Mancing Belanak menggunakan umpan roti

Mancing Belanak menggunakan umpan roti
Pemancing lokal Saudi Arabia mancing belanak dengan umpan roti

Mancing merupakan salah satu hobby yang sangat mengasyikan, tinggal bagaimana cara kita menikmatinya, terkadang  hanya karena terobsesi  oleh sebuah difinisi yang salah, membuat kita sering terjebak dan melupakan kaidah kaidah mancing itu sendiri, sehingga terkadang kita sulit mendapatkan kepuasan di dalam mancing.

Berangkat dari artian mancing yang sesungguhnya yaitu sebuah hobby, tentunya banyak hal hal menyenangkan yang bisa kita dapatkan, mulai dari menikmati semua prosesnya hingga bisa menikmati hasil mancing dalam artian merasakan sensasi tarikan ikan.

Seperti hal nya mancing ikan belanak dari pinggir pantai  yang biasa di lakukan oleh pemancing pemancing Saudi Arabia yang akan saya bahas pada pertemuan kali ini. Kita bisa melihat para pemancing tersebut. begitu menikmati sensasi mancing ikan ini.

Mancing Belanak menggunakan umpan roti
ikan Belanak

Ikan belanak adalah ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Belanak termasuk ikan pelagis yang bisa di temui di air asin atau air payau mendekati tawar. Cara mancing ikan ini terkenal cukup sulit namun ada beberapa teknik mancing belanak yang belakangan ini begitu poppuler, seperti mancing belanak menggunakan botol yang menjadi trend di wilayah cilacap atau mancing belanak menggunakan umpan roti.

Mancing belanak menggunakan umpan roti merupakan cara mancing yang khas yang biasa di lakukan oleh pemancing pemancing Saudi Arabia ketika memasuki musim panas yang mencapai 38 hingga 40 derajat celcius, ketika musim ini tiba hampir bisa di temui di sepanjang garis pantai di jalan Masjid Hani Rifai andalus Jedah  atau dikenal dengan sebutan Toriq Malik  banyak berjejer para pemancing belanak yang diantaranya terdapat sobat mancing dari Insane Fishing Club Saudi Arabia yang beberapa waktu lalu terbentuk.

Berikut beberapa reportnya :






Teknik mancing belanak menggunakan umpan roti

Teknik mancing belanak di lakukan dari pinggir pantai di mana pada saat kondisi air mendekati pasang hingga saat mendekati surut, mulai jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Akan tetapi jika kondisi air surut terendah ikan belanak akan sangat sulit di temui di pinggir pantai atau muara.

Mancing Belanak menggunakan umpan roti
Spot mancing belanak di Masjid Hani Rifai Andalus street Jedah

Peralatan mancingnya menggunakan joran tegek atau joran antena dengan panjang mulai dari 3.5 meter hingga 4.5 meter tergantung kenyamanan masing masing.


Menggunakan rangkaian mata kail yang cukup banyak antara 10 hingga 12 mata kail dengan di beri pemberat di bawahnya dan di atasnya di beri pelampung agar umpan tidak tenggelam dan mudah di identifikasi ketika umpan mulai di sambar ikan belanak.

Mancing Belanak menggunakan umpan roti
Rangkaian mancing belanak tampa menggunakan pelampung hanya memakai timah kecil sebagai pemberat

Mancing Belanak menggunakan umpan roti
Rangkaian mancing belanak menggunakan pelampung dan timah kecil sebagai pemberat

Cara memasang umpan roti pada mata kail ada dua macam yang biasa menjadi sebutan pemancing di Saudi yaitu :

- Samulin yaitu rangkaian mata kail yang terdiri dari beberapa mata kail di lilitkan ke roti
Mancing Belanak menggunakan umpan roti
Teknik memasang kail yang dililitkan ke roti tanpa menggunakan pelampung
- Es sami yaitu umpan roti di kaitkan pada mata kail satu persatu.


Mancing Belanak menggunakan umpan roti
Teknik Es sami menggunakan pelampung

Selain menggunakan umpan roti, cara mancing belanak juga bisa menggunkan teknik garong menggunakan kail yang cukup banyak.

Cara mancing belanak kita mencari lokasi di pinggir pantai atau dekat muara yang sekiranya terlihat ikan belanak berenang di atas permukaan air dengan ciri ciri air beriak dan terlihat pergerakan ikan belanak, kita bisa menempat kan umpan yang sudah terpasang pada mata kail di depan dari arah ikan ikan belanak berenang, tunggu beberapa saat hingga terlihat ikan belanak mulai mengerumini umpan kita, ketika terlihat pelampung mulai bergerak ke kanan atau kekiri artinya ikan sudah memangsa umpan kita, segera sentak joran biasanya beberapa belanak sudah tersangkut pada mata kail, atau bisa juga menggunakan sistim garong dimana kail tanpa umpan kita tempatkan di posisi dimana ikan ikan belanak berada di permukaan air, kemudian kita sentak pada saat yang tepat.


Tidak ada salahnya jika teknik mancing dari tempat lain kita aplikasikan di daerah kita, karena adanya hal hal baru akan semakin memperkaya wawasan kita, dan semakin menambah seni dari mancing itu sendiri.

Sekian semoga bermanfaat.

Koresponden : bavana hilmy IFC (Insane FC Saudi Arabia)

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing