Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap
Mancing di SBM Cilacap

SBM( single Buoy Morring) merupakan pelampung besar sebagai tempat berlabuh kapal  yang tidak bisa masuk ke dermaga. SBM di daerah Cilacap berupa pelampung kuning yang di ikat dengan 6 rantai besar yang memayung ke dasar laut, rantai rantai ini kemudian lambat laun menjadi rumah ikan melalui proses alami,  di sinilah tempat ikan ikan GT dan predator lain bersarang.

SBM menjadi salah satu spot terfavorit untuk mancing di daerah Cilacap, kita bisa lihat dari report sobat sobat mancing yang pernah mancing di SBM, salah satunya Erhan Indra wijaya.

Berikut ini beberapa report hasil mancing Erhan di spot SBM Cilacap :

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap

Tips mancing di SBM Cilacap












                                   (Photo oleh Erhan Indra Wijaya)

Untuk memancing di SBM aksesnya cukup mudah, kita bisa berangkat dari dermaga di belakang PT Permiko yang tidak terlalu jauh dari jalur transportasi utama kota Cilacap atau bisa juga dari dermaga Kebon Baru, di dermaga ini banyak sekali kapal kapal mancing yang menyewakan jasa mengantar mancing ke spot spot di sekitar Cilacap.


Berikut ini beberapa nama kapten yang recomended :

 Dermaga belakang PT Permiko.

- Kapten Parmin
- Kapten Beni
- Kapten Gun dan Man

Dermaga Kebon Baru

- Kapten Paiman
- Kapten Ipong
- Kapten Wandi
- Kapten Santo

Untuk informasi kapal mancing di cilacap silahkan baca spot dan kapal mancing di Cilacap dan Majingklak

Kapal kapal mancing di daerah Cilacap rata rata merupakan kapal model Jukung dengan panjang 12 meter dan lebar 1.5 meter di lengakapi cadik pada kedua sisinya untuk membelah ombak.
Harga sewanya pun tergolong relatif murah kurang lebih sekitar 350 ribu mulai pagi hingga sore hari.

Teknik mancing yang paling umum di aplikasikan untuk mancing di sekitaran SBM Cilacap antara teknik koncer, dasaran, jigging, casting, dan trolling. Target ikannya pun berbeda beda tergantung musim, biasanya pada bulan Desember hingga Juni merupakan musim terbaik untuk mancing di SBM Cilacap, karena pada bulan bulan tersebut banyak sekali ikan tongkol, GT, Kuwe kuning, salem, baracuda dan tenggiri, begitu pula mengenai teknik mancing dimana ketika musim tongkol, GT lebih mudah di pancing menggunakan teknik casting menggunakan bulu. Sedangkan pada musim musim tertentu GT di SBM lebih mudah di pancing menggunakan teknik Jigging.

Tips jigging di SBM Cilacap

Pelampung SBM Cilacap di ikat menggunakan 6 rantai besar, jika saat strike, ikan berhasil lari masuk dan menggesek rantai kemungkinan putus akan sangat besar, oleh karena itu waktu kita menurunkan metal jig harus memperhatikan posisi rantai pelampung, dimana pada pelampung tertera angka 1 hingga angka 6, tepat di bawah tulisan angka tersebut terdapat rantai yang menjulur hingga ke dasar laut. Jadi posisi kita menurunkan metal jig di antara angka angka tersebut, ketika terjadi strike sebisa mungkin ikan kita paksa keluar dari lokasi rantai tersebut dengan cara meminta bantuan kapten kapal agar secepat mungkin untuk mundur menjauh dari area pelampung,  karena cara tersebut merupakan solusi paling aman agar tidak tergesek rantai pelampung.

Piranti jigging

Untuk piranti jigging di SBM Cilacap sebaiknya menggunakan piranti kelas PE 4 ke atas, Leader minimal 50 lb, dengan settingan drag maksimal, sekitar 30 persen dari kekuatan senar  sehingga lebih mudah untuk memaksa ikan keluar dari sela sela rantai pengikat pelampung saat fight, untuk ukuran metal jig tidak perlu memakai metal jig  terlalu besar cukup mulai 30g hingga 100g, akan tetapi jika ingin menggunakan piranti mancing yang seimbang, pemakaian metal jig bisa di sesuaikan dengan ukuran joran dan senar yang kita gunakan.

Kondisi cuaca

Kondisi cuaca merupakan salah satu faktor yang ikut berpengaruh di dalam kesuksesan mancing, terutama masalah kenyamanan, karena ketika laut terlalu berombak akan menyusahkan kita di saat mancing bahkan sering menyebabkan kita mabuk Laut, untuk mengetahui prediksi cuaca kita bisa cek melalui BMKG, WIND GURU, FREEMETEO, BUOYWEATHER, atau beberapa aplikasi lain, tapi sebaiknya kita juga berdiskusi langsung dengan Kapten kapal yang pastinya sudah sangat mengenal kondisi perairan di Cilacap, jika cuaca memang kurang mendukung sebaiknya jangan memaksakan diri.

Perangkat keselamatan

Gunakan selalu jaket pelampung (life jacket) untuk menghindari hal hal yang tidak kita inginkan, sebaiknya setiap pemancing mempersiapkan masing masing, karena sebagian besar kapal kapal mancing di Cilacap tidak di lengkapi life jacket, sediakan obat obatan dan tas atau box yang tidak basah jika terkena air untuk menyimpan peralatan elektronika dan peralatan lain yang rusak jika terendam air.

Sekian semoga bermanfaat.

safety first...


Koresponden : Erhan Indra Wijaya


Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing