Landbase dan Rock Fishing ala Londo Edan

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan
Mancing Rock Fishing

Jogja Kenthir Team bukan sembarang nama tapi sebuah komunitas mancing yang sudah sangat lekat dengan petualangan mancing landbase maupun rock fishing atau teknik mancing dari atas tebing. Apalagi karena di dukung geografis wilayah pantai selatan mulai dari Jogja,  Gunung kidul, trenggalek hingga pacitan, banyak sekali tebing tebing karang yang sangat potensial untuk mancing landbase popping maupun rock fishing.

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan
Logo Jogja Kenthir Team

Londo Edan sosok angler yang tak asing lagi di dunia mancing rock fishing, nama Edan sendiri  merupakan bukti dari pengalamannya yang cukup luar biasa mengalahkan rasa takut, bermodalkan keyakinan dan rasa percaya diri dan selalu berhati hati dalam memperhitungkan segala sesuatunya, sehingga bisa terus meramaikan dunia mancing Indonesia hingga saat ini bersama Jogja Kenthir Team.

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan
Trio Kenthir Team
Berikut ini salah satu report rangkaian trip Londo Edan bersama Jogja Kenthir Team antara lain Apri GT Holic dan Aprizal Tristigana baru baru ini pada tanggal 2 oktober di spot Becici, 25 oktober di spot Goa Langse dan tanggal 25 april di spot Watu Saru Kecamatan Panggang Kabupaten Gunung kidul, serta tips dan triks landbase dan rock fishing ala Londo Edan

Hasil mancing di spot Becici, Goa Langse dan Watu saru 


Landbase dan rock fishing ala Londo Edan

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan

Landbase dan rock fishing ala Londo Edan


Seperti biasa sebelum menuju spot Becici dan Goa Langse team mampir ke bascamp di area parkir setelah melewati spot Paralayang di sekitar pantai Parang Tritis, untuk bertemu dengan 2 orang Poter,  yaitu mas Pran dan mas Salim, mereka berdua merupakan warga setempat yang paham sekali dengan kondisi daerah di sana, poter memiliki peranan penting sebagai penunjuk jalan sekaligus membantu membawa barang bawaan, hal ini sangat penting sebagai bagian dari prioritas keselamatan kita. Dimana kesalahan sedikit saja karena ketidak tahuan kita tentang lokasi baik medan maupun cuaca akan berakibat fatal, kita mau mancing mas bukan menantang maut haha....kata Londo Edan. Poter juga sebagai bentuk kearifan lokal yang terbentuk secara natural karena faktor kebiasaan dan pemahaman mengenai kondisi suatu spot yang harus kita ikuti saat kita mancing di spot manapun.

Spot Becici memiliki ketinggian 2 sampai 5 meter dari permukaan laut sangat ideal untuk mancing Rock popping, untuk menuju spot Becici harus melalui jalan darat sekitar 4 km, dengan kondisi medan cukup terjal, kurang lebih butuh sekitar satu jam untuk sampai di Pelawangan, yang merupakan pintu masuk dimana kita akan memulai menuruni tebing curam dengan kemiringan  vertical 90 derajat dengan ketinggian 80 meter di atas permukaan air. Sedangkan di spot Goa Langse memiliki kemiringan hampir sama dengan ketinggian 150 meter di atas permukaan air laut.

Sayangnya di spot Becici dan Goa Langse tidak ada pengamanan yang mendukung hanya berpegang pada batang kayu dan bambu yang di ikat di dinding tebing, dengan kondisi jalan yang lebarnya hanya separuh telapak kaki, kemudian sisanya kita harus menuruni jurang dengan hanya berpegangan pada batang dan akar pohon di sekitar tebing yang hampir separuh perjalanan menuju spot.

Setelah sampai bawah masih harus di lanjutkan melintasi jalan berbatu yang terjal dengan ketinggian sekitar 30 meter di atas permukaan laut, hingga sampai di sebuah jembatan yang terbuat dari 3 batang kayu yang dirobohkan barulah kita sampai di lokasi tempat mancing.

Hal hal yang harus di perhatikan ketika kita mancing di spot Becici dan Goa Langse

- Gunakan selalu sepatu dengan alas bergerigi, agar kokoh setiap injakan kaki kita di parit parit sisi tebing.

- kondisi badan harus fit karena dari perjalananannya menuju spot sudah sangat menguras stamina, sekali saja kehilangan fokus atau terpeleset di jamin tidak akan pernah selamat.

- Perbekalan air minum harus cukup jangan sampai kurang karena kita akan sangat banyak mengkonsumsi air, terutama ketika cuaca sangat terik.

- Jangan terburu buru atur nafas dengan baik, perasaan ingin cepat sampai akan mencelakakan diri kita sendiri, Jika kondisi sudah cukup lelah sebaiknya istirahat tidak perlu memaksakan diri.

- Amati dengan seksama setiap pijakan kaki dan akar atau batang pohon sebagai panduan kita, sehingga tidak akan sampai terpeleset atau jatuh, karena ini benar benar medan yang sangat Extreem.

- Pastikan MENTAL anda sudah siap tidak boleh sedikitpun ada kata ragu yang nantinya menjadi bumerang buat kita sendiri selama mancing.

- kedepankan kerja sama team sebagai sebuah team work yang solid, yang benar benar bisa bekerjasama serta saling melindungi, dan masing masing bisa mengambil peranan untuk saling mendukung demi kesuksesan sebuah trip mancing.

Tips Dan Trik Rock Popping

- Pastikan cuaca benar benar dalam kondisi baik, untuk melihat prediksi cuaca anda bisa mengakses BMKG, SURF FORCAST, STORM SURF, free meteo dan sebagainya yang sekiranya bisa kita jadikan patokan, terutama untuk melihat waktu pasang dan surut air. Dimana sangat berpengaruh dengan perubahan tinggi rendah tebing dari permukaan laut.

- kejernihan air menjadi salah satu faktor kesuksesan mancing rock popping, jika kondisi air terlalu keruh sebaiknya perjalanan trip kita tunda.

- Peralatan popping standart seperti yang umum di gunakan, sesuaikan dengan karakter dan kemampuan kita masing masing dalam menggunakannya, kecuali pemakaian leader, sebaiknya gunakan leader berukuran besar agar tidak mudah putus tergesek karang.

- Untuk pemilihan lure sebaiknya gunakan lure dengan warna cerah, dan memiliki action bagus agar sugesti kita juga semakin kuat untuk mendapat sambaran,

- Cari lokasi yang benar benar aman saat kita fight dengan ikan sehingga bisa terhindar dari hal hal yang tidak kita ingin kan.

- Amati pergerakan air yang datang ketika di spot landbase, ketika kondisi permukaan air tidak terlalu jauh dengan tinggi tebing, yang suatu saat gelombang bisa datang menghantam.

- Minimalis segala resiko dengan tetap berhati hati dan selalu waspada, baik selama action memancing maupun dari gangguan binatang maupun extreemnya cuaca.

Spot Rock Fishing di desa Jepitu Kecamatan Giri Subo Kabupaten Gunung Kidul.

Gunung kidul merupakan daerah pesisir pantai selatan dengan kondisi laut yang masih cukup terjaga, banyaknya ikan ikan besar penghuni karang yang tak jauh dari bibir pantai merupakan salah satu bukti laut di sekitaran Gunung kidul masih sangat bagus potensinya untuk mancing dengan berbagai teknik.

Berikut ini report mancing rock fishing Londo Edan dan Kenthir Team di daerah Gunung Kidul.













Peralatan Mancing Rock fishing

- Joran : sebaiknya menggunakan joran dengan panjang, 3.5 sampai 4 meter, dengan action medium hard atau hard, agar bisa melempar umpan cukup jauh.

- Line Pe : sesuaikan dengan settingan reel dan joran yang kita gunakan, untuk rock fishing tidak menutup kemungkinan menggunakan senar dengan lb besar agar ketika fight dengan ikan besar tidak mudah putus tergesek karang.

- Pemberat : pergunakan pemberat di atas 120 gr, agar umpan tidak mudah terseret arus kembali ke pinggir.

- Umpan : umpan jenis ikan kembung, Tongkol, selar, atau Gurita yang sangat di sukai ikan GT dan ikan karang lainnya seperti kerapu, kampur atau Ngangas.

Untuk teknik rock fishing dengan cara bottom/ dasaran, team biasanya berangkat pada siang hari sekitar jam 1 siang, langsung menuju basecamp di rumah bapak Jumali di pantai Wedi Ombo di desa Jepitu Kecamatan Giri subo Kabupaten Gunung Kidul, dengan tradisi teh panas dengan pemanis dari gula batu, yang menjadi ciri khas daerah Jepitu di pantai Wedi Ombo.

Setelah istirahat kita langsung berangkat menuju parkiran di Pantai Jungwok dengan di temani bapak Jumali sebagi poter sekaligus sebagai penunjuk jalan menuju spot, setelah semua barang di turunkan kita mulai berjalan menyusuri pantai dengan medan bebatuan yang datar, hanya butuh langkah yang pas ketika menginjakan kaki dari batu satu ke batu lainnya, hingga sampai di spot WATU BONANG DAN GERINDAN kira kira jam 4 sore. Dimana pada waktu pagi dan sore biasanya GT yang menjadi salah satu target lebih agresif mencari mangsa.

Pada waktu sore hari Gurita kecil merupakan umpan terbaik untuk memburu GT dengan teknik dasaran, ketika malam kita bisa menggunakan umpan selar atau tongkol, untuk target ikan kerapu batu, kampur, dan sejenis kakap merah, atau ngangas. Untuk teknik koncer dengan target barracuda kita gunakan umpan ikan selar, dan gelap bulan merupakan waktu yang tepat untuk mancing dengan teknik ini, Jika strike terutama ikan GT yang lumayan besar pak Jumali lah yang bertugas mengganco ikan ke permukaan, tugas ini tidak semua orang berani melakukan karena harus tepat sekali dalam perhitungan membaca datangnya gelombang, sedikit aja kesalahan akan ber akibat fatal, bisa tersapu ombak.

Selain sebagai Poter, Bapak jumali merupakan pemancing lokal yang handal, termasuk dalam hal membaca situasi dan kondisi di sekitar lokasi yang cukup rawan.
Oleh karena itu komunitas Kenthir Team memberi support beberapa alat pancing yang bisa di gunakan beliau sebagai mata pencaharianya.

Perlengkapan dan tips keselamatan mancing Rock Fishing.

- Gunakan selalu sepatu booth, jaket, terpal yang nantinya bisa kita gunakan sebagai tenda untuk tempat berteduh, lift jacket untuk safety, dan beberapa obat obatan terutama sebagai penanggulangan awal dimana terjadi hal hal yang tidak kita ingin kan, karena jika terjadi sesuatu yang butuh penanganan tim medis butuh waktu beberapa jam untuk bisa sampai ke rumah sakit terdekat,

- Perhatikan setiap langkah kaki karena bebatuan yang kita lewati sangat licin karena sering terendam air dan berlumut.

- Selalu gunakan jasa poter sebagai penunjuk jalan meskipun kita sudah beberapa kali mancing di lokasi tersebut, karena poter merupakan orang orang lokal yang sangat mengerti kondisi di lapangan.

- Perhatikan setiap pergerakan dan perubahan air dimana kondisi spot ini tidak terlalu tinggi dari permukaan air yang setiap saat bisa saja air naik menyapu tebing karang,

Spot Watu Bonang dan Gerindan merupakan salah satu spot yang menyenangkan akan tetapi juga menjadi spot yang rawan, sudah cukup banyak yang menjadi korban tergulung ombak karena ke lalaian dan kurang berhati hati dalam mengamati kondisi perubahan dan pergerakan air.

Sekian artikel mengenai landbase dan rock fishing ala Londo Edan, sekali lagi kita mancing hanya untuk sebuah hobby bukan untuk menantang maut, sudah banyak sekali korban korban meninggal ketika melakukan mancing rock fishing, seyogyanya faktor  keselamatan tetap di utamakan, jangan pernah malu untuk bertanya kepada yang lebih senior dan cukup berpengalan terutama mengenai perlengkapan yang berhubungan langsung dengan keselamatan,  sekali lagi safety first......!!!!!

Koresponden : Londo Edan

Comments

Post a Comment

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing