Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah



Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Layaran hasil tangkapan Nizam zaen bersama teman teman Insane Saudi Arabia

Banyak sekali teknik teknik mancing yang sudah kita kenal, baik casting, popping, jigging, dasaran, dan sebagainya. Mulai dari menggunakan kapal, dari pinggir pantai, rock fishing ataupun landbase, dengan berbagai macam cara tergantung dari kearifan lokal masing masing daerah.

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas salah satu teknik mancing yang dilakukan dari pinggir pantai (landbase) oleh teman teman Insane FC Saudi Arabia.

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Mancing dari pinggir pantai di Jeddah Arab Saudi

Mancing dari pinggir pantai di Saudi Arabia khususnya di Jeddah, merupakan salah satu teknik atau cara mancing yang unik dan sangat digemari oleh pemancing pemancing di daerah setempat, selain mancing  menggunakan kapal mancing yang disewakan oleh beberapa operator mancing.

Di Jeddah kondisi perairan lautnya masih cukup terjaga sehingga banyak ikan ikan besar yang mengejar mangsanya hingga ke pinggir pinggir pantai, mulai dari dogtooth, GT, big eye travelly, hingga marlin atau layaran.

Hampir setiap pagi dan sore hari di pinggir pantai Jeddah tidak pernah sepi dari pemancing, mulai dari para pemancing belanak, pemancing ikan kembung, hingga pemancing yang berburu ikan ikan predator yang mengejar mangsa hingga ke pinggir pantai.

Cara mancing ikan belanak biasanya menggunakan umpan roti dengan menggunakan rangkaian mata kail cukup banyak atau dengan teknik garong (baca cara mancing belanak menggunakan umpan roti). Sedangkan untuk mancing ikan kembung bisa menggunakan rangkain semacam kotrekan dengan 12 hingga 15 mata kail dengan pernak pernik sejenis bulu mutiara yang diikat pada batang kailnya. Rangkain kotrekan semacam ini juga banyak dijual di toko toko pancing seharga 2.6 $ atau sekitar 10 riyal Saudi.

Ikan kembung atau disebut baga (sebutan daerah setempat) merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi mangsa ikan ikan predator diperairan tersebut. Sehingga ikan ini sangat cocok dijadikan umpan untuk memburu ikan predator dengan teknik koncer.

Teknik koncer dari pinggir pantai biasanya menggunakan joran model surf fishing panjang antara 3.5 meter hingga 4 meter, dengan menggunakan rangkaian satu atau dua mata kail, bisa menggunakan neklin maupun tidak tergantung jenis ikan target yang berada ditempat tersebut. (Jika sering putus karena gigitan ikan sebaiknya gunakan neklin)

Ikan ikan kembung selalu melintas bouling dipinggir pinggir pantai pada sore hari sekitar pukul 18 .00 waktu setempat, dan pada pagi hari antara pukul 5.30 dan kemudian ikan ini akan kembali berenang ke tengah laut.

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Mancing baga (kembung) dari pinggir pantai

Teknik mancing kembung (baga) tergolong sangat unik, kita tinggal melempar rangkaian kail (kotrek) di sekitar ikan ikan ini berkumpul dan kemudian cukup didiamkan hingga pemberat tenggelam  atau digoyang goyang naik turun, kemudian gulung senar baga baga ini akan bergelantungan terkait mata kail. Tapi banyak juga yang tidak satupun ikan baga tersangkut dimata kail, tergantung amal dan perbuatan,  ha ha ha....

Joran antena dan rangkaian buat mancing baga (kembung)

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Rangkaian kotrek dengan beberapa mata kail

Yang unik dari teknik mancing baga ini, pemancing harus berlari mengejar kemana aja baga baga ini berenang, sehingga kalau dilihat dari kejauhan mirip seperti orang orang yang sibuk berebut sesuatu dalam sebuah perlombaan, hal ini lah yang menjadi pemandangan dan daya tarik tersendiri dipinggiran pantai jeddah.

Video mancing baga (kembung)


Selain dijadikan umpan dengan cara dimasukan ember atau sterofoam dengan diberi oksigen agar tetap bisa hidup hingga 3 sampai 4 jam, ikan baga juga merupakan jenis ikan yang sangat digemari oleh penduduk setempat karena dagingnya yang gurih.

Setelah mendapat beberapa ekor umpan ikan kembung (baga), para pemancing akan berpindah lokasi dispot spot pinggir pantai yang terdapat drop off cukup dalam. Kemudian ikan kembung dikaitkan kail pada punggungnya, baik menggunakan neklin maupun hanya leader dengan satu atau dua mata kail (mirip teknik mancing ikan tenggiri). Kemudian ikan kembung dibiarkan berenang kemana saja untuk menarik perhatian ikan ikan predator seperti GT, baracuda, dogtooth maupun ikan layaran  untuk memangsanya. Selain menggunakan teknik koncer bisa juga menggunakan beberapa teknik lain seperti casting menggunakan metal jig atau casting menggunakan spoon atau minnow.

Berikut report mancing dari pinggir pantai Jeddah :

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Dayat dengan tuna tangkapanya

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Bavana Hilmy IFC dengan GT tangkapanya

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Adi Albam selfie dengan GT tangkapanya

Asyiknya mancing dari pinggir pantai Jeddah
Nurul dengan tuna hasil casting


Semoga dari beberapa report sobat mancing di Saudi Arabia semakin memperkaya wawasan kita mengenai beragam teknik dan semakin memahami kaedah dari mancing itu sendiri.

Sekian semoga bermanfaat.

Koresponden Bavana Hilmy IFC

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged