Cara mengetahui nomer PE dan I-diameter PE

Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE


Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE
Panjang pe sesuai kapasitas yang tertera pada spool

PE atau brided salah satu jenis senar yang berbahan serat fiber yang terdiri dari beberapa filament (yarn) dikepang menjadi satu.

Pe terdapat beberapa jenis tergantung jumlah kepanganya seperti X 3, X4, X5 (dengan core),  X 6, X8, X9,X12, hingga X16. Tetapi ada juga jenis pe yang diproses tidak melalui kepangan hanya disatukan yarnnya kemudian di lem dan dipanaskan sepeti nano fil.

Pe sendiri banyak sekali dipasaran dengan penentuan ukuran diameter untuk nomor pe dan lbs yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan sifat pe sendiri yang  sangat sulit (hampir tidak mungkin) dilakukan pengukuran menggunakan tikness karena bentuknya bisa gepeng saat ditekan. Berbeda dengan senar jenis nylon. Misalkan pe 6 pabrikan Jepang bisa berbeda ukuran diameternya dengan pe pabrikan Amerika hal ini dikarenakan setiap pabrikan memiliki metode sendiri dalam menentukan GOU (nomor pe).

Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE
Senar pe gepeng saat diukur menggunakan tikness

Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE
Senar mono (nylon) diukur menggunakan tikness

Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE
Tickness alat untuk mengukur diameter

Salah satu cara mengetahui nomor pe yaitu dengan cara menggunakakan timbangan (ditimbang per 1 m atau 5 m). Pengukuran seperti ini akan sesuai jika senar pe digulung di reel pabrikan jepang seperti shimano daiwa  dan beberpa pabrikan lain seperti jigging master dll yang sudah mengikuti standart Jepang. (tidak semua ukuran senar yang ada di spool reel sesuai)
Berikut cara mengukur pe dengan nomer timbangan :

Ukuran fisik PE 1 gou adalah 200 denier.
Artinya PE 1 mempunyai berat 200gram untuk panjang 9,000m.
Di foto adalah cara kami mengukur massa/berat di lab dengan panjang 1meter.
Kita bisa peroleh hasil 0.023 gr, maka estimasi ukuran PE adalah 0.023x45=1.035 (PE 1). Angka konstanta 45 diperoleh dari 9000/200 dari rumus denier.

Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE
Timbangan digital 2 digit

Cara mengukur besar PE (tips khusus untuk teman2 yang  iseng, yang punya energi berlebih karena penasaran anda bisa melakukan sendiri untuk mengetahui nomer pe.

-Sediakan timbangan 2 digit.
-Potong pe sepanjang 5m dan timbang.
-Hasil timbang anda dikalikan 9 sebagai  indikasi no PE.
(konstanta 9  karena anda menimbang PE sepanjang 5m.)

Mis. Hasil timbang 5m= 0.42 gr
         0.42 x 9 = 3.78 (PE 4)

Tips ini hanya berlaku untuk braided yang berbahan 100% PE
PE bekas pakai yang sudah bulukan tetap boleh ditimbang malahan bisa lebih akurat karna coatingnya sudah terkikis.

Cara mengetahui diameter pe

Cara mengetahui nomer PE dan  I-diameter PE
Perbadingan diameter pe digulung di spool yang sama

Kita sering mendapati dua PE dengan nomor yang sama memiliki diameter yang berbeda. Jika nomer pe dengan dimeter terlalu besar ketika kita gulung di spool reel tidak semuanya masuk (menyisakan 20 atau 30 m tentunya akan sangat disayangkan ketika kita harus memotong dan membuang sisa pe tersebut. Terutama saat kita mancing di spot yang cukup dalam. Dengan demikian kita perlu memilih ukuran diameter pe yang sesuai dengan kapasitas yang tertera di spool reel.


Beberapa cara pengukuran senar pe bisa dilakukan dengan cara menggunakan penampang bulat kemudian senar pe dililitankan beberapa kali lilitan dan diukur tinggi dan lebarnyamenggunakan sigmat kemudian dibagi menggunakan perkalian hal ini juga masih terbilang rumit.

Bisa juga menentukan I-diameter pe dengan cara membandingkan seberapa penuh spool terisi pe dibandingkan dengan spool yang sama berisi senar mono. Karena bentuk fisik pe yang bisa berubah ketika di ukur menggunakan tiknees berbeda dengan senar nylon). Hal ini cukup efisien untuk menyesuaikan kapasitas yang masuk ke spool reel yang menggunakan kapasitas senar mono(mm)- panjang(m), maka informasi gang bisa membantu sobat mancing adalah dengan memberikan indikasi diameter senar mono pada setiap ukuran PE. Karna dengan adanya indikasi diameter,  sobat mancing bisa dengan yakin memperhitungkan ukuran dan kapasitas panjang PE yg sesuai dengan spool reel yg akan digunakan.

I-Dia (indikasi diameter) adalah estimasi volume PE. I-Dia bukan diameter yang sesungguhnya.

Jadi kesimpulannya produk produk pe yang mengikuti standart jepang pastinya memiliki diameter dengan selisih tidak jauh berbeda dengan kapasitas spool reel yang juga mengikuti standart pabrikan Jepang.

Semoga artikel ini bisa membantu sobat mancing semua.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Mengenal Ultra Light Fishing

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

Cara manual mengetahui kapasitas lbs Joran UL dengan drag setting

Mengetahui migrasi ikan dan pemilihan waktu terbaik untuk mancing