16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang


16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Spot mancing UL potensial di Sabang
Mancing ultra light (UL) semakin hari semakin diminati oleh pemancing pemancing Indonesia. Hampir selalu ada saja komunitas komunitas mancing Ultra Light dari berbagai daerah bermunculan, hal ini tidak lepas dari peran media sosial terutama FB. Berbagai komunitas mancing Ultra Light seperti Indonesia soft plastic and ultra light luring (ISPULL) , Ultralight Angler dan beberapa komunitas lain yang menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan seputar dunia mancing ultra light, baik mengenai piranti, line, lure, spot, dan teknik mancing, yang tak kalah hebat begitu banyak racun racun yang ditebar oleh member grup tersebut sehingga teknik mancing ultra light begitu cepat menyebar hingga pemancing pemancing Indonesia mulai merasakan demam ultra light.

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Teknik mancing dengan Ultra Light
Pada kesempatan kali ini admin Media Pancing akan mengupas beberapa spot potensial untuk mancing dengan teknik ultra light di daerah Sabang. setelah team Media Pancing melakukan trip Ul Nol Kilometer bersama team Relix Nusantara dan pemancing lokal Sabang pada bulan januari 2017.

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Trip Nol kilometer Media Pancing Relix Nusantara dan angler Sabang

Sabang merupakan satu Kota di Aceh, Indonesia. Kota ini berupa kepulauan di seberang utara Pulau Sumatera, dengan Pulau Weh sebagai pulau terbesar.

Sabang dikelilingi lautan dari segala sisi, udaranya yang sejuk karena daerahnya merupakan perbukitan. Untuk menuju pulau sabang kita bisa menggunakan pesawat dari bandara Kuala Namo Medan sayangnya hanya ada beberapa kali penerbangan dalam 1 minggu, alternatif lain kita bisa menggunakan jasa penyebrangan dari pelabuhan Ulele Banda Aceh dengan menggunaakan kapal cepat kurang lebih sekitar 45 menit, atau bisa juga menggunakan kapal fery dengan daya tempuh sekitar 2 jam untuk sampai di Pulau Sabang.

16  Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Suasana diatas dek boat cepat penyebrangan Banda Aceh Sabang

Saat pertama kali menginjakan kaki di Sabang, sejauh mata memandang terhampar laut dari berbagai penjuru, singkat kata dimana kita menapak setiap pinggiran pantai kita bisa melempar umpan, itulah sedikit gambaran tentang pulau Sabang.
16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Bam Ikhwan mancing UL di dermaga sabang sembari menunggu mobil jemputan

Tapi bagi kita sebagai pendatang, harus mengetahui beberapa hal karena tidak semua pantai di daerah Sabang di perbolehkan memancing. Ada beberapa lokasi terlarang untuk mancing karena sebagai daerah konservasi terumbu karang, jika kita melanggar peraturan setempat mungkin kita akan menerima hukuman dengan membayar denda yang sudah ditentukan jumlahnya.

Seperti di pantai bagian dalam antara pulau Rubiah dan penyebrangan boat Sabang di sebelah ujung barat Iboih, yang merupakan daerah konservasi terumbu karang, yang di juluki spot 10 juta oleh pemancing Sabang, karena ada larangan dari perangkat desa setempat, siapapun yang masuk atau ketahuan mancing akan di denda 10 juta dan alat pancing disita.

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Mancing UL di Pulau Rubiah terluar

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Team Media Pancing Relix Nusantara bersama Angler Sabang di Pulau Rubiah


Berikut ini beberapa lokasi mancing Ultra Light di Sabang yang direcomendasikan oleh admin Media Pancing yang diperoleh dari sumber pemancing pemancing lokal setempat :

1.  Pulau Rubiah (bagian luar)
2.  Ujung Bangau
3.  Ujung Pade Resort
4.  Benteng dan Anoi Hitam
5.  Pasir Putih (spot ngoyor)
6.  Sabang Maria pelabuhan Apung
7.  Pulau Iboih (dekat bakau)
8.  Teupin Cirik (boat karam)
9.  Ujung Seukendur
10. Pulau Klah
11. Pantai Paradiso
12. Pantai Kasih
13. Dermaga Jaboi
14. Batu Dam di Pantai Pria Laot (spot andalan)
15. Goa Sarang
16. Lhokweeng

Beberapa report hasil mancing UL di spot Sabang


16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Kimbun Kimberly strike beby GT

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Lataru dengan ikan tangkapannya

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Bece Dedy mancing UL dengan teknik ngoyor

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Blufin Travelly landed dengan teknik UL oleh Randie S

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Andy Rakyat Jelata salah satu Guide lokal Sabang

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Rivai S mewakili team Relix Nusantara

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Bam Andre salah satu angler Banda Aceh

16 Spot potensial mancing ultra light di Sabang
Kimbun Landed Kerapu dengan UL

Gt pulau Rubiah

Reales ikan setelah landed

Adapun spot spot yang berbahaya bagi pemancing antara lain : spot batu mandi Lhokweeng  banyak karang besar dan tajam dengan drop off yang curam, spot di ujung dermaga Jaboi dengan drop off curam yang ber arus deras.

Sedang spot yang terkenal angker menurut warga setempat antara lain  di spot Ujung Bangau dan Ujung Seukendur karena sering terdapat penampakan, warga juga menghimbau sebaiknya jangan mancing sendirian, karena di lokasi tersebut terkenal dengan 44 keramat yang baru ditemukan sekitar 40 keramat dan 2 keramat berada di pulau Rubiah.

Suasana mancing dan keindahan alam pulau Rubiah

Santai dan menikmati kopi Aceh di pasir putih

Selain mancing dan menikmati keindahan laut yang tidak boleh sobat lewatkan yaitu explore kuliner pulau Sabang yang pastinya siap memanjakan sobat pemancing dengan berbagai masakan khas daerah sabang antara lain :

Menikmati kuliner Sabang dengan menu khas sate Gurita


1. Sate Gurita

Sate gurita khas sabang memiliki testur yang lembut tidak kenyal dan alot dengan bumbu kacang yang membuat anda akan ingat selalu dengan kota Sabang untuk mengunjungi Pujasera (Pusat Jajanan Selera Rakyat) dan di Wisata Kuliner Kota Sabang.


2. Mie Jalak

Nama Mie Jalak di ambil dari nama pembuat pertamanya yaitu pak Jalak yang bisa sobat temukan di  Toko Pulau Baru, Jalan Perdagangan, Kota Sabang.

3. Mie Sedap

Mie sedap bukan seperti mie sedap yang di jual di toko toko atau super market di seluruh Indonesia, tapi mie sedap Sabang merupakan mie yang di campur dengan daging yang dipotong kecil menyerupai dadu dengan citara khas membuat mie sedap sabang juga tidak boleh sobat lewatkan bagi pecinta kuliner.


4. Mie Pingsun

Merupakan kuliner khas Sabang yang dicampur dengan berbagai macam seafood seperti cumi, udang  bahkan ada menu mie dengan daging dan sayur mie seafood ini bisa anda temukan di toko Aneka Ria Sabang.

Ayam tangkap dan berbagai menu khas Banda Aceh juga tersedia diberbagai tempat kuliner di Sabang

Selain 4 kuliner tersebut anda juga bisa menemukan makanan khas dari Banda Aceh seperti Ayam Tangkap, Mie Aceh dan beberapa jenis makanan khas lainnya dan yang tak pernah ketinggalan yaitu banyaknya kedai kedai kopi yang menjadi ciri khas tradisi ngopi bagi penikmat kopi Aceh sekaligus menjadi senjata  kuliner tersendiri, itulah beberapa gambaran mengenai spot mancing Ultra Light dan juga spot spot kuliner yang bisa anda nikmati sensasinya ketika melakukan perjalanan trip ke pulau Sabang.

Bagi sobat mancing yang ingin mencoba spot mancing ultra light di pulau sabang bisa menghubungi Andy Rakyat Jelata (FB)

Sekian semoga bermanfaat.



Koresponden : Andy Rakyat Jelata

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged