Meminimalisir plintiran senar dengan swivel

Meminimalisir plintiran senar dengan swivel

Senar mlintir merupakan kejadian yang sangat menyebalkan yang sering kita alami ketika mancing, baik dasaran, casting maupun teknik lainya. Hal ini bisa disebabkan bermacam macam faktor seperti penggunaan reel spinning, pemakaian leader yang terlalu panjang, atau lure yang actionnya berputar seperti spoon.

Ketika terjadi plintiran terutama pada senar jenis PE akan merusak jalinan serat yarn yang disatukan dengan cara dikepang, sehingga panjang pendek serat yarn PE yang tidak rata mengakibatkan kekuatan senar mengalami drop bahkan hingga mencapai 50 persen.

Salah satu cara meminimalisir terjadinya plintiran yaitu menambahkan swivel yang menghubungkan senar dengan lure, sehingga saat terjadi plintiran yang ditimbulkan oleh lure seperti spoon, swivel akan bekerja menetralisir sehingga plintirannya tidak 100 persen diterima langsung oleh PE. Sayangnya tidak semua swivel mampu bekerja optimal berikut ini contoh dua jenis swivel dan cara kerjanya :

1 Swivel biasa (tanpa bearing)

Meminimalisir plintiran senar dengan swivel
Swivel biasa


Swivel dengan bentuk seperti diatas akan bekerja kurang maksimal ketika menerima beban, karena banyak terjadi gesekan pada rumah swivel baik ujung cincin atas maupun yang bawah, hal ini berbeda ketika swivel diputar dengan tangan.

2 Swivel dengan bearing

Meminimalisir plintiran senar dengan swivel
Swivel dengan bearing


Swivel pada gambar diatas akan bekerja lebih baik ketika menerima beban karena jarak ujung kawat cincin dengan bibir rumah swivel akan semakin berjauhan sehingga gesekan yang terjadi juga sangat minim. Swivel jenis bearing juga dilengkapi dengan 6 pelor sehingga pergerakan swivel akan semakin bebas.

Selain kinerja swivel dilihat dari bentuknya ukuran swivel yang balance dengan senar dan lure yang digunakan juga berpengaruh besar terhadap kemampuan swivel meminimalisir terjadinya plintiran, misalkan pemakaian swivel yang terlalu kecil atau sebaliknya oleh karena itu pemilihan swivel yang baik dan balance akan menambah kenyamanan ketika anda memancing.

Semoga bermanfaat.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro