Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar

Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar


Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar
Ikan masheer penghuni sungai Aceh Besar


Ikan masheer merupakan ikan eksotis yang memiliki nama lain kerlieng atau jurong (Banda Aceh), banyak dijumpai disepanjang aliran sungai di Banda Aceh. Ikan masheer merupakan ikan perenang tangguh yang sangat suka menyergap umpan yang baru jatuh dipermukaan air.

Ikan masheer biasanya mencari makan pada waktu pagi hingga siang hari dan sangat senang mencari makan di jeram jeram dangkal ( sungai berarus) atau ditempat yang biasanya terdapat lokasi pusaran arus yang airnya sedikit tenang, disitulah masheer menunggu ikan ikan kecil yang terbawa arus kemudian menyergapnya. Menjelang sore ikan masheer akan bersembunyi ditempat tempat disekitar palung, sehingga sangat sulit ditemui.

Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar
Spot masheer di sungai Aceh Besar
Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar
Casting masheer dengan teknik ngoyor

Ikan masheer memiliki sensitifitas yang tinggi, jika tempatnya diganggu ikan ini akan kembali ke tempat persembunyian atau pindah ke hulu sungai, ketika mancing masheer usahakan tetap dalam kondisi tenang dan meminimalis suara berisik di dalam air.

Selain jenis ikan masheer banyak juga bisa dijumpai spesies - spesies lainnya seperti Jungle perch, mangrove jack, dan beberapa spesies lainnya di aliran sungai di Banda Aceh.

Teknik mancing masheer di sungai Aceh Besar
Jungle perch sungai Aceh Besar

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Baby mangrove jack sungai Aceh Besar

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Spesies lain penghuni sungai Aceh Besar

Teknik mancing ikan masheer


Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Tanza dengan masheer tangkapannya

Teknik mancing ikan masher bisa menggunakan berbagai cara dengan jenis umpan yang berbeda beda pula, salah satunya dengan teknik dasaran atau mancing kambam (Banda Aceh) dengan menggunakan umpan buah ara, buah sawit, atau buah seri, bisa juga menggunakan belalang, cacing, ulat sebagai umpan. Sedangkan untuk memancing dengan teknik casting hampir segala jenis lure dan segala jenis warna tetap disambar asalkan berukuran kecil, mulai jenis lure top water, minnow, spoon, hingga mikro jig dibawah 15 gr, untuk jenis minnow sebaik nya menggunakan tipe sinking agar lebih tepat sasaran karena ikan masheer sangat jarang menyambar umpan dipermukaan.

Mancing dengan teknik fly fishing ketika musim pohon ara berbuah

Ketika menjelang musim pohon ara atau pohon seri disekitar sungai Banda Aceh mulai berbuah, ikan masher banyak berkumpul dibawah pohon untuk memangsa buah ara atau seri yang jatuh, pada saat seperti ini mancing ikan masher akan sangat efektif menggunakan teknik fly fishing.

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Ikan masheer tertipu oleh spoon

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Minnow sinking transparant sangat disukai masheer


Ada satu jenis umpan yang diyakini memiliki ratting strike sangat tinggi bagi pemancing pemancing Aceh barat, yaitu umpan handmade dari bulu ayam, konon tidak semua jenis bulu ayam bisa digunakan, tetapi bulu ayam burik batee (Banda Aceh) yang tumbuh bulu pada kaki nya dengan kebiasaan yang unik (memakan ekornya sendiri), bulu bulu halus juga banyak menghiasi sekitar wajah. Selain itu ayam ayam tersebut memiliki sisik cincin dikakinya.

Bulu bulu ayam tersebut kemudian dirangkai dengan timah pemberat sebagai head (kepalanya), dengan menggunakan dua kail yang dirangkai dengan assit mirip penggunaan assit hook pada metal jig.

Contoh umpan handmade dari bulu ayam burik batee (gambar dari google)

Cara menggunakan umpan handmade dari bulu ayam ini sama seperti casting menggunakan lure pada umumnya. Yaitu dengan cara dilempar ketitik target kemudian diretrive dengan cara disentak sentak (jerk). Dan yang istimewa lagi ayam ayam yang terbukti bulunya paling killer untuk menipu ikan masheer akan dihargai sangat mahal sekali.

Pada kondisi air jernih ikan masher akan sangat agresif menyambar apa saja yang jatuh dipermukaan air, ketika kita casting setelah melakukan lemparan pada titik target, saat umpan menyentuh air harus segera diretrive untuk menarik perhatian ikan masheer, terutama pada kondisi arus atas lemah, disinilah ketepatan kita dalam menutup bail arm reel untuk spinning sangat diperlukan sehingga tidak banyak senar yang keluar ketika umpan sudah jatuh dipermukaan air yang akan memperlambat waktu retrive sepersekian detik yang membuat ikan kurang bergairah menyergap umpan. Adapun cara retrive usahakan tetap konstan tanpa henti dengan diselingi hentakan-hentakan (jerk) untuk semakin menarik perhatian ikan masheer. Untuk pemilihan warna lure sebaiknya pilih warna sedikit transparan ketika kondisi air sungai benar benar jernih.

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Bece Dady(fb) dengan masheer tangkapanya

Jika air sungai sedikit keruh tapi masih terlihat dasar sungainya, sebaiknya gunakan lure dengan warna terang seperti kuning hijau oranye dengan kombinasi hollogram. Karena pada kondisi seperti ini ikan masher akan jauh lebih agresif sehingga peluang untuk dapat sambaran juga sangat tinggi. Tapi jika kondisi sungai benar benar keruh ikan masheer akan bersembunyi atau pindah ke hulu sungai sehingga akan sangat sulit menemukan ikan masheer. Oleh karena itu ketika memancing ikan masheer dengan teknik casting sebaiknya menyisir sungai dari hilir ke hulu.

Peralatan mancing ikan masher


Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Casting masheer menggunakan piranti Ultra Light 

Peralatan mancing ikan masher sebaiknya menggunakan joran casting dibawah 20 lb atau sebaiknya menggunakan light tackle 8 - 12 lb, 4 -8 lb bahkan akan lebih seru jika menggunakan joran 2 - 6 lb (Ultra light) dengan karakter medium tapper, Karena jenis lure yang paling disukai ikan masheer yang berukuran kecil, dengan piranti light terutama Ultra light kita bisa melakukan long cast ketitik titik target, dimana sebaiknya kita melempar umpan jauh didepan arus, agar lure hanyut terbawa arus secara alami (seperti buah atau serangga jatuh alami terbawa arus) sembari lure kita retrive secara konstan dengan kombinasi jerk (hentakan).

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Masheer penghuni sungai Aceh Besar by Bece Dady

Kelebihan lain penggunaan piranti class medium tapper yaitu daya redamnya yang akan sangat membantu ketika fight dengan ikan masheer karena terkadang kita berpikir ikan sudah menyerah disisi sungai, tapi tiba tiba bisa berontak dan lari dengan kecepatan penuh ke tengah sungai yang akan beresiko senar putus atau ikan lepas. Jadi penggunaan drag pada reel harus disesuaikan dengan kekuatan senar dan balancing tackle yang kita gunakan, sehingga senar tidak putus saat terjadi hentakan secara tiba - tiba.

Teknik mancing masheer di sungai Aceh besar
Masheer ikan eksotis sungai Banda Aceh

Masheer by Chaiyo 

Masheer by Tezar

Demikianlah teknik mancing ikan masheer di sungai sekitar Banda Aceh yang tentunya memiliki sensasi dan tantangan tersendiri dimana kita harus melawan derasnya arus dan menghadapi medan yang tidak mudah. Sehingga keselamatan juga perlu menjadi perhatian apalagi saat kondisi curah hujan cukup tinggi yang sewaktu waktu banjir bisa datang secara tiba-tiba.

Bagi sobat mancing yang ingin merasakan sensasi mancing masheer dan tantangan nge- wild di sekitar spot sungai Banda Aceh silahkan hubungi guide Bece Dady (FB ).

Contact : -6285362522879
Email    :  Becezone@gmail.com
Alamat :  Blower Sukaramai - Banda Aceh Indonesia.

Sekian semoga bermanfaat.

Kontributor Bece Dedy (FB).

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Tips dan trik mancing dasar di laut

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged