mencapai 5 sampai 20 meter.

Teknik mancing di sekitaran kawasan megamas manado bisa di lakukan dengan cara landbase baik casting maupun dasaran. Hampir di sepanjang pantai mulai kecamatan Malalayang, Wenang, Wanea, Tuminting, Molas, hingga Panjang Seeh.

Salah satu teknik yang biasa di lakukan oleh pemancing lokal yaitu teknik AJING, yaitu salah satu teknik casting dari pemecah ombak dengan target ikan kembung, selain ikan kembung ada juga jenis ikan baby GT, baracuda, atau cendro yang menjadi target mancing.

Joran yang dipakai untuk mancing dengan teknik ajing panjang berkisar 2 meter dengan karakter sangat lentur antara 1- 8 lb dengan menggunakan monofilament ukuran 4 lb. Menggunakan umpan softlure yang berukuran kecil mirip cacing seperti contoh softlure Mamaworm. Sedangkan waktu terbaik untuk mancing dengan teknik ajing yaitu ketika menjelang pasang dan menjelang surut.

Mancing dengan teknik ajing

Di spot pemecah ombak kawasan Megamas sendiri banyak sekali terdapat cumi cumi besar, yang biasa menjadi target mancing bagi pemancing lokal. Bahkan mancing cumi di kawasan Megamas jauh lebih populer di banding teknik teknik mancing lain. Karena cumi yang terpancing  rata rata berukuran besar.

Teknik mancing cumi di Megamas Manado
Teknik Mancing cumi di pemecah ombak Megamas Manado
cumi hasil mancing di kawasan Megamas

Teknik mancing cumi di kawasan megamas yaitu menggunakan teknik casting baik dari pemecah ombak atau dengan menyewa kapal nelayan.

Jenis piranti yang di gunakan antara lain.

Joran :  Panjang mulai 8-10 ft, action reguler fast,

PE : 04- 1.2

LURE : Capela/udang udangan (Squid jig) tipe floating dan singking untuk target cumi di permukaan, capela yang biasa di gunakan yaitu Egi Yamashita Q live type basic 3.0
Mashita sendiri ada model Sutte R, K series, Q live, semua bisa di gunakan.
Lure jenis capala

Untuk yang kelas murmer biasanya menggunakan Black magic ukuran 2.5 sampai 3.0

Spot : Spot yang terbaik untuk mancing cumi yaitu yang masih alami di sekitar pemecah ombak, dengan kondisi air yang masih bersih, jika sedikit keruh cumi kurang agresif.

Waktu terbaik mancing cumi yaitu di lakukan pada malam hari, meskipun pada siang hari terkadang juga makan, ketika air surut, menjelang surut dan menjelang pasang, ketika kondisi pasang mancing cumi akan susah.

Berikut report mancing cumi di pemecah ombak Kawasan Megamas Manado




Semoga bermanfaat.

Koresponden : Agus Mulyono (FB)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro