Perbedaan Leader Nylon dan Fluro Carbon

Perbedaan leader Nylon dan Fluro Carbon

Perbedaan leader Nylon dan Fluro Carbon

Leader merupakan bagian dari rangkain senar pancing yang sering kita gunakan untuk menyambung main line (senar utama), selain itu leader juga di gunakan sebagai rangkaian pada mata pancing.

Beberapa fungsi leader antara lain :

- Leader sebagai peredam hentakan ketika kita menggunakan senar yang tidak memiliki daya tahan hentakan yang baik seperti senar braid (PE).

- Leader mampu meningkatkan sensitifitas penggunaan senar yang memiliki elongasi (renggangan) tinggi.

- Leader mampu menahan gesekan ketika terkena karang sehingga mengurangi resiko putus.

- Leader memiliki keunggulan lebih samar dan tidak mengalami perubahan ketika berada dalam air, sehingga umpan bisa terlihat lebih natural dan cepat disambar ikan.

- Leader juga bisa sebagai pengarah main line saat kita casting dan beberapa fungsi lainnya.


Ada dua jenis bahan leader yaitu leader Nylon dan leader Fluro Carbon. Lalu apa perbedaan leader Nylon dan Fluro Carbon dilihat dari proses pembuatan dan perbedaan harganya?

Leader Nylon adalah jenis senar yang cocok digunakan untuk segala macam teknik mancing (all aroud fishing). Senar jenis nylon merupakan salah satu penemuan terbaik di Industri mancing untuk jenis senar. Selama puluhan tahun pemancing masih menggunakan senar jenis Nylon untuk senar utama atau leader.

Senar Fluro Carbon (FC) umumnya di rekomendasikan sebagai senar leader, karena memiliki karakter lebih samar dan lebih tahan gesekan. Selain itu memiliki sifat yang tidak berubah ketika berada dalam air. Senar Fluro Carbon kurang sesuai digunakan sebagai senar utama (main line) karena memiliki karakter yang kaku.


Dilihat proses dan bahan pembuatanya :


Leader Nylon dan Fluro Carbon diproduksi dengan proses yang sama. Keduanya dibuat dengan proses extrusion.

Leader Nylon diproduksi dari bahan polymide/PA, sedangkan senar Fluro Carbon diproduksi dari bahan poly vinyledene/PVDF.

Mengapa harga leader Fluro Carbon lebih mahal?


Leader Fluro Carbon harganya lebih mahal karena terbuat dari bahan PVDF yang merupakan jenis plastik specialty polimer, yang digunakan sebagai bahan pembuatan aplikasi khusus, PVDF awalnya diproduksi untuk bahan yang digunakan di lokasi yang mudah terbakar.( PVDF tidak menyebarkan api saat terbakar). Sehingga harga polimernya sangat mahal.

Leader Fluro Carbon 60% lebih berat dari jenis Nylon, sehingga untuk pembuatan kedua jenis senar ini dengan diameter yang sama, leader Fluro Carbon lebih pendek, sehingga untuk menghasilkan panjang yang sama leader Fluro Carbon memerlukan bahan yang lebih banyak.

Secara teknis leader Fluro Carbon lebih susah dibuat, sehingga hanya beberapa negara yang memproduksi senar jenis Fluro Carbon, sedangkan senar jenis Nylon banyak sekali negara negara yang memproduksi seperti Amerika, Brasil, Eropa, Asia dan Australia.

Perbedaan karakter leader Nylon dan Fluro Carbon

Leader Nylon : 


Perbedaan leader Nylon dan Fluro Carbon
Leader Nylon

- Lentur tidak tahan gesekan.

- Lebih ringan lebih lama tenggelam dialam air dibanding Fluro Carbon

- Menyerap air.

- berubah karakternya ketika berada dalam air.(lebih lentur dan kekuatanya berkurang).

- Memiliki tingkat elongasi lebih besar dibanding leader Fluro Carbon sehingga lebih tahan hentakan tapi sensitifitasnya kurang.

- lebih mudah diikat dan memiliki penurunan kekuatan lebih baik pada simpul dibanding leader Fluro Carbon.

 Leader Fluro Carbon


Perbedaan leader Nylon dan Fluro Carbon
Leader Fluro Carbon

- Kaku lebih tahan gesekan.

- Lebih cepat tenggelam dalam air di banding Nylon.

- Tidak berubah ketika di dalam air.

- Tidak menyerap air dan lebih samar dibanding Nylon.

- memiliki tingkat elongasi lebih kecil dibanding Nylon sehingga memiliki sensitifitas lebih baik namun kurang tahan terhadap hentakan.

- susah diikat terutama yang berdiameter cukup besar.

Itulah beberapa karakter dan sifat yang dimiliki masing masing leader yang tentunya pemakaiannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan budget kita masing masing ketika memancing. Jika dilihat dari perbandingan keduanya leader Fluro Carbon jauh memiliki kelebihan dibanding leader Nylon, tapi pada kondisi tertentu leader Nylon akan lebih tepat digunakan terutama ketika mengikat simpul, dimana Leader Nylon memiliki kelebihan lebih mudah diikat karena sifatnya yang lebih lembut, terutama untuk ikatan, seperti ikatan leader ke PE seperti FG knot, sehingga pada tournament tournamet mancing untuk penggunaan leader besar, leader jenis Nylon yang paling banyak digunakan.

Sekian semoga bermanfaat.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing