Posts

Bagaiman memilih lure relix nusantara yang sesuai

Image
Bagaimana memilih lure relix nusantara yang sesuai
Baru baru ini relix nusantara mengeluarkan lure kelas ultralight dan light dengan berbagai tipe mulai dari sinking, floating, dan jenis top water, seperti Astuti, Mayang, Anggreani, Susi, Puspita dll
Lalu bagaimana cara kita memilih lure relix nusantara yang sesuai dengan terget mancing kita.
Pada pertemuan kali ini saya akan membahas lure relix nusantara tipe sinking berikut kelebihan masing masing lure relix nusantara dilihat dari :
1. spesifikasi 2. Action dan cara retrive 3. Target dan spot

Spesifikasi
Minnow relix nusantara tipe sinking memiliki varian antara lain : ASTUTI, ANGGREANI, DIAN S dan DIAN ST, SUSI
ASTUTI : memiliki panjang 50 mm, berat 5.7 gr dengan 8 varian warna

ANGGREANI : memiliki panjang 5.0 mm, berat 4,3 gr dengan 5 varian warna
DIAN S : memiliki panjang 50 mm, berat 5.2 gr dengan 4 varian warna
DIAN ST : memiliki panjang 4.2 mm, berat 3.66 gr dengan 5 varian warna
SUSI : memiliki panjang 50 mm, berat 4.3 gr mem…

Simple relix knot cara menyambung pe mudah dan cepat

Image
Simple relix knot
Salah satu simpul pancing untuk menyambung pe keleader yang dikembangkan oleh pemancing Indonesia terbukti memiliki power strenght pada pe hingga mendekati 100 persen.
Relix knot sendiri dibagi menjadi 2 bangian simple relix knot dan standart relix knot dimana untuk simple relix knot terdiri dari step 1 = 6 lilitan step 2 = 8 lilitan , sedangkan untuk kuncian dilakukan 6 kali kebelakang diatas tumpukan lilitan knot.
Sedangkan standart relix knot terdiri dari step 1 = 6 lilitan step 2 =  20 - 25 lilitan dan dilanjutkan kuncian 6 kali kebelakang diatas tumpukan knot.
Beberapa hal yang cukup penting ketika melakukan ikantan relix knot antara lain: Lilitan tidak perlu hingga sangat kuat yang terpenting rapi, sedang pada step ke dua saat menarik lilitan harus diikuti berputarnya leader hingga nantinya senar utama akan melilit leader berbentuk spiral.
Selanjutnya setelah selesai dililitan kedua kemudian diikat kunci sekali dan di ikuti tarikan kuat antara mainline dan uju…

Lure killer dari Relix Nusantara

Image
BEAUTY AND TRADITIONAL  lure killer dari Relix Nusantara
Lure atau umpan merupakan senjata pamungkas saat mancing, selain pemilihan jenis lure yang bagus, pemahaman kita mengenai action dan cara memainkan lure juga akan sangat penting agar sukses bisa menggoda ikan predator.
Banyak sekali jenis dan model lure yang ada dipasaran yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita saat mancing, seperti popper, swim bait untuk teknik popping, metal jig, minnow frogie , swimmer, spoon dll.
Kali ini kita akan membahas beberapa lure jenis minnow keluaran dari Relix Nusantara, yang pastinya dengan harga sangat terjangkau.
Lure jenis minnow dari Relix Nusantara tergolong sangat unik menggunakan nama2 wanita tradisional Indonesia (Beauty and tradional) , seperti Astuti, Dian, Mayang, Sari, Puspita, Anggreani, Anita, dan simungil Mutia.
Dari beberapa jenis lure Relix Nusantara masih terbatas untuk memenuhi kebutuhan teknik ultra light fishing, karena rata-rata berat lure masih dibawah 9 gr.
Berikut…

Rotan joran ultralight 4 sambungan

Image
Rotan joran ultralight 4 sambungan


Apakabar sobat semua sudah lama sekali admin tidak menulis postingan kali ini kita akan membahas salah satu produk dari Relix Nusantara yaitu travel rod ROTAN.
Demam ultralight nampaknya kian hari kian luar biasa terbukti banyak sakali produk produk joran reel senar micro yang memang diperuntukan untuk ultralight game semakin menjamur.
Tentunya ini akan menjadi dilema tersendiri buat kalian para pemancing ultralight, untuk menentukan pilihan yang tepat dan sesuai budget.
Baru baru ini pabrikan Relix Nusantara merilis salah satu produk travel rod 4 peaces (joran sambung 4) dengan panjang 6'6" atau sekitar 198 cm.
Banyak dari pemancing yang beranggapan joran dengan banyak sambungan akan rawan sekali patah, selain itu banyaknya sambungan akan mengurangi kenyamanan saat cast maupun saat fight dengan ikan.
Hal ini ternyata sama sekali tidak terbukti dengan hadirnya joran travel rod rotan yang mana menggunakan mekanisme put in dalam setiap sambung…

Cara setting drag untuk pe mikro

Image
Cara setting drag untuk pe mikro

Apa itu setting drag? Setting drag pada reel hampir selalu kita lakukan saat mancing ketika menggunakan reel baik spinning atau over head / BC. Yaitu menyetel seberapa besar drag pada reel yang kita butuhkan yang disesuaikan dengan kapasitas  joran dan senar/ line yang kita gunakan.

Banyak sekali dikalangan pemancing tidak mau repot - repot dan benar benar mau mempelajari cara setting drag yang benar sehingga line/ senar kita aman dari putus atau bahkan hingga joran patah.

Apa sebenarnya fungsi setting drag yang benar saat mancing ?

Ada beberapa pemancing beranggapan tanpa melakukan setting drag dengan benar mereka mampu menaikan ikan, tentunya hal semacam ini tidak perlu kita perdebatkan karena jika kita melakukan suatu hal dengan detail dengan segala persiapan tentunya kepuasan yang kita dapat juga akan berlebih, selain itu dengan mengetahui dan melakukan setting drag yang benar tentunya akan membangun kepercayaan diri kita sekaligus metal kita akan si…

Cara menghilangkan plintiran pada senar PE

Image
Cara menghilangkan plintiran pada senar PE

Plintiran pada senar PE sering kita temui saat kita mancing, baik saat fight dengan ikan dalam waktu lama terjadi tarik menarik hingga senar keluar masuk reel berkali kali, atau akibat penggunaan lure yang berputar seperti spoon, meskipun kita sudah menggunakan swivel yang harusnya bisa sedikit banyak membantu mengurai plintiran tetapi pada kenyataannya plintiran akan tetap terjadi.

Efek dari PE mlintir bisa menyebabkan senar kita mengalami drop, mudah sekali terjadi wind knot saat casting atau saat digulung ke reel sangat kasar sekali karena plintiran akan menimbulkan gesekan yang cukup besar ke ring guide joran.

Ada sebagian pemancing menghadapi kondisi seperti ini langsung menyimpulkan pe yang digunakan berkualitas kurang bagus, kemudian langsung memotong bahkan mengganti senar pe dan membuangnya.

Padahal kejadian seperti ini sangat umum terjadi pada pe merek apapun ketika menggunakan spinning reel, pada pertemuan kali ini saya akan member…

Teckle set Ultra Light murah keluaran relix nusantara

Image
Tackle set Ultra light murah keluaran relix nusantara

Teknik mancing menggunakan piranti Ultra Light semakin banyak diminati oleh para pemancing. Khususnya pemancing Indonesia. begitu juga tackle set ultra light semakin banyak dipasaran. Tidak hanya joran dan senar yang mono maupun multifilament dan jenis lure yang semakin bervariasi tentu membuat kita semakin bingung untuk menentukan pilihan terutama dengan budget yang pas-pasan.

Pada pertemuan kali ini saya akan membahas beberapa produk keluaran pabrik Relix Nusantara yang berkualitas dengan harga yang cukup bersahabat, diantaranya :

1. JORAN CANGKEK

Baru baru ini pabrik Relix nusantara merilis produk joran ultra light murah dengan nama Cangkek, tersedia ukuran 2-6 dan 1-3 lb.

Cangkek merupakan salah satu nama jenis ikan predator yang biasa kita kenal dengan nama Giant Travelly, nama cangkek sudah sangat melekat bagi para pemancing di daerah Cilacap dan sekitarnya.

Joran cangkek dijual dengan harga relatif murah, yaitu :

1. Rp.430.00…

Sponsored