Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Ikan gabus (chana striata)
Atau sering kita kenal dengan nama ikan kutuk, aruan, haruan, kocolan, bogo, bayong, licingan atau kabos dan masih banyak lagi nama lainnya di setiap daerah memiliki sebutan masing masing, yang dalam bahasa Inggrisnya yaitu snake head.

Ciri - ciri ikan gabus

Ciri dari ikan gabus berkepala besar dan agak gepeng (mirip kepala ular), bersisik (sisik besar di atas kepala), bertubuh bulat, sirip ekor membulat, bagian perut berwarna putih atau kekuningan, sisi tubuh berwarna coklat kehijauan serta memiliki corak kehitaman

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Gabus banyak terdapat  di danau, rawa, sungai, dan saluran-saluran air hingga ke sawah-sawah sebagai predator air tawar yang memangsa ikan -ikan kecil, serangga dan juga katak. Ikan ini memiliki kemampuan survival yang sangat bagus, karena salah satu kemampuannya bisa bernafas langsung di udara melalui organ labirin, sehingga ketika kondisi terjadi kekeringan, ikan ini akan berjalan di daratan untuk mencari lokasi yang terdapat air, terutama pada malam hari, terkadang gabus akan bertahan hidup dengan cara menguburkan diri kedalam lumpur.

Penyebaran gabus juga cukup cepat, seringkali ikan gabus terbawa air saat banjir memasuki kolam kolam budidaya atau tambak dan berkembang biak sehingga populasi gabus di kolam budidaya atau tambak akan menjadi hama, karena ikan ini akan memangsa ikan kecil yang menjadi ikan budidaya para petani tambak.

Gabus (chana striata) mempunyai 2 jenis tubuh yang berbeda

- Haruan atau Behau ( nama sebutan di kalimantan). Ikan ini berukuran 25cm sampai 80cm, di habitat nya behau atau haruan sering ditemukan berukuran besar kira-kira sebesar paha orang dewasa dan mampu mencapai panjang 70cm sampai 80cm. Habitat ikan haruan atau behau ini sangat menyukai perairan rawa, sungai-sungai kecil yang tidak berarus deras.

Haruan atau behau 

- Mihau atau Gabus Mihau
Sama namun sebenar nya berbeda dengan jenis behau atau haruan. Behau/ atau haruan mampu mencapai panjang 70-80cm, Sedangkan mihau biasanya berukuran sedang. Hanya sekitar 25-35cm saja.
Habitat ikan mihau ini juga menyukai tempat hidup di parit-parit kecil, rawa dan sungai-sungai berair tenang.

Mihau dengan warns perut kekuningan

Ikan gabus juga merupakan salah satu ikan yang menjadi target mancing bagi pemancing pemancing di Palangkaraya Kalimantan Tengah, selain jenis ikan ikan air tawar lain yang namanya mungkin jauh lebih poppuler.

Banyak sekali spot-spot untuk mancing gabus di Palangkaraya antara lain :

- Samuda, kota waringin timur (kalimantan tengah)
- Danau Takapan

- Medeng

- Danau Arut

- Danau Batu

- Di Sebangau

Serta banyak juga di lokasi galian galian Parit parit besar, atau di areal kerukan exavator dan sungai-sungai kecil di Kalimantan Tengah yang bisa di jadikan spot untuk mancing gabus.

Berikut report sobat mancing Dwi Nopianto dan kawan kawan di Palangkaraya yang mencoba explore gabus di danau dan rawa di daerah Pundu sekitar perkebunan kelapa sawit milik PT Windu.

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Mancing gabus rawa di daerah Pundu Kalimantan Tengah

Perjalanan menuju spot bisa menggunakan sepeda motor atau mobil,  kurang lebih sekitar 2.5 jam untuk sampai di spot  dari Palangkaraya :

Spot spot rawa di sekitar perkebunan kelapa sawit merupakan lokasi yang masih sangat jarang di datangi pemancing, sehingga potensi ikan nya juga masih banyak, selain ikan gabus ada juga jenis ikan lain seperti ikan peang, toman, dan ikan kerandang.

Teknik mancing yang di gunakan untuk mancing gabus rawa ada beberapa macam, bisa menggunakan teknik teknik casting, banjur (bottom) dan pair atau ngacar (sebutan di daerah Palangkaraya).

- Teknik casting gabus rawa tidak jauh berbeda dengan teknik casting gabus pada umumnya, kita bisa memakai umpan jenis pencil atau stick bait, soft frogy, hard frog, soft lure dan sebagainya.

- Teknik banjur (bottom) kita bisa gunakan umpan berupa cacing, anak katak, jangkrik atau tabuan (anak tawon).

- Teknik pair atau ngacar kita bisa gunakan umpan berupa anak katak atau jangkrik.

Manfaat dari ikan gabus

Ikan gabus sangat kaya akan kandungan protein di banding ikan ikan lain, selain sebagai ikan konsumsi harian ternyata banyak sekali manfaat ikan gabus baik untuk kesehatan atau mengobati penyakit, diantara manfaat ikan gabus antara lain :

- Membantu proses pembentukan otot
- Membantu mempercepat penyembuhan luka
- Sangat baik untuk pencernaan
- Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
- Membantu proses penyembuhan berbagai macam penyakit seperti : hepatitis, Infeksi paru, typhus, diabetes, stroke, dll
- membantu proses penyembuhan luka pasca oprasi
- Membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikianlah beberapa maanfaat ikan gabus.

Semoga bermanfaat.

Koresponden : Dwi Nopianto

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah