Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara

Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara


Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara

Knot/Simpul merupakan pembunuh berdarah dingin dimana knot/simpul bisa mengurangi kekuatan senar baik jenis braided (PE), nylon maupun fluro karbon, tidak tanggung tanggung drop pe atau mono bisa mencapai 70 persen.

Dulu saya beranggapan knot/simpul sambungan PE ke leader yang paling kuat tentunya tidak putus disimpulnya/knot melainkan putus di mine linenya. Tapi pada kenyataanya knot/simpul meskipun putus di PE nya memiliki kekuatan dan nilai drop yang berbeda2 bahkan knot yang sama pun memiliki nilai drop yang berbeda. Untuk mengetahui kekuatan dan nilai drop pada simpul hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin tensil yang dimiliki pabrikan senar pancing.

Baru baru ini sport fishing mag salah satu website yang mengulas seputar olahraga mancing bekerja sama dengan IGFA melakukan knot challange untuk mengetahui jenis knot yang benar benar kuat dengan nilai drop yang paling sedikit, kita bisa dapatkan hasil tes knot yaitu GT knot with bimini twist menempati tempat pertama dengan kekuatan 100 persen setelah itu PR Knot dan diikuti oleh FG knot yang diklaim memiliki kekuatan 70 persen.

Dengan demikian kita bisa menarik kesimpulan bahwa knot meskipun tidak putus disimpulnya memiliki kekuatan dan nilai drop yang berbeda beda. Hal ini berlaku ketika kita mancing terkadang kita mengalami kejadian putus PE baik saat fight maupun ketika cast meskipun kita sudah melakukan setting drag secara benar tidak melebihi 30 persen dari kekuatan PE yang disebabkan penggunaan  penggunaan knot yang kurang baik dengan  nilai drop yang cukup tinggi seperti albraight knot dll. Jadi jika selama ini kita klaim PE nya yang tidak bagus belum tentu benar.

Baru baru ini pabrikan senar pancing Relix Nusantara melalui produk developmentnya melakukan pengembangan simpul dengan status beta yang diberi nama RELIX KNOT . Yang menurut klaim mereka memiliki kekuatan hingga 90-95% dari kekuatan maksimum pe sebenarnya.

Klaim ini dibuktikan dengan adanya knot callange yang diadakan dievent Indonesia Fishing Tackle Exibition di epiwalk Kuningan Jakarta 2017 baru baru ini yang diikuti para pemancing dari dalam bahkan luar negeri seperti China, Korea, Jepang yang diantara nya merupakan pro angler.

Berikut data hasil knot callange yang diadakan di IFTE  epwalk kuningan.

Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara
Hasil lomba hari ke 2

Hasil lomba hari pertama

Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara
Juara lomba knot di IFTE epiwalk kuningan


Dari data diatas kita bisa lihat kekuatan setiap knot hampir di lbs yang stabil contohnya vertical jigging noued knot dan fg knot dari hasil tes pada hari pertama dan kedua menunjukan grafik yang tidak jauh berbeda di angka 50 -60 lb untuk pe 6 dengan maks 82 lbs, sedangkan relix knot di angka 70 -85 lbs.

Bagaimana Relix Knot bekerja


Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara

Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara

Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara


Relix knot terdiri dari tiga bagian penting yaitu zona 1 holding zona 2 absorber (peredam) dan zona 3 lock (kuncian) .

Zona 1 terdiri dari 2 x 1 lilitan zona ini merupakan titik terkritis dimana semua beban akan terkonsentrasi dizona ini sehingga sering terjadi leader putus kepotong atau pe yang putus karena bergesekan. Oleh karena itu dizona ini memakai 2 x 1 lilitan yang berfungsi sebagai bantalan untuk melindungi leader/pe saat terkena beban cengkraman.

Zona 2  merupakan bagian penting terdiri dari 1 x 1 lilitan yang bekerja untuk menghambat beban agar tidak langsung diterima oleh zona 1 semakin banyak jumlah lilitan maka akan semakin tinggi lb yang dihasilkan, jumlah lilitan dizona 2 bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk simple relix knot kita bisa memakai 8-10 lilitan dengan kekuatan kisaran 70-75 persen dari kekuatan pe, standart relix knot 15-20 kali lilitan dengan kekuatan kisaran 80 - 85 persen dari kekuatan pe, maksimum relix knot 25-30 lilitan 90-95 persen dari kekuatan pe. Jumlah lilitan di zona 2 tidak boleh melebihi 30 kali lilitan karena setiap zona memiliki limit masing masing jika melebihi 30 lilitan maka simpul akan mengalami drob karena beban tidak bisa terdistribusi dengan baik.

Maksimum relix knot, standart relix knot, simple relix knot


Zona 3 lock yang berfungsi mengunci knot akan tidak terbuka saat bergesekan dengan ring guide ketika cast.

Berikut ini video tuturioal relix knot :





Lilitan pada zona 1 tidak perlu terlalu kencang pastikan semua lilitan padat dan rapi sehingga 1 x lilitan akan menumpuk diatas 2 x lilitan sebanyak 6 lilitan kemudian masuk ke zona 2 tarik kencang hingga leader ikut berputar (ketika lilitan pe dan leader ) sehingga pe utama akan membentuk spiral setelah dirasa cukup masuk ke kuncian pertama, tarik ujung pe kuat hingga terlihat leader mengkerut. Dan pastikan simpul tidak mlorot (terutama untuk pe mikro) dengan cara tarik leader dan ujung pe bersamaan sampai benar2 tidak bergeser baru lanjutkan penguncian diatas lilitan.

Bagaiman cara mengetahui kekuatan simpul relix knot dengan cara manual.

Kita bisa mengetahui kekuatan simpul relix knot dengan cara diadu dengan simpul vertical jigging noued knot, albraight knot atau fg knot standart dimana simpul relix knot menggunakan pe 6 dan 3 jenis simpul diatas menggunakan satu nomor atau 2 nomor diatasnya pe 7 atau 8 yang  diikat pada masing masing ujung leader yang panjang leadernya sekitar 10 cm. Kemudian tarik hingga ada yang putus sehingga anda akan yakin bahwa meskipun simpul tidak rusak(putus pe) tapi knot bisa membuat drob kekuatan pe.

Relix knot simpul kuat dari Relix Nusantara
Tes relix knot pada pe 3 jenis hollow 


Sekian semoga bermanfaat.

Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Mengenal Ultra Light Fishing

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro