Treble hook versus single hook

Treble hook versus single hook

Treble hook versus single hook

Hook/kail merupakan komponen penting di dalam memancing, banyak ikan gagal landed akibat hook, bahkan ketika ikan menyambar umpan begitu kuat tapi tidak mampu hook up dengan sempurna, yang disebabkan oleh hook yang mungkin kurang tajam atau pemakaian hook yang terlalu besar, atau saat fight dengan ikan sudah begitu lama tiba tiba mata kail/hook lurus ikan pun harus terlepas. Hook merupakan peranti terdepan di dalam mancing yang mengambil perananan penting untuk bisa sukses mulai dari hook up hingga landed.

Banyak sekali model model hook yang beredar di pasaran yang tentunya memiliki keunggulan masing masing, seperti treble hook, circle hook, double hook, single hook dan lain lain.

Sedangkan model model dari single hook sendiri juga sangat banyak yang bisa di sesuaikan dengan teknik mancing sobat mancing sendiri.

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas antara penggunaan treble hook versus single hook.

Treble hook sering kita jumpai di gunakan pada pemakaian beberapa lure seperti minnow, popper, metal jig dan sebagainya, yang terkadang sudah di bekali langsung dari pabrikan lurenya. Tapi bagaimana jika penggunaan treble hook pada umpan tersebut di ganti dengan single hook ?......

Pada dasarnya memancing itu adalah seni selain hanya masalah sensasi dan kepuasan. Kepuasan mancing juga sangat berbeda beda tergantung cara masing masing angler untuk menikmatinya, ada yang suka dengan komunitasnya, ada yang suka mendapat ikan banyak, ada yang cenderung memburu ikan besar, ada pula yang suka melakukan eksperimen tentang beberpa hal. Tak ubahnya seperti kita membeli sebuah sepeda motor yang jelas sudah nyaman di pakai, tapi terkadang ada saja keinginan kita untuk merubah atau memodifikasi, hal ini tentunya juga berkaitan dengan kepuasan itu sendiri.

Beberapa kelebihan dan kekurangan pada pemakaian treble hook dan single hook yang bisa kita amati antara lain

Treble hook memiliki 3 mata pancing  di tiga penjuru arah, ketika ikan menyambar umpan dari arah mana saja, ke mungkinan tersangkut treble hook sangat besar, tapi kelemahannya bentuknya sangat besar karena terdiri dari 3 kail yang di jadikan satu, jika terjadi hook up hanya pada salah satu mata kail, kemungkinan mocel cukup besar bahkan tidak jarang hingga salah satu sisi kail yang terkena rahang ikan bisa lurus.

Pada pemakaian treble hook ukuran besar jika terjadi hook up lebih dari dua mata kail akan sangat susah melepas treble dari mulut ikan, sedangkan single hook memiliki bentuk yang simple dan ramping, jika di bandingkan dengan treble hook sendiri otomatis satu mata kail singgle hook akan jauh lebih besar dan lebih kuat dari pada salah satu sisi treble hook, artinya jika terjadi hook up, single hook akan jauh lebih kuat di banding jika hook up hanya pada salah satu mata pancing pada treble hook, kelebihan lain dari single hook memeliki tingkat penetrasi lebih baik ketika ikan menyambar umpan, karena tidak terhalang seperti treble yang memiliki tiga sisi mata pancing sehingga akan lebih mudah hook up dengan sempurna.

Treble hook versus single hook
Penggunaan single hook pada popper

Untuk perbandingan lain mungkin tidak berbeda jauh mengenai keunggulan dan kelemahan masing masing hook, tapi sekali lagi memancing itu juga bisa di kategorikan sebuah seni di mana kita bebas bereksperiment dengan sesuatu hal yang baru, baik teknik, umpan, atau penerapan aksesories alainnya untuk perlengkapan mancing.

Treble hook versus single hook
Hook up single hook pada popper

Berikut ini beberapa cara pemasangan single hook pada beberapa lure yang bisa kita coba, dan menurut saya jika kita menerapkan sesuatu hal yang baru dan mendapatkan kesuksesan tentunya kepuasanya akan berlipat lipat. Karena kepuasan itu sendiri yang kita cari di dalam memancing.

Treble hook versus single hook
Pemasangan 2 single hook untuk popper maupun stick bait

Treble hook versus single hook
2 single hook pada stick bait

Treble hook versus single hook
Penggunaan single hook dengan kevlar pada popper

Treble hook versus single hook
Pemasangan single hook pada popper

Treble hook versus single hook
Pemasangan single dengan assist pada minnow

Treble hook versus single hook
Pemasangan single hook pada metal jig

Contoh contoh di atas merupakan cara pemasangan single hook pada popper, stick bait, minnow dan metal jig yang bisa sobat mancing coba karena tidak ada rumus baku di dalam memancing.

Note : Jika ingin mengganti treble hook dengan single hook usahakan sesuaikan berat hook pengganti, agar tidak mempengaruhi action lure itu sendiri terutama untuk pamakaian lure seperti stick bait floating yang lebih sensitif dengan pemakaian ukuran hook.

Terima Kasih sudah membaca artikel ini.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged