Plug jenis minnow dan crankbait

Plug jenis minnow dan crankbait

Plug  merupakan salah satu umpan tiruan terbuat dari bahan kayu atau plastik berongga yang di buat semirip mungkin dengan ikan ikan kecil atau binatang lain seperti tikus, kodok, atau udang, dengan action menimbulkan suara gemericik atau pop splash jika di mainkan. Plug atau Lure terdapat dua kategori yaitu surface lure (top water) dan subsurface lure atau (diving), baik dari jenis minnow maupun crankbait.

Minnow merupakan umpan tiruan yang terbuat dari bahan kayu atau plastik yang menyerupai ikan dengan bentuk ramping dan memanjang, pada bagian mulutnya di lengkapi lidah yang menjulur terbuat dari bahan plat besi maupun plastik akrilik yang dalam istilahnya disebut sebagai lips atau bibir.

Action minnow tergantung dari besar dan lebar sudut lidah yang mempengaruhi tingkat kedalaman menyelam saat di retrive. Dengan ciri khas meliuk liuk umpan jenis minnow mampu menggoda ikan predator permukaan atau di pertengahan air. Minnow di lengkapi kail berupa treble hook pada body bawah dan ekor, terkadang hingga tiga treble hook sekaligus dalam satu minnow.

Jenis minnow menurut daya apung dan tenggelamanya terbagi atas : Floating, slow floating, shallow, slow sinking, sinking.

Sedangkan crankbait salah satu jenis umpan buatan yang bentuk umumnya agak bulat dan gemuk dengan lidah yang lebar. Untuk membedakan jenis crank bait bisa di lihat dari ukuran lidahnya antara lain shallow dan deep diving.

Bagi para penggila teknik mancing casting baik fresh water maupun salt water, pemilihan umpan merupakan salah satu faktor penting yang memepengaruhi tingkat keberhasilan kita dalam memancing, misalnya menyesuaikan jenis umpan dengan ikan yang menjadi target dari kedalamannya, atau jenis umpan yang mampu mengusik ikan predator yang lagi malas memburu mangsa dsb. Berikut ini beberapa jenis plug yang sering kita jumpai di beberapa toko alat pancing.

Minnow


- Floating type,
umpan minnow jenis floating bekerja pada kedalaman 30 cm sampai 90 cm, biasanya efektif di gunakan untuk perairan dangkal atau untuk target ikan ikan permukaan seperti ikan pelagis, minnow jenis floating bentuknya menyerupai ikan kecil ramping dengan dua karakter antara lain floating dan slow floating.

Karakteristik minnow jenis floating mengapung di permukaan air, jika di tarik akan menyelam kedalam air beberapa centimeter, dan akan kembali mengapung di permukaan air ketika diam, sehingga bisa di lakukan teknik retrive stop and go untuk menarik perhatian ikan predator di permukaan.

Plug jenis minnow dan crankbait
Gmb floating minnow

- Shallow type yang memiliki kemampuan menyelam lebih dalam antara 1,5 meter hingga 2.5 meter. Untuk target ikan ikan yang dekat dengan permukaan (middle range).

Plug jenis minnow dan crankbait
Minnow jenis shallow

- Sinking type memiliki kemampuan menyelam pada kedalaman 3 hingga 5 meter, minnow type sinking memiliki berat tertentu sehingga mampu tenggelam di dalam air, ada 2 jenis minnow jenis sinking yaitu slow sinking dan sinking, kedua jenis ini bisa di bedakan pada tingkat kedalaman.

Minnow jenis sinking memiliki action menyelam mendatar (horizontal) pada kedalaman tertentu. Jenis minnow ini sangat cocok untuk memburu target target ikan dasar atau setengah air (tergantung kedalaman spot).

Plug jenis minnow dan crankbait
Minnow type sinking


- Dive type minnow untuk target ikan ikan di kedalaman biasanya lebih cocok di gunakan untuk teknik trolling.

Plug jenis minnow dan crankbait
Gmb minnow dive

Crankbait


- Floating Shad/Perch, merupakan jenis crankbait yang memiliki bentuk lebih gemuk dan lebih besar  di banding minnow, lure jenis ini terbuat dari bahan kayu maupun plastik yang di dalamnya di isi gotri sebagai pemberat yang jika di mainkan mengeluarkan bunyi ter ..ter..ter..mirip suara ekor ular rattle sehingga lebih di kenal dengan sebutan loud rattle. Nama shad and perch sendiri merupakan nama jenis ikan yang hanya di temui di Eropa maupun Amerika.

Plug jenis minnow dan crankbait
Gmb floating shad

- Mag Lip dan Mag Darter, umpan jenis ini memiliki cengkungan di kepalanya (kepala berbentuk lancip) yang berfungsi seperti lidah pada jenis minnow untuk menyelam ke dalam air dengan gerakan melenggak lenggok pada saat di mainkan, meskipun umpan ini sudah melewati beberapa masa tapi hingga saat ini masih efektif di gunakan untuk menggoda ikan ikan predator.

Ada beberapa model umpan jenis ini seperti pada contoh gambar di bawah ini

Plug jenis minnow dan crankbait
Gmbr mag lip dan mag danter


- Vibrating (vibra), lure jenis ini tidak memiliki lidah untuk menyelam, tetapi memiliki berat tertentu yang bisa tenggelam di dalam air,  posisi senar di ikatkan pada punggung lure, sehingga saat di tarik akan berenang mendatar atau bahkan menukik ke dasar air tergantung posisi lubang untuk mengikat senar pada punggung umpan. Lure jenis vibrating akan bergoyang saat di tarik dengan getaran (vibra) yang terasa hingga tangan pemancing.

Ada dua macam jenis vibrating, berbentuk seperti floating shad dengan dilengkapi gotri di dalamnya, dan ada yang menyerupai bentuk metal jig kecil.


Plug jenis minnow dan crankbait
Vibra dari bahan timah dan plat besi

Plug jenis minnow dan crankbait
Gmb vibra dengan gotri di dalamnya

- Sinking Crankbait, jenis lure yang memiliki kemampuan berenang pada kedalaman 3 hingga 5 meter dari permukaan air, umpan jenis ini tengelam di dalaman air pada kedalaman tertentu, ketika di retrive umpan akan berenang mendatar ( horizontal) pada kedalaman yang sama.

Penggunaan sudut lidah umpan sekitar 45 derajat sangat cocok digunakan pada pertengahan air (mid range), untuk target ikan setengah air dan ikan permukaan.

Sinking crankbait
- Neutrally Buoyant, biasa juga disebut sebagai lure yang melayang. Jenis umpan ini di desain menggunakan pemberat di dalam tubuh umpan, sehingga menghasilkan keadaaan dimana umpan akan melayang di dalam air. Lure ini akan menghasilkan hentakan tak tentu saat di retrive, dan pada saat diam umpan akan kembali melayang.

Jenis umpan ini kadangkala bisa menjadi “shock terapi” bagi ikan yang hanya mengejar umpan tapi malas menyambar.

Plug jenis minnow dan crankbait
Neutraly bouyant


- Floating Trolling Plugs, jenis lure yang memang digunakan untuk trolling karena berukuran relatif besar dengan muka cekung atau dengan lidah menyerupai sendok. Secara umum hampir semua troling plug melayang di permukaan air dan akan menyelam saat ditarik. Hal ini berdasar pada bentuk muka atau lidah nya sehingga menghasilkan gerakan meliuk-liuk di air.

Untuk mengontrol action lure dan kemampuan menyelam, maka sebaiknya dipasang downrigger (tiang penghela yang di pasang di kapal khusus untuk trolling). Kemudian ulur beberapa meter sehingga action lure bisa di ketahui dengan jelas.


Plug jenis minnow dan crankbait
Minnow untuk trolling


- Bobbie Bait, plug yang berbentuk lonjong dan besar biasanya digunakan untuk target ikan-ikan berukuran besar. Jenis umpan ini melayang saat diam dan menyelam saat disentak (jerk) secara kuat kemudian saat ditarik akan mengapung naik ke permukaan. Pada ekor umpan ini  di lengkapi plat baja yang bisa di setel untuk merubah action lure yang berpengaruh pada kemampuan menyelamnya.

Bobbie bait


- Sinking Gliders dan Twitch, umpan jenis Gliders dan twitch merupakan umpan tiruan tanpa mulut dan tenggelam, sehingga aksi masing-masing lure sangat tergantung pemancingnya. Twitch bait ditarik dengan cara di sentak sentak pendek sehingga umpan ini bergerak meliuk-liuk ke kiri, kanan atau ke bawah.

Sedangkan glider bait ditarik menggunakan irama tertentu, hentakan  pendek menyebabkan gerakan meliuk-liuk ke samping atau sering di sebut “walk the dog” di bawah air, sehingga actionnya berkilau kilau seperti anak panah yang melesat.

Gmb atas  twitch bait
Gmb bawah Glider bait


- Creatures, creatures adalah tiruan beragam hewan yang juga menjadi makanan ikan-ikan air tawar seperti kepiting, kodok, tikus kecil, serangga dan lainnya

Plug creatures

Itulahan beberapa jenis plug baik minnow maupun crankbait.

Semoga bermanfaat.


Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro