Cara setting drag untuk pe mikro

Cara setting drag untuk pe mikro
Cara setting drag untuk pe mikro

Apa itu setting drag? Setting drag pada reel hampir selalu kita lakukan saat mancing ketika menggunakan reel baik spinning atau over head / BC. Yaitu menyetel seberapa besar drag pada reel yang kita butuhkan yang disesuaikan dengan kapasitas  joran dan senar/ line yang kita gunakan.

Banyak sekali dikalangan pemancing tidak mau repot - repot dan benar benar mau mempelajari cara setting drag yang benar sehingga line/ senar kita aman dari putus atau bahkan hingga joran patah.

Apa sebenarnya fungsi setting drag yang benar saat mancing ?

Ada beberapa pemancing beranggapan tanpa melakukan setting drag dengan benar mereka mampu menaikan ikan, tentunya hal semacam ini tidak perlu kita perdebatkan karena jika kita melakukan suatu hal dengan detail dengan segala persiapan tentunya kepuasan yang kita dapat juga akan berlebih, selain itu dengan mengetahui dan melakukan setting drag yang benar tentunya akan membangun kepercayaan diri kita sekaligus metal kita akan siap ketika bertarung dengan ikan besar dimana tidak akan takut mengalami putus atau joran patah bahkan bisa menguasai keadaan dengan baik ketika bertarung dengan ikan sehingga tidak mudah lelah.

Dari kedua poin tersebut ada yang jauh lebih penting yaitu keselamatan. Dengan setting drag yang benar tentunya kita akan mengetahui seberapa besar kemampuan fisik kita menahan drag sehingga kita bisa menentukan ukuran piranti yang sesuai tidak melebihi kapasitas kemampuan kita.  Hal ini akan sangat mempengaruhi setamina kita saat mancing dimana semakin besar piranti tentunya akan sangat menguras tenaga baik ketika melempar lure maupun ketika kita menerapkan teknik jigging dimana semakin besar ukuran line akan semakin besar tekanan arus yang diterima senar yang tentunya harus semakin besar juga metal jig yang harus kita gunakan.

Ketika kita menggunakan settingan drag diatas kemampuan kita tentunya akan sangat berbahaya apalagi saat kita popping dimana posisi line membentuk sudut horizontal dengan kuda kuda hanya bertumpu pada  tapak kaki sedikit saja hilang keseimbangan maka resiko besar terseret ikan akan sangat bisa terjadi.

Setting drag apakah juga diperlukan ketika kita mancing menggunakan piranti ultra light?

Mancing dengan teknik ultralight menggunakan piranti ringan dengan poundage 6lb bagi sebagian orang merupakan tantangan tersendiri karena sangat rawan dengan hilang lure baik saat cast maupun putus senar ketika fight dengan ikan.  Untuk pemakaian pe mikro memang membutuhkan perlakuan khusus, baik ketika menyambung pe keleader maupun mengukur drag yang sesuai dengan piranti kita saat mancing. Karena pe mikro dengan kapasitas lb yang kecil selisih sedikit saja pada putaran knop drag reel akan berpengaruh cukup besar bagi line/senar, apalagi saat spool reel berputar ketika ditarik ikan, akan menimbulkan efek kejut yang luar biasa bagi line/senar.

Mungkin sebagian pemancing menggambarkan memancing dengan piranti ultra light hanya menargetkan ikan ikan kecil dengan pemakaian ukuran lure yang kecil, tapi pada kenyataanya para pemancing ultra light sudah memberanikan diri masuk kedunia extreem dengan menargetkan ikan ikan yang melebihi kapasitas. Terkadang mereka menyalahi aturan penggunaan ukuran reel demi mendapatkan kapasitas senar yang bisa muat banyak dispool reel dari ukuran reel 1000 hingga ukuran 2500. dengan menggunakan ukuran sener dan joran tetap dengan kapasitas maks 6lb.

Hal ini tentunya butuh pengalaman yang lebih karena kapasitas drag pada reel diatas ukuran 1000 akan sangat over dimana nilai seper sekian putaran pada knop reel akan jauh lebih besar dibanding reel ukuran seribu. Disinilah fungsi setting drag yang benar akan sangat diperlukan untuk mengurangi resiko putus dan memaksimalkan kemampuan piranti untuk menaklukan ikan.

Aturan setting drag yang benar mengacu pada pakem yang sudah diterapkan oleh pemancing pemancing dunia dari hasil riset dan uji lapangan. Dimana setting drag yang aman yaitu diangka 25 persen dari kekuatan senar dan maks 30 persen dari kekuatan line (khususnya senar PE).

Mungkin kita akan bertanya tanya mengapa aturan setting drag maks tidak melebihi 30 persen dari kapasitas line (khususnya PE)? Hilang kemanakan kekuatan pe yang 70 persen atau 2/3 nya?

Dari hasil reset yang mediapancing lakukan ada fenomena unik  yang terjadi yang berkaitan dengan karakteristik senar PE, antara lain :

- Nilai toleransi pada senar PE.

Nilai toleransi pada senar pe yang dimaksud yaitu actual strenght yang dimiliki oleh senar pe tidak selalu stabil dimana ada naik turun ketika kita lakukan pengetesan kekuatan senar, bahkan nilai tersebut bisa mencapai 30 persen dari maks kekuatan pe, oleh karena itu beberapa pabrikan senar menggunakan maks kekuatan pe, dimana setelah dilakukan beberapa kali pengetesan dihasilkan nilai strength tertinggi. Sedangkan untuk pemakaian akan berbanding terbalik jika kita setting drag kita cukup tinggi maka akan terjadi break (putus) pada titik terendah pada senar PE.

- Nilai drop dari pemakaian knot (simpul)

Nilai drop pada simpul juga memilik andil besar dimana setiap jenis simpul memiliki nilai drop yang berbeda - beda, baik itu simpul sambungan keleader atau simpul ke swivel, banyak pemancing beranggapan simpul yang kuat itu ketika break maka tidak putus disimpulnya melainkan pe nya. Hal ini sudah kita buktikan ketika kita selenggarakan knot callange di event IFTE di epy walk kuningan, dimana hasil strenght setiap jenis knot berbeda berbeda Relix knot 80 hingga 100 persen GT knot 80 persen dan diikuti knot lain, hal ini pula yang telah dilakukan oleh sport fishing mag yang bekerja sama dengan IGFA dimana menempatkan GT knot sebagai simpul terkuat dengan nilai strenght mencapai 100 persen dari kekuatan line yang disusul oleh PR knot 90 persen, FG knot 70 persen Vertical jigging noued knot 60 persen dan Albraight 40 persen dari kekuatan actual senar PE.

Dua hal inilah yang mempengaruhi nilai setting drag diangka 25 - 30 persen dari kekuatan senar PE. Sehingga senar akan aman ketika menerima beban meskipun dalam durasi waktu yang lama.

Bagaimana cara setting drag yang benar.

Cara setting drag yang benar sudah pernah saya tulis diartikel sebelumnya silahkan baca setting drag. Dalam artikel tersebut sudah kita bahas tuntas mengenai cara setting drag, sedangkan untuk setting drag pe mikro anda bisa mengikuti tutorial video dibawah ini :


Catatan :

Meskipun kita sudah melakukan setting drag dengan benar untuk pemakaian piranti ringan seperti ultra light ada baiknya anda mengamati dengan baik ketika fight dengan ikan, dimana saat line keluar dari spool ketika dibawa lari ikan. Perhatikan selalu putaran spool reel jika terkadang putarannya tidak smoth (tidak mulus) ada baiknya ketika senar mulai keluar agak panjang anda kurangi drag pada reel untuk mengantisipasi daya kejut dan kenaikan pada drag akibat putaran drag tidak smooth( mulus).

Sekian artikel mengenai setting drad untuk ultralight semoga bermanfaat.




Comments

Sponsored

Popular posts from this blog

Resep dasyat umpan ikan mas di segala cuaca

UMPAN LELE JOOSS untuk GALATAMA dan HARIAN

Tips dan trik mancing dasar di laut

Memilih metal jig dan cara mengetahui actionnya

Mengenal Ultra Light Fishing

Jenis jenis umpan untuk mancing di laut

Memilih JORAN POPPING MURAH sesuai budged

REEL POPPING BADAK dengan harga murah

CARA MANCING IKAN TAWES

Cara mudah membuat umpan ikan mas dan tombro