Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

Joran merupakan merupakan salah satu piranti mancing dengan model dan action yang berbeda beda. Sehingga banyak sekali pemancing bingung untuk menentukan jenis joran yang sesuai sehingga bisa balance dengan set piranti yang digunakan.

Beberapa pabrikan joran sendiri tidak memiliki patokan baku yang bisa dijadikan standart untuk ukuran lbs joran, hal ini sebenarnya sangat menyulitkan pemancing sendiri lebih lebih yang memiliki budget pas - pasan.

Ada dua hal yang sering dilakukan oleh pabrikan joran untuk mensiasati agar brand mereka tetap bagus yaitu menurunkan ukuran lbs joran sehingga resiko patah saat pemakaian bisa diminimalisir misal : kapasitas lbs joran 8 lbs ditulis 6 lbs dst. Yang kedua memaksimalkan disain joran dengan cara menggunakan ukuran ring guide sesuai dengan besar senar yang digunakan sehingga menghindari pemakaian senar yang melebihi kapasitas yang dianjurkan. Khusus untuk joran joran lbs kecil (ultra light dan light) menentukan panjang handle joran juga menjadi alternatif lain sehingga sensasi fight dengan ikan akan lebih terasa, terutama masalah setting drag, dimana handle pandek yang ditahan satu tangan akan jauh lebih terasa ukuran dragnya (karena penggunaan drag ukuran kecil) dibanding handle panjang yang bisa ditahan oleh siku/ ketiak sehingga settingan drag pada reel akan terasa lebih ringan (belum maksimal). Hal ini tentunya akan sangat riskan jika kita tidak sett drag pasa reel dengan benar sebelumnya, bisa jadi saat fight dengan ikan kita tiba-tiba menaikan drag melebihi kapasitas senar sehingga senar putus atau bahkan rod patah jika pemakaian senar melebihi kapasitas joran.

Pada pertemuan kali ini kita akan membahas cara manual mengukur lbs joran dengan cara melakukan setting drag agar kita mendapatkan daya redam joran maksimal sesuai dengan kapasitas senar yang kita gunakan.

Kita ambil contoh joran 2- 6 lb, kita bisa lakukan pengetesan dengan menggunakan senar maks 6 lb untuk PE dan 4 lb untuk senar mono, dengan menggunakan setting drag 25-30 persen untuk senar PE 6 lb. Tentunya berbeda sekali dengan senar mono terutama senar nylon yang bisa hingga maks 50 persen, karena memiliki daya redam lebih baik dan hanya mengalami drop sedikit sekali dibanding PE setelah disimpul apalagi jika penggunaan simpul untuk nylon bisa diatas 90 %.

Adapun caranya: pertama-tama pasang set piranti dan masukan senar ke ring guide, kemudian posisikan joran tegak vertikal ( khusus joran dengan lbs kecil) tahan joran bisa menggunakan kaki. Kemudian ikat senar ke timbangan (bisa menggunakan timbangan digital atau sejenisnya). Setelah semua siap tarik senar( dilakukan  oleh 2 orang) dan mulai kencangkan drag berlahan hingga sesuai dengan nilai drag yang aman yaitu 25 hingga 30 persen kekuatan senar. Misalkan senar 6 lb cara menghitungnya 6lb x 30 : 100 = 1.8 lbs atau 1.8 : 2.2 = 0.9 kg.  Sedangkan untuk senar nylon 4lb x 50 : 100 = 2 lb : 2.2 = 0.9 kg

Setelah kita dapatkan drag sebesar 0.9 kg (kondisi joran aman dari resiko patah) kemudian tarik senar dengan hentakan, disini kita bisa melihat kemampuan daya redam joran sebelum drag reel berputar dan senar keluar dari spool reel dengan melihat lengkungan joran (derajat joran tidak melebihi 45 derajat). Jika joran sedikit sekali meredam hentakan dengan sedikit lengkung hingga drag reel keluar artinya kapasitas redam joran diatas 6 lb.

Perlu diperhatikan yaitu action joran itu sendiri (biasanya tertulis di spec joran) baik reguler fast, atau fast tapper, karena titik lifting power joran berbeda2. Kita bisa lihat dari kedua video berikut ini dengan action joran fast dan reguler fast :




Selain mengetahui kapasitas maks joran kita juga bisa melihat kapasitas minium joran dengan cara yang sama, misal joran 2-6 lb, kita bisa mempergunakan senar ukuran 2 lb, 3lb, 4lb atau tetap menggunakan 6lb dengan catatan drag yang kita setting diangka 2 lb yaitu 2 x 30 ÷ 100 = 0.6 lbs atau 0.6 ÷ 2.2 = 0.27 kg bisa di bulatkan 0.3 kg.

Apa manfaat balance tackle pada piranti UL


Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting
Rod patah akibat menggukan senar 6lb pada joran 3lb

Piranti ultra light baik joran maupun senar akan sangat rawan putus atau joran patah, karena lbs nya yang kecil sehingga jika power kita terlalu over tanpa diimbangi setting drag dan balance tackle kita akan mengalami banyak masalah, entah sebentar -sebentar harus ikat leader atau kemungkinan terburuk joran patah yang pasti bikin sakit kepala jika kita harus kehilangan banyak lure yang hargaanya tidak murah.

Joran yang kapasitasnya melebihi 6lb menurut standart pabrikan joran yaitu 2-6 masuk kategori Ultra light sedangkan 4-8 lb masuk kategori light, akan memiliki daya redam kurang maksimal hal ini sangat diperlukan bagi penggunaan senar2 ukuran kecil (dibawah 6lb) karena daya elongasi leader sendiri akan sangat minim bisa dimaksimalkan sebelum senar pe mengalami break (putus) bahkan jika kita mancing di spot2 yang rawan sekali gesekan tentunya kita harus menggunakan leader hingga 2 kali lipat kekuatan PE, sehingga semua akan bertumpu pada kemampuan daya redam joran itu sendiri untuk menghandle setiap hentakan.

Joran dengan kapasitas over diatas 6lb juga akan rawan sekali putus saat cast karena louding joran akan berbalik sangat cepat hingga beresiko terjadi hentakan pada senar PE. Selain itu joran yang terlalu over juga tidak akan bisa maksimal untuk long cast dengan ukuran lure dibawah 7 gr.

Begitu juga sebaliknya jika lbs joran dibawah kapasitas lbs senar sudah pasti akan bermasalah.

Kesimpulan dengan setting drag banyak sekali hal hal yang kita bisa dapatkan antara lain kita bisa memaksimalkan kemampuan piranti, kita bisa memperoleh piranti yang sesuai dengan kemampuan dan karakter kita, kita bisa mendapatkan piranti yang balance dll. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro

CARA MANCING IKAN TAWES

REEL POPPING BADAK dengan harga murah