Mancing udang galah disungai Porong Sidoarjo

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Sri wibowo dengan udang galah tangkapannya

Mancing udang galah yang biasa disebut conggah bagi para pemancing dikawasan Sidoarjo dan sekitarnya, merupakan salah satu kegiatan mancing yang sangat mengasyikan disela-sela kepadatan rutinitas sehari hari. Mancing conggah atau udang galah bisa dilakukan kapan saja hampir disepanjang waktu baik pada pagi, sore atau malam hari.

Spot-spot mancing udang galah disekitar sungai Porong sangat banyak mulai dari spot Abah Saring, Tambang pulau Dem Tlocor, Pulau Dem, dermaga Tlocor, atau dikawasan sekitar pemancingan Citra.

Udang galah (conggah) sangat menyukai tempat tempat yang terdapat banyak bebatuan, atau akar akar pohon dan rumput rumput yang berada didasar sungai.

Udang galah hidup diair payau tetapi lebih cenderung tawar. Jika air laut pasang udang udang galah akan naik kehulu sungai. Ukuran udang galah yang terdapat disekitar sungai Porong mulai sebesar jempol tangan manusia dewasa hingga sebesar botol air mineral ukuran 1500 ml, mulai dari udang galah biasa hingga yang memiliki capit biru.

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Jenis udang galah

Ciri fisik udang galah tidak berbeda dengan jenis udang pada umumnya, akan tetapi dari segi ukuran udang galah jauh lebih besar dibanding ukuran udang pada umumnya.

Waktu terbaik mancing udang galah disungai Porong yaitu ketika air mulai surut dengan kondisi surut bertahap dalam jangka waktu yang lambat (surut berlahan) dan kondisi air cukup jernih tidak banyak bercampur lumpur yang keluar dari PT Lapindo.


Peralatan dan cara mancing udang galah disekitar sungai Porong.

Joran :

Sebagian besar pemancing udang galah disekitar sungai Porong menggunakan joran tegek, karena ukuran jorannya yang panjang mampu menjangkau lebih jauh kelokasi lokasi mancing.

Joran tegek yang digunakan sebaiknya yang memiliki ujung lentur biasanya terbuat dari bahan fiber pada ujungnya. Sehingga akan memiliki sensitifitas cukup baik dan sensasinya juga sangat luar biasa saat undang menyambar umpan, selain itu joran tegek dengan ujung lentur mampu meredam pergerakan udang saat berontak dengan cara lari dengan gaya berenang melompat mundur kebelakang sehingga tidak mudah putus atau mocel (lepas).

Senar

Ukuran senar yang digunakan untuk rangkain mulai dari 6 lbs hingga 15 lbs untuk senar utama bisa menggunakan senar PE agar ketika tersangkut hanya putus pada rangkaian sehingga mudah untuk menggantinya. Selain itu keunggulan menggunakan senar PE dengan ukurannya yang lebih tipis tidak mudah terseret arus.

Panjang senar utama sebaiknya di sesuaikan dengan panjang joran sehingga memudahkan kita saat mengganti umpan atau melepas ikan hasil mancing.

Kail

Kail yang digunakan yaitu kail khusus untuk mancing udang yang sudah dimodifikasi, sehingga lebih mudah hook up ketika udang menyambar umpan.

Berikut contoh kail hasil modifikasi

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Kail udang asli bawaan pabrik

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Kail udang hasil modifikasi lebih panjang pada tengkuknya dan lebih pendek pada ujung nya.


Stopper starled dan Pemberat.

Stopper berfungsi sebagai pembatas agar pemberat tidak bergeser naik atau turun pada senar utama. Ukuran pemberat disesuaikan dengan kondisi arus yang terkadang sangat kencang dan menyulitkan kita saat mancing. Starled digunakan ketika kita memancing udang pada malam hari sehingga pergerakan ujung joran akan lebih terlihat ketika udang menyambar umpan.

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Peralatan yang di gunakan untuk mancing udang

Umpan.

Umpan yang digunakan untuk memancing udang galah (conggah) yaitu cacing fospor (cacing sampah)

Contoh rangkain mancing udang galah

Cara mancing udang galah (conggah)


Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Hasil mancing conggah pada malam hari di sungai Porong

Saat memancing udang galah butuh ketekunan dan kesabaran yang luar biasa, mulai menunggu udang keluar dari sarang hingga saat fight dengan udang tidak bisa dengan cara main betot seperti mancing jenis ikan lain. Untuk memancing udang keluar dari sarangnya kita bisa menaburkan kepiting air tawar (yuyu) yang sudah kita potong kecil kecil (ketika kondisi arus tidak kencang), kemudian barulah kita menurunkan umpan disekitar lokasi tersebut.

Saat udang mulai menyambar umpan dan terasa hentakan hentakan kuat pada ujung joran, angkat joran secara perlahan, jika udang terus berontak ikuti terus dan jangan dipaksa agar tidak mocel atau senar putus, karena udang galah yang berukuran besar memiliki tenaga yang cukup kuat.

Selain jenis udang galah bisa juga jenis ikan lain yang menyambar umpan kita antara lain ikan keting (lundu), baung dan ikan beberapa jenis ikan lainnya.

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Ikan belida terkadang menyambar umpan cacing

Mancing udang disungai Porong Sidoarjo
Ikan keting yang terpancing ketika mancing udang galah
Supit biru

Sekian semoga bermanfaat.




Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged